Skip to content
Tips Memilih Mouse Gaming yang Tepat

Tips Memilih Mouse Gaming yang Tepat

gaming mouse

Seorang gamer tak hanya membutuhkan mesin PC atau laptop gaming dengan spesifikasi mumpuni, tetapi juga membutuhkan mouse gaming yang andal. Bahkan beberapa jenis game seperti genre FPS, akurasi dan kenyamanan mouse menjadi salah satu faktor kunci kemenangan. Lalu bagaimana memilih mouse gaming yang tepat menurut Yolori?

Kenyamanan

Keyamanan adalah faktor utama yang menjadi pertimbangan dalam memilih mouse gaming. Mouse dengan desain yang mengedepankan sisi ergonomis dapat dipertimbangkan karena mengusung bentuk yang menyesuaikan kontur atau bentuk alami tangan manusia. Hal ini membuat mouse tersebut tetap nyaman digunakan meski dalam waktu lama.

Bagi gamer yang terbiasa menggunakan tangan kiri, dapat memilih mouse gaming dengan desain ambidextrous. Berbeda dengan mouse ergonomis yang mengikuti bentuk alami tangan, ambidextrous ini biasanya menggunakan bentuk netral dan tetap memiliki sisi kenyamanan.

Sensor

Pertimbangan berikutnya adalah sensor yang digunakan oleh sebuah mouse gaming. Semua mouse optik terdapat sebuah sensor yang memiliki cara kerja seperti kamera mini untuk memetakan permukaan. Sensor berkualitas tinggi dapat memberikan tingkat akurasi yang tinggi dan presisi dalam menerjemahkan gerakan gamer di komputer. Sensor yang baik selain akurat, juga dapat mengurangi jitter, akslerasi yang cepat, dan angle snappeng yang akurat.

Beberapa mouse gaming dari brand terkenal seperti Razer, Asus ROG, Roccat, Logitech, dan sebagainya membekali lini mouse gaming andalannya dengan sensor berkualitas tinggi dan mampu menangani resolusi tinggi pula. Beberapa produsen sensor mouse yang terkenal antara lainadalah Avago, PixArt, Sunplus, dan sebagainya.

Berat

Masalah berat memang cukup rumit karena selera masing-masing gamer berbeda dan kadang genre game yang dimainkan turut berpengaruh. Ada yang memilih mouse yang sangat ringan agar dapat bergerak cepat saat bermain. Namun, ada pula gamer yang lebih memilih mouse gaming yang agak berat agar gerakannya lebih stabil.

Salah satu yang membedakan mouse gaming murah dengan yang mahal adalah fitur yang diusungnya. Gamer yang mendambakan estetika dapat memilih mouse gaming yang dilengkapi dengan fitur LED RGB. Ada beberapa mouse gaming yang didesain untuk game dengan genre tertentu, misal FPS, RTS atau RPG.

Seperti yang dilansir dari ProSettings, pemilihan mouse gaming ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing gamer dan game apa saja yang biasa dimainkan. Pilihlah mouse yang sesuai dengan dana yang disiapkan dan fitur yang memang dibutuhkan. 

Previous article Mengenal Teknologi SSD NVMe, Apa Bedanya dengan SATA?
Next article Cara Ampuh Maksimalkan Performa Laptop Gaming