Skip to content
Factory Reset

Ini yang Perlu Dilakukan Sebelum Kamu Menjual Laptop

Anda berencana menjual laptop lama dan menggantinya dengan yang baru? Membeli laptop baru memang membutuhkan biaya yang cukup besar, sehingga sebagian orang memutuskan menjual laptop lamanya untuk tambahan biaya. Namun, ada beberapa hal yang perlu dilakukan sebelum menjual laptop lama agar data pribadi Anda tidak jatuh ke tangan orang lain yang mungkin dapat disalahgunakan.

Pada dasarnya ada dua hal yang harus dilakukan, yakni backup data dan menghapus data yang tersimpan di laptop lama. Nantinya, pembeli laptop tersebut akan menerima laptop dalam kondisi bersih dan sistem operasi yang masih fresh layaknya sebuah laptop baru. Hal ini akan memberikan pengalaman yang baik bagi pembeli sekaligus menjaga keamanan data yang pernah Anda simpan di laptop tersebut.

Backup Data

Hal yang pertama harus dilakukan adalah melakukan backup data atau membuat cadangan data yang disimpan dengan media penyimpanan eksternal. Sebuah hard disk eksternal dengan kapasitas besar akan mampu menampung semua data yang Anda miliki. Jika menginginkan proses yang lebih cepat, Anda dapat menggunakan SSD eksternal.

Proses backup dapat dilakukan secara manual dengan cara copy- paste atau cut - paste file atau folder yang berisi data ke media penyimpanan eksternal. Jika ingin melakukan backup sistem operasi yang terinstal atau seluruh drive yang ada, akan lebih cepat menggunakan aplikasi drive cloning seperti Acronis True Image dan sejenisnya.

Bagaimana jika tidak memiliki storage eksternal? Anda dapat melakukan backup dan memindahkannya ke cloud storage atau media penyimpanan berbasis awan seperti Google Drive. DropBox atau Microsoft One Drive. Anda juga dapat melakukan backup ke dua media sekaligus yakni cloud storage dan eksternal storage sekaligus untuk memastikan keamanan datanya.

Reset Laptop dan Menghapus Data

Setelah semua data dilakukan backup ke storage eksternal atau cloud, Anda dapat melakukan factory reset pada laptop untuk mengembalikan kondisi perangkat lunak ke pengaturan awal. Berikut ini langkah yang perlu dilakukan:

  • Buka Settings, pilih Updates & Security
  • Klik Recovery
  • Pada bagian Reset this PC, klik tombol Get started
  • Akan muncul jendela dialog, kemudian pilih Remove everything
  • Muncul kotak dialog lagi, klik Change settings
  • Aktifkan opsi Data erasure agar data yang dihapus sulit untuk di-recovery kembali
  • Klik tombol Confirm
  • Klik tombol Next
  • Klik tombol Reset
  • Proses reset akan berjalan dan laptop akan secara otomatis melakukan restart

Setelah proses reset dilakukan, laptop lama akan berada dalam kondisi setting awal seperti saat laptop baru saja diinstal sistem operasi. Selain itu, persiapkan aksesoris yang ada dalam paket pembelian seperti charger atau kabel. Laptop telah siap dijual atau ditawarkan melalui situs marketplace atau FJB di sosial media.

Previous article Mengatasi Masalah Suara di Windows 7, 8.1, dan Windows 10
Next article Begini Cara Membersihkan PC All In One PC dan Laptop dengan Benar