Skip to content
ASUS Chromebook Flip 214

Tips Memilih Laptop yang Cocok untuk Belajar Online Anak

Pandemi yang hingga saat ini belum berakhir membuat kegiatan belajar tatap muka di sekolah dialihkan ke belajar online atau pembelajaran jarak jauh (PJJ). Guna mendukung kelancaran kegiatan belajar online, dibutuhkan perangkat pendukung seperti smartphone, tablet atau sebuah laptop. Dari ketika jenis gadget tersebut, laptop adalah perangkat yang paling luwes karena menawarkan layar yang lebih besar dan keyboard yang nyaman untuk mengetik.

Tentunya memilih laptop untuk belajar anak tidak bisa sembarangan. Spesifikasi dan fitur harus disesuaikan dengan kebutuhan agar laptop benar-benar memadai untuk pembelajaran jarak jauh. Lalu laptop seperti apa yang cocok untuk belajar anak?

Fitur Lengkap

Biasanya kegiatan belajar online anak dilakukan menggunakan aplikasi Zoom, Google Meet, dan sejenisnya. Oleh sebab itu, laptop harus dibekali dengan fitur yang lengkap untuk mendukung kegiatan tersebut. Laptop harus memiliki webcam dan microphone dengan kualitas baik agar proses belajar online lancar. Selain itu, laptop dengan sistem operasi dan aplikasi office asli pre-installed juga menjadi nilai tambah.

Usahakan memilih laptop yang telah dibekali dengan fitur nightlight, mode baca, eye care dan sejenisnya. Fitur ini bekerja dengan cara mengurangi pancaran radiasi sinar biru dari layar yang membuat mata cepat lelah. Hal ini agar kesehatan mata anak lebih terjaga selama belajar online yang rata-rata menghabiskan waktu berjam-jam di depan layar laptop.

Performa Memadai

Kegiatan belajar online anak sebenarnya tidak membutuhkan prosesor kencang. Sebuah laptop dengan prosesor Intel Celeron atau AMD Athlon Silver ditandemkan RAM sebesar 4GB sebenarnya sudah relatif memadai. Akan tetapi juga memiliki budget lebih, dapat memilih laptop dengan prosesor yang lebih kencang seperti Intel Pentium atau AMD Ryzen 3 agar kinerjanya lebih responsif.

Sebagian besar laptop dengan harga terjangkau dibekali dengan media penyimpanan berupa hard disk atau eMMC yang performanya relatif lambat. Agar performa penggunaan sehar-hari lebih cepat dan nyaman, pilih laptop yang sudah menggunakan media penyimpanan SSD (Solid State Drive) karena menawarkan transfer rate yang jauh lebih kencang yang membuat sistem laptop berjalan jauh lebih responsif.

Daya Tahan Baterai Seharian

Kegiatan belajar online atau pembelajaran jarak jauh ini juga menghabiskan waktu yang hampir sama dengan belajar tatap muka, yakni sekitar 6 – 7 jam sehari. Oleh sebab itu, dibutuhkan laptop dengan daya tahan baterai paling tidak 6 jam lebih agar konsentrasi belajar online tidak terganggu oleh notifikasi low battery atau bahkan laptop mati karena kehabisan daya.

Bodi Tangguh

Bodi yang tangguh mungkin bisa menjadi pertimbangan untuk anak kecil atau jenjang sekolah dasar. Biasanya anak kecil masih belum mengerti cara memperlakukan dan merawat laptop dengan baik, sehingga dibutuhkan laptop yang cukup tangguh agar tidak mudah mengalami kerusakan.

Saat ini sudah banyak produsen laptop yang mengakomodasi kebutuhan laptop tangguh untuk anak yang telah berstandar militer MIL-STD-810G. Laptop tangguh tersebut sudah hadir dengan desain rugged yang dilengkapi dengan bumper karet untuk mengurangi dampak fisik akibat benturan.
Artikel sebelumnya 5 Tips Memilih Laptop Terbaik untuk Gamer
Artikel berikutnya Perhatikan 4 Hal ini Sebelum Memutuskan untuk Upgrade RAM Laptop