Skip to content
RAM DDR3 VS DDR4, Ini Dia Perbedaannya

RAM DDR3 VS DDR4, Ini Dia Perbedaannya

Bingung memilih RAM yang paling cocok buat PC kamu? ketahui perbedaan RAM edisi terbaru DDR3 vs DDR4 di ulasan berikut.

Kamu pasti sudah sering mendengar tentang RAM (Random Access Memory) pada perangkat komputer atau smartphone. Hardware kecil ini menjadi tempat penyimpanan data yang dipasang pada mainboard komputer.

Tidak semua komputer menggunakan jenis RAM yang sama. Untuk versi terbaru, terdapat persaingan performa antara DDR3 vs DDR4. Apa saja bedanya? Cari tahu selengkapnya pada ulasan berikut.

Hal Penting Terkait DDR3 dan DDR4

RAM yang digunakan pada komputer umumnya memakai Double Data Rate (DDR) yang memungkinkan dua data transfer per jam. DDR3 merupakan pembaharuan atau upgrade untuk versi sebelumnya yaitu DDR dan DDR2.

RAM DDR3 banyak digunakan pada komputer atau laptop keluaran terbaru. DDR3 launching pada tahun 2007 dengan kapasitas memori 8 Gb dan jumlah pin maksimal 240.

Saat ini generasi terbaru dari RAM yaitu RAM DDR4 yang dirilis pada tahun 2014. Versi terbaru ini tentu saja merupakan upgrade dari versi sebelumnya. Kapasitas memori DDR4 yang mencapai 16 Gb dengan jumlah pin 260 membuatnya banyak diincar oleh produsen PC atau laptop.

Memori

Kepadatan memori DDR4 yang mencapai 16 Gb per keping bisa dimaksimalkan hingga 64 Gb. Berbeda halnya dengan DDR3 yang memiliki kepadatan memori mencapai 6 Gb per keping yang hanya bisa dimaksimalkan hingga 8 Gb.

Makin lega atau besar kapasitas memori dari RAM maka performa komputer/laptop akan semakin baik dan lancar.

Clock Speed

Clock speed yang menjadi istilah dari kecepatan dari suatu RAM. Untuk DDR4 mampu mencapai clock speed hingga 2133MHz yang tentunya lebih tinggi dari clock speed DDR3 yang hanya mencapai 1600 MHz.

Jika kamu disuruh memilih, pilihlah RAM dengan clock speed yang tinggi. Tapi kamu harus menyamakan clock speed RAM yang sudah kamu miliki. Menggunakan dua RAM dengan clock speed berbeda (tinggi dan rendah) akan sia-sia karena RAM lebih memilih bekerja pada clock speed rendah.

Timing & Latency

Timing pada RAM mengindikasikan kecepatan kinerja RAM dalam satuan nanodetik. Timing menjadi parameter yang menjadi indikator seberapa cepat memori untuk bisa diakses oleh memory controller.

Semakin kecil besaran timing yang tertera dari spesifikasi RAM maka semakin cepat performa RAM bekerja. Sebagai contoh, kecepatan minimum DDR3 yaitu 553 MHz yang jika dikonversi dan dikalikan dengan total latency akan dihasilkan 13.09 ns.

Sedangkan Kecepatan minimum DDR4 yaitu 800 MHz yang jika dihitung dengan cara yang sama dengan DDR3 maka dihasilkan 11.25 ns. Dari hasil tersebut terlihat bahwa timing dari DDR4 lebih kecil sehingga memiliki kinerja yang lebih cepat.

Konsumsi Daya

Perbedaan lain yang menonjol dari penggunaan RAM DDR3 dan DDR4 yaitu terkait konsumsi daya. DDR3 hampir semua tipe membutuhkan daya hingga 1.5 V sedangkan DDR4 hanya membutuhkan daya 1.25 V.

Angka tersebut memang terlihat kecil dan mungkin tidak terlalu berarti bagi kebanyakan orang. Tapi saat diaplikasikan pada banyak sistem server dengan pemakaian 24 jam setiap hari maka jika dikalkulasi tentunya perbedaan jumlah konsumsi daya antara keduanya menjadi berarti.

Harga

DDR4 yang memiliki banyak kelebihan dibanding DDR3 tentunya akan dibanderol dengan harga yang lebih mahal. Namun bagi kamu yang memang membutuhkan RAM dengan spesifikasi tinggi terutama bagi para gamer tidak ada salahnya untuk mengeluarkan budget lebih demi kepuasan saat pemakaiannya.

Ulasan mengenai perbedaan RAM DDR3 vs DDR4 bisa menjadi bahan pertimbangan saat kamu ingin membeli PC atau laptop. Pastikan pilihanmu sesuai dengan kebutuhan yang mendukung pekerjaanmu.

 

Artikel sebelumnya Update KB4565503 untuk Windows 10 Dirilis, Ini Fitur Barunya
Artikel berikutnya Cara Mematikan Firewall dengan Mudah Tanpa Ribet