Skip to content
Inilah 7 Perbedaan Laptop dan Notebook yang Perlu Kamu Tahu

Inilah 7 Perbedaan Laptop dan Notebook yang Perlu Kamu Tahu

(sumber: unsplash)

      Keduanya sama-sama komputer jinjing namun, laptop dan notebook tidak sama. Bahkan, hampir semua orang menyebut semua jenis komputer jinjing adalah laptop.

      Namun ternyata, ada perbedaan laptop dan notebook yang perlu kamu tahu seperti berikut.

    1.  Layar

           Jika tidak diperhatikan dengan baik, ukuran layar notebook tidak ada bedanya dengan laptop. Ini karena notebook memiliki ukuran sekitar 13-18 inchi. Sedangkan ukuran laptop minimal 18 inchi.

           Perbedaan 1 inchi tersebut jika tidak diperhatikan dengan baik akan membuat rancu. Karena itu, banyak yang tidak dapat membedakan antara laptop dan notebook.

        2.  Berat

               Berat laptop dan notebook jelas berbeda namun tidak terlalu besar. Untuk notebook sendiri memiliki berat sekitar 1-2 kg dan laptop sekitar 3-5 kg.

               Seiring dengan perkembangan teknologi saat ini, baik notebook ataupun laptop memiliki bobot yang lebih ringan. Karena hal tersebut, masih banyak orang yang tidak bisa membedakan mana yang notebook dan mana yang laptop.

               Tapi, kalau kamu tidak percaya, kamu bisa menimbang sendiri atau mencoba membawa laptop dan notebook tersebut. Kalau terasa lebih berat dari 1 kg, berarti komputer jinjing tersebut adalah laptop.

            3.  Baterai

                   Saat ini, baik notebook ataupun laptop, sebagian besar sudah menggunakan baterai tanam. Namun, jika dibandingkan, ketahanan baterai notebook lebih baik dibandingkan baterai laptop.

                   Hal tersebut disebabkan karena pada notebook terdapat banyak ruang udara untuk pembuangan panas dari RAM atau processor. Namun, seiring penggunaannya, daya tahan baterai juga dipengaruhi oleh penggunaan komputer jinjing tersebut.

                4.  Asal Pengembangan

                       Tahukah kamu kalau laptop merupakan pengembangan dari komputer desktop? Ini karena jika kamu menggunakan PC, kamu harus selalu menghubungkannya dengan listrik. Sedangkan jika menggunakan laptop, kamu bisa tetap menggunakan komputer dengan waktu tertentu.

                       Selain itu, kamu juga bisa menggunakan laptop dimana saja sehingga lebih fleksibel untuk dibawa kemana saja.

                       Jika pengembangan laptop berasal dari PC, maka notebook merupakan hasil pengembangan dari laptop. Walaupun begitu, notebook baru mulai populer di Indonesia tahun 2010 an. 

                    5.  DVD Rom

                           Di notebook, kamu tidak akan menemukan slot DVD ROM. Jadi, kalau kamu ingin burning misalnya tugas kuliah, kamu harus menggunakan DVD ROM eksternal.

                           Sebaliknya, kamu akan menemukan slot DVD ROM laptop yang bisa kamu gunakan untuk membaca atau menulis di DVD. Biasanya, slot ini ada di sebelah kanan namun, posisi slot ini tergantung juga dari pabrikan laptop tersebut.

                        6.  RAM dan VGA

                               RAM laptop memiliki ukuran kapasitas yang lebih besar daripada notebook. Pada laptop biasanya berkapasitas 4GB sedangkan memiliki kapasitas 2GB. Namun seiring dengan perkembangannya, saat ini kapasitas RAM bisa diupgrade sesuai dengan kebutuhan dan spek komputer.

                               Tidak berbeda jauh dengan RAM, VGA laptop juga biasanya lebih mumpuni dibandingkan notebook. Umumnya, VGA notebook termasuk VGA untuk kelas menengah. Namun, jenis VGA ini tergantung dari spek dari komputer jinjing tersebut.
                            7.  Harga dan Penggunaan
                                   Karena notebook biasanya dilengkapi dengan komponen kelas menengah, maka penggunaannya pun ditujukan untuk aktivitas menengah. Misalnya menulis, editing yang tidak terlalu berat hingga bermain game kelas menengah.

                              Sedangkan laptop digunakan untuk pekerjaan yang lebih berat. Misalnya editing video, bermain game high end, mengetik.

                                   Jika dilihat dari harganya, laptop cenderung memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan notebook. Salah satu alasannya adalah penggunaan komponen yang lebih kompleks dan memiliki kualitas lebih tinggi. Misalnya untuk VGA ataupun adanya DVD ROM.

                                   Jadi, dengan perbedaan laptop dan notebook tersebut, kamu sudah bisa membedakan kedua jenis komputer jinjing tersebut. Semoga informasi ini menambah pengetahuan kamu ya.

                              Previous article Ketahui 5 Jenis Casing Komputer ini Sebelum Membeli
                              Next article 7 Rekomendasi Monitor untuk Desain Grafis Terbaik 2020