Skip to content
Laptop Audio Error

Mengatasi Masalah Suara di Windows 7, 8.1, dan Windows 10

Suara atau sound adalah salah satu komponen dalam PC yang cukup penting. Pengguna dapat mendengarkan musik, online meeting, dan menikmati konten multimedia dengan dukungan suara dalam perangkatnya. Namun, kadang sound di laptop atau PC mengalami masalah yang membuatnya tidak dapat menghasilkan suara atau mungkin kualitas suara yang muncul berkualitas buruk. Kali ini penuis akan membahas bagaimana cara mengatasi masalah suara di PC dengan sistem operasi Windows 7, 8.1, dan Windows 10.

 

Masalah Hardware atau Software?

Kadang masalah suara yang muncul dapat disebabkan oleh sisi perangkat lunak (software) khususnya driver atau perangkat keras (hardware). Jika sumbernya adalah hardware, sebenarnya malah justru lebih mudah dikenali. Jika speaker mengalami kerusakan, biasanya suara yang keluar pecah atau terdistorsi parah. Solusinya adalah mengganti speakernya.

Jika masalah suara yang taimbul ternyata disebabkan oleh sisi perangkat lunak, maka ada beberapa cara yang dapat dilakukan bagi pengguna PC atau laptop dengan sistem operasi Windows 7, 8.1, dan Windows 10.

 

Gunakan Automatic Update

Barangkali suara berhenti bekerja karena masalah driver, sehingga perlu dilakukan update ke driver terbaru. Pengguna dapat melakukan update driver melalui Windows Update. Selain itu, bisa juga dengan mengetik devmgmt.msc pada kolom Search dan jalankan Device Management. Lakukan klik kanan pada audio device, kemudian klik update driver.

 

Cek Sound Settings

Suara tidak muncul juga bisa disebabkan oleh setting suara yang salah. Anda dapat mengeceknya dengan cara klik kanan pada ikon speaker di sudut kanan bawah taskbar, kemudian klik Open Volume Mixer. Pastikan tidak ada ikon speaker yang dicoret pada pengaturan tersebut.

 

Uninstal Driver Sound

Kadang permasalahan suara yang muncul dapat diselesaikan dengan cara meng-uninstal driver dan Windows akan secara otomatis mengunduh driver yang baru. Berikut caranya:

  • Di Windows 10, klik kanan ikon Windows dan pilih Run. Kotak dialog Run muncul.
  • Di Windows 8.1, buka layar Mulai dan mulailah mengetik run. Klik atau ketuk Run hasil pencarian. Kotak dialog Run muncul.
  • Di Windows 7, klik Mulai dan ketik Run. Pilih Run. Kotak dialog Run muncul.
  • Ketik devmgmt.msc di kotak run dan klik tombol OK. Ini membuka Windows Device Manager.
  • Di Device Manager, luaskan kategori Sound, video and game controllers. Di bawah kategori ini, klik kanan pada nama perangkat kartu suara. Menu konteks akan muncul. Kemudian pilih Uninstal atau Uninstal Device.
  • Konfirmasikan penghapusan instalasi jika diperlukan. Centang kotak di sebelah Delete the driver software for this device dan klik tombol OK.
  • Restart PC agar perubahan diterapkan. Setelah restart, Windows akan mencoba menginstal ulang driver.
Previous article Tips Meningkatkan Performa PC di Windows 11
Next article Ini yang Perlu Dilakukan Sebelum Kamu Menjual Laptop