Skip to content
Asus-Zenbook-Pro-15-OLED

Mengenal Spesifikasi Layar Laptop, Mana yang Terbaik?

Ketika Anda memilih laptop, layar adalah salah satu komponen yang harus diperhatikan. Fungsi layar ini sangat penting karena memberikan tampilan visual pada pengguna. Tidak semua layar laptop sama dan didalamnya terdapat spesifikasi teknis yang kadang tidak dimengerti pengguna. Layar laptop terbaik adalah yang sesuai dengan kebutuhan penggunanya.

Resolusi Layar

Layar laptop tersedia dalam beberapa pilihan resolusi, seperti HD, Full HD, Quad HD, 2K, dan juga 4K UHD. Semakin tinggi resolusi layar, maka akan mampu menghasilkan gambar yang lebih tajam. Akan tetapi, biasanya semakin tinggi resolusi maka akan semakin banyak daya yang terkuras.

Untuk penggunaan dasar dan komputasi sehari-hari, resolusi layar HD atau Full HD sudah memadai. Bagi kreator konten, gamer atau desainer grafis mungkin membutuhkanlayar dengan resolusi lebih tinggi lagi.

Tingkat Kecerahan

Tingkat kecerahan atau brightness menunjukkan seberapa terang yang dapat dihasilkan layar tersebut dengan satuan nits. Rata-rata laptop kelas entry-level dan menengah dibekali dengan kecerahan antara 250 nits atau 300 nits. Semakin tinggi kecerahan yang ditawarkan akan semakin nyaman digunakan di pelbagai kondisi cahaya, misalnya di luar ruangan.

Refresh Rate

Refresh rate adalah kecepatan layar dalam menggambar ulang tampilan yang biasanya dihitung dalam satuan hertz. Laptop standar biasanya memiliki refresh rate layar 60Hz atau dalam satu detik, monitor menggambar hingga 60 kali. Sedangkan laptop kelas atas khususnya laptop gaming, menawarkan refresh rate yang lebih tinggi seperti 120Hz, 144Hz, dan bahkan ada yang sampai 360Hz.

Untuk penggunaan komputasi biasa, tidak ada perbedaan signifikan antara layar dengan refresh rate 60Hz atau lebih tinggi. Akan tetapi jika Anda seorang gamer, maka refresh rate layar sangat berpengaruh pada kemulusan animasi game yang sedang dimainkan karena mampu mereduksi gejala screen stuttering dan tearing saat frame rate cepat. Jika Anda bukan gamer, layar dengan refresh rate 60Hz sudah cukup untuk bekerja sehari-hari.

Memilih Jenis Panel

Ada tiga jenis panel layar yang digunakan saat ini, yakni TN, IPS, dan OLED. TN adalah panel tertua yang mudah dan murah produksinya. Biasanya, layar jenis TN ini diaplikasikan pada laptop kelas entry-level. Kelemahan panel TN adalah reproduksi warnanya yang tidak akurat dan sudut pandang yang terbatas. Meski demikian, panel TN ini mampu menghasilkan refresh rate yang tinggi.

Berikutnya adalah layar dengan panel IPS yang biasanya digunakan pada laptop kelas menengah hingga kelas atas. Teknologi panel IPS menawarkan reproduksi warna yang jauh lebih baik dari panel TN, serta sudut pandang yang lebih luas. Namun, harga produksinya lebih mahal dari panel TN.

Terakhir, adalah panel OLED yang sekarang mulai banyak diadopsi oleh laptop kelas atas. Panel OLED mampu menghadirkan saturasi warna yang sangat baik dan tingkat kontras yang tinggi. Tak hanya itu, OLED menggunakan teknologi cahaya latar pada tiap pikselnya dan mampu menghasilkan warna hitam yang pekat.

Kesimpulan

Tak bisa dipungkiri bawah layar dengan panel OLED mampu menghasilkan tampilan visual yang terbaik. Akan tetapi, gamer lebih membutuhkanm refresh rate layar yang tinggi agar animasi game berjalan mulus. Nah hal ini menunjukkan bahwa layar terbaik adalah yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing pengguna.
Previous article PC Windows vs Mac, Pilih Mana?
Next article 8 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Laptop