Skip to content
Mengenal Lebih Dekat WiFi 6 Desktop Kit Besutan Intel

Mengenal Lebih Dekat WiFi 6 Desktop Kit Besutan Intel

Intel Wifi 6

WiFi 6 atau yang juga disebut sebagai AX WiFi adalah standar jaringan nirkabel terbaru yang dirilis oleh WiFi Alliance. Intel menjadi salah satu produsen perangkat keras yang mendukung standar WiFi 6 dengan menghadirkan Intel WiFi 6 Gig+. Guna menjangkau pengguna PC desktop, Intel menghadirkan WiFi 6 Gig+ Desktop Kit.

Keunggulan utama teknologi WiFi 6 yang digunakan pada Intel WiFi 6 Gig+ Desktop Kit adalah mampu menghsilkan kecepatan hingga 10Gbps. Kecepatan yang dihasilkan WiFi 6 ini bisa dikatakan 3 kali lipat dari WiFi 5 yang hanya 3,5Gbps. Kecepatan tinggi dapat diraih dengan penggunaan channel 60Mhz yang menawarkan bandwidth 2x lipat dari 80MHz AC dan mampu mengantarkan data lebih banyak dengan teknologi WiFi 6 1024 QAM.

Tak hanya menawarkan kecepatan tinggi, teknologi WiFi 6 yang digunakan oleh Intel WiFi 6 Desktop Kit juga menawarkan latency 75% lebih rendah dari generasi sebelumnya. hal ini sangat bermanfaat untuk mengurangi lag atau jeda saat streaming video, video conference atau bermain game online.

Ada dua fitur yang membuat WiFi 6 ini begitu kencang, yakni MU-MIMO dan OFDMA. MU-MIMO adalah singkatan dari multi-user, multiple input, multiple output yang memungkinkan router berkomunikasi dengan banyak perangkat dalam waktu yang bersamaan.

Sedangkan teknologi OFDMA atau orthogonal frequency division multiple access memungkinkan router untuk mentransmisikan sebuah data ke banyak perangkat sekaligus dalam watu waktu. Tak heran, kombinasi MUI-MIMO dan OFDMA pada Intel WiFi 6 Gig+ Desktop Kit mampu meningkatkan kecepatan secara signifikan.

Sektor keamanan juga menjadi keunggulan Intel WiFi 6 Desktop Kit ini karena sudah mendukung standar keamanan WPA3 secara built-in. Teknologi WPA3 meningkatkan kekuatan enkripsi data dan melindungi dari serangan siber, serta menyederhanakan password.

Kelebihan lain yang diusung oleh Intel WiFi 6 Gig+ Desktop Kit ini adalah mudah dipasang. Intel mengklaim pengguna dapat menginstalasikan Intel WiFi 6 Gig+ Desktop Kit di PC-nya dalam waktu kurang dari 10 menit. Selain itu, Intel WiFi 6 Gig+ Desktop Kit telah terintegrasi fitur Bluetooth yang memudahkan pengguna terhubung pada headsetm mouse, keyboard, dan perangkat lainnya.

Previous article Pengertian UPS Adalah, Kegunaan dan Cara Kerja
Next article Ini Keunggulan Thunderbolt 3.0