Skip to content
Yang Perlu Dilakukan Sebelum Upgrade ke Windows 11

Yang Perlu Dilakukan Sebelum Upgrade ke Windows 11

Raksasa perangkat lunak, Microsoft, telah resmi meluncurkan sistem operasi Windows 11 yang akan meneruskan estafet Windows 10 yang saat ini digunakan oleh sebagian besar PC saat ini. Windows 11 ini menawarkan perubahan yang cukup signifikan dari Windows 10 dan juga dukungan fitur baru yang akan mendongkrak produktivitas penggunanya. Lalu apa saja yang harus dipersiapkan sebelum memutuskan untuk upgrade ke Windows 11?

Apa yang Menarik dari Windows 11?

Sebelum memutuskan untuk upgrade ke Windows 11, ada baiknya kita mengenal apa saja fitur baru dan hal menarik yang ditawarkan sistem operasi ini. Perubahan yang paling signifikan adalah tampilan antarmukanya yang lebih fresh dan dibekali dengan taskbar baru. Windows 11 juga membawa tampilan baru untuk aplikasi bawaan seperti Calendar, Mail, dan juga Calculator.

Hal yang paling menarik dari Windows 11 menurut penulis adalah gratis. Microsoft akan memberikan update Windows 11 ini secara gratis pada pengguna sistem operasi Windows 10. Update Windows 11 akan digelar mulai musim liburan 2021 dan berlanjut hingga 2022. Jika Anda sudah memiliki lisensi Windows 10, dipastikan akan mendapat upgrade gratis ke Windows 11.

Cek Spesifikasi Minimal Windows 11

Sebelum melakukan upgrade ke Windows 11, hal yang paling penting dilakukan adalah mengecek spesifikasi PC atau laptop yang digunakan apakah sudah mencapai persyaratan yang telah ditetapkan oleh Microsoft. Memenuhi persyaratan minimal ini sangat penting karena nantinya akan berpengaruh pada pengalaman penggunaan sehari-hari seperti kompatibilitas fitur atau aplikasi, performa, dan meminimalkan crash.

Berikut ini spesifikasi minimal untuk menjalankan Windows 11. Pastikan spesifikasi laptop atau PC Anda sudah setara atau melebihi standar yang ditetapkan oleh Microsoft.
  •  Prosesor 1GHz atau lebih tinggi dengan dual-core atau lebih, kompatibel dengan 64-bit
  • RAM 4GB
  • Storage 64GB
  • Sistem Firmware UEFI, Secure Boot capable
  • TPM Trusted Platform Module (TPM) versi 2.0
  • Graphics card kompatibel dengan DirectX 12 atau lebih baru dengan driver WDDM 2.0
  • Display resolusi HD 720p atau lebih tinggi dengan diagonal 9 inci, 8 bits per color channel
  • Koneksi internet

Tak hanya itu, Microsoft juga membatasi prosesor apa saja yang dapat menjalankan sistem operasi Windows 11 ini, yakni minimal Intel Core generasi ke-8 atau lebih baru dan prosesor AMD Ryzen generasi kedua (Zen 2) atau lebih baru. Selain itu, kehadiran TPM (Trusted Platform Module) 2.0 juga menjadi syarat untuk menjalankan sistem operasi terbaru Microsoft tersebut.

Menggunakan Microsoft PC Health Check

Bagaimana jika pengguna tidak begitru paham dengan spesifikasi teknis laptop atau PC? Microsoft telah menyediakan aplikasi khusus untuk mengecek apakah PC atau laptop yang kita gunakan kompatibel dan dapat menjalankan Windows 11 atau tidak Aplikasi tersebut adalah Microsoft PC Health Check yang dapat diunduh di situs resmi Microsoft.

Setelah mengunduh dan melakukan instalasi, jalankan aplikasi Microsoft PC Health Check. Jika PC atau laptop kita dapat menjalankan Windows 11, maka akan muncul pesan “This PC can run Windows 11. Sebaliknya, jika PC atau laptop tidak dapat menjalankan Windows 11 akan muncul pesan “This PC can’t run Windows 11”.

Backup Data

Ketika update Windows 11 tersedia dan PC atau laptop Anda sudah memenuhi spesifikasi minimal, jangan terburu-buru untuk melakukan upgrade. Lakukan terlebih dahulu back up data-data penting agar aman. Normalnya, selama proses upgrade memang biasanya tidak menghilangkan data yang tersimpan. Akan tetapi back up data akan membuat data lebih aman jika terjadi masalah selama proses upgrade yang menyebabkan data hilang.
Artikel sebelumnya Mengenal 3 Keunggulan Laptop Gaming AMD Advantage
Artikel berikutnya 6 Cara Mudah Bikin Screenshot di Windows 10 dan Windows 11