Skip to content
Pengertian UPS Adalah, Kegunaan dan Cara Kerja

Pengertian UPS Adalah, Kegunaan dan Cara Kerja

UPS APC

Pinterest.com/rover.ebay.com

Beberapa orang mungkin masih asing dengan istilah ups. Salah satunya adalah Haji Lulung. Wakil ketua DPRD DKI Jakarta sejak 2014 tersebut sempat viral dan menjadi trending topik di twitter, karena persoalan ups ini.

Pada salah satu pidatonya, beliau mengira ups adalah usb. Padahal kedua perangkat tersebut jelas sangat berbeda. Nggak heran, pernyataan beliau langsung menjadi perbincangan hangat di kalangan warganet. #savehajilulung serta foto ups format usb, tersebar luas di berbagai media sosial sebagai foto jokes kala itu.

Nah biar tidak salah paham seperti Bapak Haji Lulung, ada baiknya kamu tahu apa itu ups, bagaimana cara kerjanya dan apa saja fungsinya. Berikut informasi selengkapnya.

Pengertian Ups Secara Lengkap

Pertama-tama, ups adalah singkatan dari Uninterruptible Power Supply. Jika diterjemahkan kedalam bahasa indonesia, ups artinya suplai daya/listrik bebas gangguan.

Singkatnya, ups disebut sebagai perangkat keras yang dipakai untuk menyimpan daya listrik cadangan. Ketika aliran listrik tiba-tiba terputus atau mengalami gangguan, secara otomatis komponen ups mampu menggantikan aliran listrik tersebut.

Oleh karena itu, alat ups ini dianggap sangat penting oleh sebagian orang. Apalagi jika kamu berada di daerah yang cukup sering terjadi pemadaman listrik.

Kamu harus tahu, penyebab terbesar alat elektronik rusak tidak lain ya karena gangguan pada aliran listrik. Bisa jadi rusak karena mati secara paksa, atau mengalami kerusakan pada sistem alias eror.

Dengan adanya ups, setidaknya usia perangkat elektronik kamu bisa bertahan lebih lama. Lalu, apa lagi kegunaan ups lainnya?

Fungsi Ups untuk Perangkat Elektronik

Sebagai penyedia daya listrik cadangan, bagian bagian ups memiliki fungsi/kegunaan yang sangat menguntungkan bagi para penggunannya. Yaitu diantaranya:

  1. Mencegah kehilangan data. Misalnya untuk perangkat elektronik komputer. Biasanya ketika terjadi pemadaman listrik, komputer akan langsung otomatis mati karena aliran listriknya terputus. Namun jika kamu menggunakan ups, komputer akan tetap nyala saat listrik padam.

Dengan begitu, kamu memiliki waktu untuk menyimpan semua data yang sedang dikerjakan. Menghindari kemungkinan terburuk untuk hasil pekerjaan yang sia-sia.

  1. Berfungsi sebagai stabilizer. Ada kalanya kondisi arus listrik menjadi tidak stabil. Kadang tegangan naik, kadang juga turun. Sama seperti fungsi stabilizer, ups mampu membuat daya input dan output berada pada voltase yang sama. Yakni diangka 220V (ukuran normal daya untuk perangkat elektronik).
  2. Tetap bisa menggunakan perangkat elektronik ketika terjadi pemadaman listrik. Tentu ini merupakan sebuah keuntungan yang ditawarkan ups. Dimana sumber listrik cadangan yang dialirkan mampu membuat berbagai peralatan elektronik tetap nyala.

Seperti televisi, komputer, lampu, kulkas, ac dan perangkat elektronik lainnya. Meski hanya sekitar 10-15 menit, namun daya listrik cadangan tersebut mampu membuat kamu melanjutkan aktivitas saat listrik padam.

Misalnya menyelesaikan beberapa data di komputer, mematikan ac serta tv secara manual untuk menghindari sistem rusak, dan lain sebagainya.

Cara Kerja Alat UPS

Secara umum, cara kerja atau skema ups bisa dibilang cukup sederhana. Alat yang dipasang pada perangkat elektronik tersebut bekerja melalui kepekaan atau rangsangan arus listrik.

Apabila alat ups mendeteksi adanya gangguan arus listrik (daya naik turun tidak stabil), maka alat tersebut secara otomatis berpindah ke on battery mode.

Aliran arus listrik dari sumber utama dihentikan, dan diganti menggunakan listrik cadangan sampai arus listrik kembali normal. Begitu juga ketika ups mendeteksi adanya pemadaman listrik.

Dari penjabaran informasi diatas, bisa dibilang ups adalah salah satu alat yang sangat penting untuk kehidupan sehari-hari. Keberadaannya mampu mencegah kemungkinan hal-hal buruk yang berkaitan dengan arus listrik.

Previous article Rekomendasi Mouse Wireless Terbaik Harga Terjangkau
Next article Mengenal Lebih Dekat WiFi 6 Desktop Kit Besutan Intel