Skip to content
Laptop Terkena Air, Segera Lakukan Langkah Berikut

Laptop Terkena Air, Segera Lakukan Langkah Berikut

Laptop anda terkena air, tidak sengaja ketumpahan minuman, atau kehujanan. Jangan panik, segera lakukan langkah langkah berikut untuk meminimalisir kerusakan.

1. Lepaskan Kabel Charger

Jika laptop di-charge, segera lepas kabel charger-nya. Laptop yang terkena air akan menghantarkan arus listrik yang lebih tinggi dan mengakibatkan setruman. Akibatnya, komponen utama seperti motherboard bisa terkena efek korosi dari tumpahan air.

Catatan: jika laptop terkena air saat di-charge dan langsung mati, JANGAN sambungkan kabel charger ke unit laptop. Dan, jangan coba-coba untuk menyalakan laptop via tombol power karena otomatis akan menghantarkan arus listrik.

2. Matikan Dan Cabut Baterai

Segera matikan laptop dan cabut baterai. Hal ini untuk meminimalisir kerusakan. Karena ketika air sudah mengenai motherboard atau sistem kelistrikan lainnya maka air akan menghantarkan arus listrik dan mengakibatkan kerusakan komponen laptop lainnya.

3. Balik Posisi Laptop

Segera balikkan laptop ke arah bawah. Upaya ini dilakukan agar untuk 'membuang' air yang terlanjut masuk lewat celah keyboard. Kalau bisa, letakkan laptop dalam posisi terbalik dan tunggu 1-2 jam untuk menunggu semua air keluar.

4. Bersihkan Bagian Yang Basah

Sembari membalikkan laptop, coba kembali tinjau bagian-bagian seperti lubang kabel USB, lubang charger, layar, kamera layar, dan bagian kecil lainnya yang berpotensi terkena tumpahan air.

Bersihkan bagian tersebut dengan cotton bud ,kapas, atau dengan Hair Dryer untuk menarik cairan. Lakukan cara ini dengan upaya untuk menarik cairan dari bagian-bagian yang basah.

5. Gunakan Silica Gel Atau Beras

Simpan laptop didaalam kotak bersama dengan silica gel, berfungsi menyerap kelembapan, sehingga mempercepat proses pengeringan. Silica gel sudah banya dijual di marketplace.

Jika tidak bisa menemukan silica gel, anda bisa menggunakan beras. Sama seperti silica gel, beras juga bisa menyerap kelembapan sehingga memaksimalkan proses pengeringan.

6. Pergi Ke Service Center

Jika Anda sudah melakukan cara di atas namun laptop tak kunjung menyala, segera bawa laptop ke service center resmi atau terdekat untuk diberi tindakan profesional.

 

Artikel sebelumnya 5 Hal yang Perlu Dilakukan Agar Laptop Tidak Mudah Rusak
Artikel berikutnya Touchpad Error, Penyebab Dan Cara Menperbaikinya