Skip to content
Rekomendasi VGA Terbaik Harga Bawah 3 Jutaan

Rekomendasi VGA Terbaik Harga Bawah 3 Jutaan

(sumber: unsplash)

     Pertimbangkan VGA yang kamu pergunakan ketika ingin mendapatkan komputer dengan grafis tinggi. Semakin bagus kualitas output dari VGA tersebut akan membuat harganya semakin mahal. Walaupun begitu, tetap ada VGA terbaik seperti berikut dengan harga kurang dari Rp 3 jutaan sebagai alternatif pilihan.
    A. GTX 1050 2GB
           VGA seharga Rp 1,9 jutaan ini dilengkapi dengan VRAM 2GB DDR5. VGA gaming ini cocok digunakan untuk kamu yang suka bermain eSport atau jenis permainan AAA. Apalagi kartu grafis ini juga tidak terlalu boros energy.

      Sayangnya, jika dibandingkan dengan VGA yang sepantaran, harga dari VGA ini lebih mahal. Ditambah dengan besar memori yang hanya 2GB, tentu akan membuat penggunaan terbatas.

           VGA yang dibuat dengan menggunakan arsitektur pascal ini memiliki spesifikasi seperti berikut:
      • 640 CUDA cores.
      • 2GB DDR5 Memory.
      • 354 MHz core clock.
      • 455MHz boost clock.
      • TDP: 75W (PCI-E bus powered).
        B.  AMD Radeon RX 550

               Jika kamu mencari yang harganya Rp 2 jutaan, AMD Radeon RX 550 bisa jadi pilihan. Kartu grafis ini cocok untuk kamu yang suka bermain e-Sport dengan resolusi tinggi.

               Kartu grafis 2 jutaan ini memiliki performa gaming yang maksimal. Ini karena VGA jenis ini dilengkapi dengan display refresh rate freesync.

               VGA AMD Radeon RX 550 ini juga dilengkapi dengan display port 1.4 dan koneksi HDMI 2.0. Adanya port tersebut memungkinkan kamu mendapatkan output video dengan resolusi tinggi 4K dan dinamis.

               Bagaimana dengan penggunaan dayanya? Kamu tak perlu khawatir karena VGA ini juga dilengkapi dengan fitur Radeon Chill untuk menghemat daya. Jadi, walaupun kamu bermain game berat sekalipun, daya yang dikonsumsi tidak terlalu besar dan suhu tetap stabil.
            C.  AMD Radeon RX 5500 XT
                   Di seri AMD, juga terdapat AMD Radeon  RX 5500 XT yang memiliki harga mulai dari Rp 2,3 jutaan. Harga VGA tersebut cukup murah untuk jenis VGA keluaran 2020 dengan memori 4GB GDDR6. Sedangkan untuk jenis 8GB, VGA ini dijual dengan harga sekitar Rp 2,7 jutaan.
              • VGA dari AMD ini dilengkapi dengan spesifikasi berikut ini:
              • 1845 MHz Clock Boost.
              • 1717 MHz game mode.
              • 1670 MHz based clock.
              • VRAM 4GB GDDR6 dengan kecepatan 224 GBps.
              • PCie Gen 4.0.
                   Dengan spek yang cukup mumpuni tersebut, ditambah dengan penggunaan processor yang tepat, akan bisa meningkatkan performa saat bermain game.
                D.  NVidia GeForce GT 1030

                       Kalau kamu terbatas budget, ada pilihan NVidia GeForce GT 1030 dengan harga sekitar Rp 900 ribuan hingga 1 jutaan. VGA ini adalah VGA keluaran tahun 2017 tepatnya bulan Mei tapi masih bisa jadi pertimbangan untuk dipilih.

                       VGA entry level ini memiliki 1468 MHz Boost Clock dengan memory 2GB. Sedangkan untuk kecepatan memorinya, VGA ini mampu mencapai 3000 MHz. Sayangnya, karena tergolong entry level dengan spek yang tidak terlalu tinggi, VGA ini tidak bisa digunakan untuk grafis atau gaming tinggi.

                    E.  MSI N730K-2GD5/OC V1
                           VGA dengan harga sekitar Rp 900 ribuan hingga Rp 1 jutaan ini menggunakan arsitektur kepler. Arsitektur tersebut juga digunakan di GPU Nvidia GT 970.

                      Dengan harga yang terjangkau tersebut, VGA ini memiliki 1006 MHz boost clock dengan RAM GDDR5 2GB dan 5000 MHz memory clock. Dengan spek tersebut VGA ini bisa digunakan untuk bermain game namun tetap terbatas untuk game tertentu.

                           Sayangnya, jenis VGA ini menimbulkan bottleneck data processor ke memori. Hal tersebutlah yang menyebabkan kinerja PC menurun secara keseluruhan.

                      Itulah 5 rekomendasi VGA terbaik dengan harga kurang dari Rp 3 jutaan. Kira-kira, mana yang akan kamu pilih untuk komputer kesayanganmu?

                      Previous article 6 Kerusakan Komponen Penyebab Laptop Mati Total
                      Next article Apa Itu VGA dan Jenisnya Berdasarkan Bentuk?