Skip to content
Mouse

Tips Penting Memilih Mouse Gaming agar Tidak Salah Beli

Mouse gaming adalah salah satu aksesoris wajib seorang gamer. Meski sama-sama berfungsi sebagai mouse, mouse gaming agak berbeda dengan mouse biasa yang digunakan oleh orang pada umumnya. Mouse gaming didesain untuk menangani kebutuhan bermain game dan dilengkapi fitur pendukung guna meningkatkan keterampilan, serta memudahkan gamer.

Saat ini banyak mouse gaming yang beredar di pasaran. Mulai dari model yang minimalis hingga desain yang agak aneh seperti mouse gaming besutan Mad Catz. Harga yang ditawarkan juga bervariasi, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan. Lalu bagaimana cara memilih mouse gaming yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan? Berikut tips singkatnya.

Mouse Gaming Kabel vs Wireless?

Jika pengguna komputer pada umumnya akan memilih mouse wireless karena lebih fleksibel dan praktis, tanpa terkait dengan kabel. Sedangkan gamer, sebagian besar akan memilih mouse dengan kabel atau wired, mengapa?

Mouse wireless biasanya menggunakan teknologi Bluetooth atau wireless 2.4G yang terdapat delay atau latency saat digunakan. Padahal dalam dunia game, delay satu detik saja bisa membuat pemain kalah. Maka mouse wired atau berkabel adalah pilihan yang tepat untuk gamer karena tidak memiliki latency, sehingga bermain game bisa lebih maksimal. 

Perhatikan Berat Mouse

Berbeda dengan mouse biasa, mouse gaming ini menawarkan varian berat yang berbeda. Jika Anda menggunakan mouse gaming secara intensif dan tak hanya untuk bermain, maka pilihlah mouse dengan bobot yang ringan agar tidak lekas lelah.

Namun jika hanya menggunakan mouse gaming untuk kebutuhan bermian saja, pilih berat sesuai kebutuhan untuk memaksimalkan kenyamanan dan tingkat presisinya. Beberapa model mouse gaming dapat ditambah atau dikurangi beratnya sesuai kebutuhan.

Ukuran dan Tipe Mouse Gaming

Pilihlah mouse gaming yang ukurannya pas dengan telapak tangan Anda. Mouse gaming yang terlalu kecil atau terlalu besar akan mengganggu saat bermain game dalam waktu lama. Tidak ada salahnya datang ke toko komputer dan mencobanya langsung untuk mengetahui mana yang pas dengan genggaman.

Jika Anda seorang yang kidal, pilihlah mouse gaming dengan desain ambidextrous yang memang dirancang untuk dapat digunakan dengan tangan kanan atau tangan kiri. Jika Anda biasa menggunakan tangan kanan, dapat memilih mouse gaming dengan desain ergonomis.

Jangan Terjebak dengan DPI

Banyak produsen mouse gaming yang mengunggulkan dukungan resolusi DPI yang tinggi. Bahkan, beberapa mengklaim mouse gamingnya sangup mencapai 10.000 DPI. Namun, pada kenyataannya gamer lebih sering menggunakan 400 - 800 DPI, serta tidak lebih dari 4000 DPI. Ukuran DPI yang terlalu tinggi akan membuat kursor bergerak terlalu cepat dan sulit dikontrol.
Previous article Begini Cara Bikin Chromebook Jadi Lebih Aman
Next article Ini Trik Sederhana Tingkatkan Kecepatan WiFi