Skip to content
HDD vs SSD vs SSHD

Memilih Antara SSD, SSHD dan Hard Disk, Mana yang Terbaik untuk Laptop?

Memilih media penyimpanan atau storage terbaik untuk laptop sebenarnya bukan hal yang sulit. Sejauh ini ada tiga jenis media penyimpanan yang populer digunakan di laptop masa kini, yakni hard disk, SSHD (Solid State Hybrid Drive) dan SSD (Solid State Drive).

Hard disk adalah media penyimpanan konvensional berbasis kompoonen mekanik seperti rotor, plater, dan head. Sedangkan SSD adalah media penyimpanan modern berbasis chip NAND flash. Terakhir, SSHD adalah gabungan antara hard disk yang dilengkapi dengan SSD yang berfungsi sebahai cache atau buffer. Ketiga media penyimpanan ini memiliki sejumlah kelebihan dan kekurangan. Lalu mana dari ketiganya yang terbaik untuk digunakan di laptop?

Bentuk dan Ukuran

Laptop modern biasanya menggunakan storage dengan bentuk 2,5 inci drive. Hard disk dan SSHD modern tersedia denga ketebalan 7mm hingga 15mm. Sedangkan SSD tak hanya menawarkan faktor bentuk 2,5 inci, tetapi juga hadir dalam bentuk SSD 2280 yang jauh lebih ringkas dan tipis. Tak heran, SSD adalah pilihan tepat untuk sebuah laptop premium yang mengunggulkan desain tipis.

Kapasitas

Tak bisa dipungkiri lagi bahwa sampai saat ini hard disk menawarkan potensi kapasitas yang paling besar, yakni mencapai 12TB untuk segmen konsumer. Sedangkan SSHD juga menawarkan potensi kapasitas yang sama dengan hard disk. Sedangkan SSD menawarkan kapasitas yang lebih rendah untuk segmen konsumer, yakni sekitar 4TB.

Keunggulan utama hard disk dan SSHD adalah harga per-GB yang jauh lebih murah. Sebagai contoh hard disk internal laptop dengan kapasitas 2TB dapat dibawa pulang dengan harga Rp 1,2 jutaan saja. Dengan budget yang sama, pengguna hanya akan mendapat SSD berkapasitas 512GB saja.

Daya Tahan Baterai dan Keandalan

SSD adalah jenis media penyimpanan yang paling hemat konsumsi dayanya jika dibandingkan SSHD dan hard disk. Menurut Seagate, perbedaan konsumsi daya SSD dan hard disk ini tidak akan mempengaruhi daya tahan baterai laptop hingga lebih dari 10%.

Hal yang sama juga terlihat pada sektor keandalan dimana SSD jauh lebih tahan banting ketimbang hard disk maupun SSHD. SSD lebih tahan guncangan dan getaran karena menggunakan komponen berbasis NAND flash. Ini berbeda dengan hard disk atau SSHD yang masih menggunakan komponen mekanik.

Kecepatan

Soal kecepatan, SSD jenis M.2 NVMe jelas menawarkan performa yang tak bisa ditandingi oleh hard disk maupun SSHD. Sedangkan performa SSHD ini dalam beberapa kasus bisa dikatakan mirip dengan SSD SATA III 2.5 inci inci.

Kesimpulan

SSD adalah media penyimpanan terbaik untuk laptop saat ini karena menawarkan keandalan, kecepatan, dan ukuran yang lebih ringkas dari hard disk maupun SSHD. Sayangnya, harga per-GB-nya memang masih lebih mahal dari hard disk atau SSHD.
Artikel sebelumnya Tips dan Trik Rahasia di Windows 10 yang Bakal Menghemat Waktumu
Artikel berikutnya Begini Cara Mengatasi Hard Disk Overheat di Laptop