Skip to content
Mengenal 3 Keunggulan Laptop Gaming AMD Advantage

Mengenal 3 Keunggulan Laptop Gaming AMD Advantage

Persaingan pasar laptop gaming memang kian sengit dan salah satu langkah yang disiapkan oleh Advanced Micro Device atau AMD adalah memperkenalkan platform AMD Advantage. AMD pertama kali memperkenalkan platform laptop AMD Advantage ini di ajang Computex 2021 dan menghadirkan sebuah platform laptop gaming yang andal dan siap memberikan pengalaman bermain game yang maksimal.

Melalui program AMD Advantage, AMD menggandeng beberapa produsen laptop untuk mengembangkan sebuah laptop gaming andal yang didalamnya terdapat komponen-komponen pilihan, solusi pendingin yang mantap, da performa andal untuk memainkan berbagai judul game. Setidaknya ada tiga unsur atau keunggulan utama dari laptop gaming AMD Advantage ini, yakni Amplified Performance, Premium Display, dan Built To Game. Bagaimana ketiga keunggulan ini dapat memberikan pengalaman gaming yang maksimal? Ini ulasannya.

Amplified Performance

Amplified Performance berarti memiliki performa yang powerful untuk memainkan game terkini dengan pengalaman yang optimal. Laptop AMD Advantage ini memang mengunggulkan kinerja yang tinggi berkat duet prosesor AMD Ryzen generasi terbaru dan grafis dari AMD Radeon. Prosesor AMD Ryzen terbaru, yakni 5000 series memiliki performa single-thread maupun multi-thread yang powerful berkat arsitektur baru Zen 3 dan dipadukan dengan teknologi fabrikasi 7nm yang efisien.

Sedangkan sektor grafis, laptop dengan platform AMD Advantage ini menggunakan GPU AMD Radeon RX 6000 series yang telah menggunakan arsitektur RDNA 2 yang powerful untuk menangani game terkini. Tak hanya itu, kelebihan dari kartu grafis ini adalah telah mendukung ray tracing, sehingga mampu menghasilkan efek grafis yang lebih realistis untuk judul game yang telah mendukung teknologi tersebut.

Keunggulan laptop AMD Advantage adalah dilengkapi fitur ekslusif yang tak dimiliki oleh laptop gaming lainnya, yakni AMD Smart Shift dan AMD Memory Smart Access. Kedua fitur ini mampu memaksimalkan performa laptop, sehingga dapat memberikan pengalaman bermain game yang nyata.

Premium Display

Gaming tak hanya melulu soal performa, tetapi juga tampilan visual yang memukau. AMD membekali laptop AMD Advantage dengan Premum Display untuk menjamin pengalaman visual yang memukau saat bermain game. Laptop dengan AMD Advantage dibekali dengan layar yang mampu menghasilkan warna yang kaya dengan 100% sRGB color gamut, serta viewing angle yang luas.

Tak hanya warna yang lebih nyata dan akurat, layar laptop AMD Advantage ini juga bebas screen tearing atau stuttering saat memainkan game dengan frame rate cepat. Hal ini karena layar laptop dengan AMD Advantage minimal menawarkan refresh rate 144Hz dan telah mendukung fitur AMD FreeSync Premium.

Built To Game

AMD bersama produsen laptop merancang sebuah laptop gaming yang benar-benar Built To Game yang artinya tak hanya menawarkan performa gaming tinggi, tetapi juga stabil dengan suhu yang tetap terjaga. Laptop AMD Advantage telah dilengkapi dengan sistem pendingin yang mumpuni untuk membuang panas. Kontrol panas yang baik akan mencegah overheat, serta tidak mengalami penurunan performa atau throttling saat digunakan bermain game selama berjam-jam sekalipun.

Laptop AMD Advantage ini juga dirancang untuk kenyamanan saat bermain dalam jangka waktu lama. Sehigga panas yang dihasilkan tidak akan mengganggu kenyamanan dan konsentrasi gamer saat bermain secara maraton. Berdasarkan informasi yang penulis himpun, saat artikel ini dibuat baru satu tipe laptop AMD Advantage yang masuk pasar Indonesia, yakni Asus ROG Strix G15 Advantage Edition.
Previous article Panduan Upgrade atau Membeli SSD untuk Laptop agar Performa Maksimal
Next article Yang Perlu Dilakukan Sebelum Upgrade ke Windows 11