Panduan Membeli Monitor

Monitor adalah komponen utama saat Anda menyusun sebuah PC. Untuk memilih monitor yang tepat dan sesuai kebutuhan akan memerlukan banyak pertimbangan. Kami akan membantu anda memberikan panduan membeli monitor yang tepat dan sesuai kebutuhan Anda.

Panduan Membeli Monitor

HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN

TUJUAN PENGGUNAAN

Monitor Basic
Monitor Basic
Monitor untuk penggunaan umum sehari – hari biasanya mengutamakan kontras yang tinggi dan kenyamanan untuk pengguna.
Monitor Untuk Gaming
Monitor Untuk Gaming
Monitor untuk gaming lebih mengutamakan refresh rate yang tinggi dan response rate yang rendah.
Monitor untuk bisnis
Monitor untuk bisnis
Monitor untuk keperluan bisnis profesional biasanya memerlukan layar yang lebar agar memudahkan ketika membaca informasi.
Monitor untuk desain
Monitor untuk desain
Monitor untuk desain grafis akan bertumpu pada akurasi warna yang bersertifikasi dan opsi kalibrasi warna.

JENIS MONITOR

Monitor LCD
Monitor LCD

Monitor LCD (Liquid Crystal Display) merupakan tipe monitor yang di dalamnya tersusun dari cairan kristal. Cairan kristal ini tidak memancarkan cahaya sendiri. Di bagian belakang susunan cairan kristal, terdapat lampu neon putih yang memberikan cahaya pada kristal-kristal tersebut. Teknologinya bergantung pada panel yang disematkan dibelakang LCD antara lain TN (Twisted Nematic), IPS (In-Plane-Switching), VA (Vertical Alignment).

Monitor TFT
Monitor TFT

TFT (Thin-film Transistor) didasarkan pada aplikasi transistor untuk masing-masing piksel layar. Dengan teknologi ini, layar memungkinkan bekerja dengan pembesaran dan pencahayaan gambar yang lebih besar. Bisa dibilang, TFT adalah sebuah teknologi layar menggabungkan kristal cair dengan kemampuan menghadirkan gambar beresolusi tinggi.

Monitor LED
Monitor LED

LED (Light-emitting diode) adalah tipe monitor hasil penyempurnaan dari LCD. Tipe monitor ini hadir dengan kualitas visual dan warna yang lebih banyak jika dibandingkan LCD. Selain itu, LED juga 70% lebih hemat daya dibandingkan LCD. LED memiliki kerapatan pixel yang jauh lebih tajam.

Monitor DLP
Monitor DLP

DLP merupakan monitor yang punya resolusi tertinggi. Monitor ini bekerja berdasarkan prinsip perangkat micromirror digital atau DMD (digital micromirror devices). Monitor ini memiliki prinsip kerja memanfaatkan jutaan micromirrors untuk memodulasi cahaya secara digital. Monitor ini merupakan tipe monitor yang cocok untuk pengeditan gambar atau video. Monitor ini juga cocok digunakan untuk bermain game.

Monitor Plasma
Monitor Plasma

Monitor plasma adalah monitor yang menggabungkan konsep LCD dengan keunggulan kualitas gambar yang baik dan CRT, yang dikenal memiliki sudut pandang yang luas. Teknologi tersebut kemudian menghadirkan sebuah perangkat layar yang tergolong tipis, ramping, tetapi memiliki sudut pandang yang baik.

Monitor OLED
Monitor OLED

Monitor OLED (Organic Light-Emitting Diode) adalah tipe monitor yang bekerja dengan cara memanfaatkan semikonduktor pemancar cahaya yang dibuat dari lapisan organik. Monitor OLED adalah tipe monitor yang tergolong tipis. Sayangnya, monitor ini kurang begitu populer. Harganya yang terlalu mahal bisa jadi alasan mengapa tipe monitor OLED maupun TV OLED jarang dilirik banyak orang.

SPESIFIKASI MONITOR

Ukuran Layar
Saat ini ada banyak pilihan ukuran layar monitor yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Mulai dari 17 inchi, hingga 80 inchi untuk keperluan video conference atau meeting zoom.
Response Time
Respons Time adalah adalah total jumlah waktu yang dibutuhkan oleh picture elements, (pixel) untuk bereaksi, berubah dari frame ke frame yang lain. Response Time yang terbilang lama akan mengakibatkan munculnya transisi yang tidak halus pada frame to frame.
Contrast Ratio
Contrast Ratio adalah rasio antara warna terterang/putih dan warna tergelap/hitam, ada juga yang menilai Contrast Ratio ini adalah kemampuan monitor untuk menghadirkan warna hitam yang sesungguhnya.
Akurasi Warna
Color Gamut adalah rentang warna yang bisa dihasilkan oleh monitor kita biasanya sistem warna pada monitor adalah menggunakan sistem sRGB. Semakin tinggi nilai Color Gamut suatu monitor maka keakurasian warna akan semakin mendekati warna asli objeknya.

FITUR TAMBAHAN

Free Sync
Support Free Sync

Free Sync adalah teknologi sinkronisasi adaptif untuk layar monitor. Teknologi ini membantu layar monitor menghindari efek teasing dengan sinkronisasi refresh rate monitor dan frame rate dari GPU.

Monitor Adjuster
Monitor Adjuster

Monitor Adjuster adalah fitur untuk mengatur posisi monitor sehingga dapat disesuaikan dengan kenyamanan penggunanya. Adapun pengaturannya adalah Tilt, Swivel, Pivot (Rotation) dan Height Adjustment

Touchscreen

Fitur layar sentuh akan sangat berguna jika anda menggunakan monitor untuk desain dengan bantuan pena digital, atau untuk penggunaan monitor pada layanan customer self service.

Flicker Free
Flicker Free Technology

Flicker Free adalah teknologi keseimbangan dalam memastikan gambar agar tidak berkedip. teknologi ini dapat mengurangi kelelahan pada mata dari penggunaan monitor dalam jangka waktu yang lama.

Built in Speaker

Monitor yang sudah terintegrasi dengan speaker didalamnya sehingga anda tidak perlu lagi menyambungkan PC anda dengan perangkat audio terpisah.