Skip to content
Windows vs Mac

PC Windows vs Mac, Pilih Mana?

Ada banyak platform komputer yang dapat dipilih sesuai kebutuhan, seperti Chrome OS, PC Windows atau Apple Mac. Akan tetapi dua platform komputer terbesar saat ini adalah PC Windows dan Mac. Lalu mana yang harus dipilih antara PC vs Mac? Pilihan tiap orang bisa berbeda tergantung kebutuhan masing-masing.

Kali ini penulis mencoba mengulik perbedaan mendasar antara platform PC Windows dan Apple Mac, sehingga dapat menjadi referensi sebelum memilih salah satu di antara keduanya.

Form Factor

Salah satu keunggulan PC Windows adalah menawarekan form factor atau faktor bentuk yang luas, sehingga lebih fleksibel. PC menawarkan aneka form factor dengan kelebihan masing-masing seperti PC Desktop, Mini PC, laptop, All in One PC, laptop hybrid, laptop 2-in-1 dan form factor inovatif lainnya yang dapat dipilih sesuai kebutuhan.

Sedangkan Apple Mac hanya tersedia dalam form factor terbatas seperti All in One PC (iMac), laptop (Macbook series), dan mini PC (Mac Mini). Meski opsi form factor lebih terbatas, tetapi ketiga form factor yang ditawarkan Apple Mac ini adalah yang paling umum digunakan pengguna. Jika Anda membutuhkan komputer dengan dukungan fitur touchscreen dan form factor hybrid, PC bisa menjadi pilihan.

Sistem Operasi

PC biasanya menggunakan sistem operasio Windows besutan Microsoft. Meski demikian, ada sebagian kecil pengguna PC yang memilih Linux sebagai sistem operasi utamanya. Windows 10 dan Windows 11 adalah versi terbaru yang banyak digunakan saat ini menawarkan fitur yang lengkap, pilihan aplikasi yang lengkap, dan dukungan keamanan yang semakin baik.

Sedangkan Mac menggunakan sistem operasi Mac OS yang terkenal sangat stabil dan nyaman digunakan. Tampilan antarmukanya unik dan fitur yang diusungnya juga relatif lengkap. Meski dukungan aplikasinya tak seluas Windows, Mac OS tetap menawarkan keunikan tersendiri.

Performa

PC menawarkan performa yang variatif sesui dengan budget penggunanya, sehingga lebih fleksibel. Ketika membutuhkan performa kencang denbgan dana memadai, dapat memilih prosesor Intel Core generasi terbaru atau AMD Ryzen generasi terbaru. Ketika budget terbatas, dapat memilih prosesor dan GPU dengan spesifikasi lebih rendah agar sesuai dengan budget. Sebagian besar PC juga upgradeable.

Sedangkan Apple Mac memang agak terbatas dalam menyediakan opsi produk sesuai performa. Mulai generasi Apple M1, Mac semakin sulit di-upgrade karena semuanya serba terintegrasi. Meski demikian, performa prosesor Apple M1 bisa dikatakan setara dengan prosesor kelas atas dengan konsumsi daya yang jauh lebih efisien.

Gaming

Anda adalah seorang hard core gamer? PC Windows adalah pilihan utama. Sejauh ini sebagian besar pengembang game hanya mendukung platform Windows saja. Selain itu, PC juga menyediakan variasi produk yang dirancang khusus untuk memainkan game seperti laptop gaming atau PC Desktop gaming.

Kesimpulan

PC Windows menawarkan form factor yang lebih luas dan cocok untuk menangani aneka macam beban komputasi, seperti gaming atau kreator konten. Sedangkan Mac menawarkan performa yang kencang dengan konsumsi daya efisien melalui Apple M1, serta kenyamanan dan kestabilan yang lebih baik pada sistem operasi Mac OS.
Previous article Cara Mudah Mengaktifkan Dark Mode di Windows 11
Next article Mengenal Spesifikasi Layar Laptop, Mana yang Terbaik?