Skip to content
Penyebab dan Cara Mengatasi Keyboard Laptop Error

Penyebab dan Cara Mengatasi Keyboard Laptop Error

Keyboard

Pinterest.com/Enapy.com

Selain touchpad, keyboard merupakan komponen laptop yang paling rawan mengalami kerusakan. Biasanya ketika sudah rusak, biaya reparasi yang harus kamu keluarkan cukup menguras dompet. Maka dari itu sebelum dibawa ke tempat service, coba perbaiki dulu keyboard laptop error pakai cara-cara dibawah ini.

Penyebab Keyboard Laptop Error

Tanpa disadari, ada beberapa tindakan yang bisa bikin keyboard laptop macet. Berikut diantaranya:

  • Terlalu Menekan dengan Keras

    Ini merupakan faktor penyebab keyboard laptop tidak bisa mengetik angka. Padahal sebenarnya, tingkat sensitivitas keyboard laptop cukup rensponsif lho. Kamu tidak perlu sampai menekannya keras-keras.

    Tindakan tersebut justru membuat tooth keyboard menempel pada papan elektronik. Akibatnya laptop kamu akan mengeluarkan bunyi deep panjang, ketika dinyalakan.

    • Tidak Pernah Dibersihkan

      Sepele, tapi bisa berdampak fatal. Mungkin sebagian orang berpikir bahwa laptop tidak perlu dibersihkan. Tetapi faktanya, laptop yang kotor bisa menyebabkan kerusakan pada keyboard.

      Meski hanya debu atau kotoran-kotoran kecil, namun hal tersebut bisa membuat sistem keyboard tidak bekerja dengan maksimal. Akibatnya, keyboard laptop tidak berfungsi sebagian.

      • Mengalami Software Error

        Laptop yang mengalami kesalahan software atau software error, bisa menjadi penyebab keyboard laptop tidak berfungsi/error. Hal ini dikarenakan, adanya gangguan koneksi terhadap semua perangkat keras yang terhubung pada laptop. 

        Akibatnya, perangkat keras yang mengalami malfungsi tidak hanya keyboard laptop saja, tetapi juga touchpad dan charger laptop.

        Cara Mengatasi Keyboard Laptop Error

        Jangan buru-buru bawa laptop ke tempat service ketika terjadi error pada keyboard. Coba lakukan beberapa cara ini untuk mengatasi keyboard laptop tidak berungsi sama sekali.

        • Restart Laptop

          Jika penyebab yang terjadi karena software error, cobalah restart laptop kamu. Hal ini dapat membantu memperbaiki sistem operasi yang tidak berjalan dengan lancar.

          Kamu bisa melakukan restart hanya dengan menekan tombol power off selama 5-7 detik, sampai laptop mati. Kemudian lepas.

          • Non Aktikan Num-lock

            Keyboard laptop yang tiba-tiba error, juga bisa disebabkan karena kamu tidak sengaja mengaktifkan tombol num-lock. Akibatnya, huruf/angka yang ditekan tidak sesuai dengan yang tertera pada layar.

            Coba tekan “Fn” dan “Num-Lock/NumLk” secara bersamaan. Atau untuk tipe laptop lain bisa menekan, “Capslock/CapsLk” dan “Num-lock/NumLk” secara bersamaan.

            Jika masih tidak berhasil, cobalah telepon customer service merk laptop kamu. Tanyakan seputar cara mematikan Num-Lock.

            • Bersihkan Tombol Keyboard

              Jika penyebabnya karena debu serta kotoran yang menumpuk pada lapisan tooth keyboard, maka kamu harus membersihkannya. Bagaimana caranya?

              Miringkan laptop kamu 75 derajat sambil digoyang-goyangkan. Kemudian kamu bisa pakai vacum cleaner kecil untuk membersihkan sisa-sisa debu yang masih menempel. Atau jika tidak ada, bisa pakai isolasi/selotip.

              Tempelkan saja di setiap sela-sela tombol keyboard. Nanti debu atau kotoran-kotoran kecil akan menempel pada isolasi/selotip semua.

              • Restore Windows

                Apabila masih belum jadi juga, coba lakukan restore windows. Cara ini dianggap sebagai yang paling ampuh dalam mengatasi keyboard laptop error huruf jadi angka.

                Berikut langkah-langkah restore windows:

                • Masuk ke Start Menu, pilih Control Panel
                • Klik di bagian System Security, lalu klik Back up your computer
                • Di halaman Back Up or Restore Your Files, pilih bagian Recover System Setting or Your Computer
                • Terakhir, pilih Open System Restore

                Tak lama kemudian laptop kamu akan melakukan reboot. Harusnya ketika selesai, keyboard kamu sudah tidak mengalami error lagi.

                Tidak sulit bukan, mengatasi keyboard laptop error? Jika cara-cara diatas masih belum bisa membantu, opsi terakhir bisa langsung pergi ke tempat service. Semoga informasi ini dapat membantu.

                Previous article 6 Casing CPU Gaming Terbaik 2020
                Next article Dell Inspiron 3471 SFF, Desktop Ringkas Berkinerja Powerful