Skip to content
Wifi

Ini Trik Sederhana Tingkatkan Kecepatan WiFi

Pernahkan WiFi di rumah atau kantor terasa lambat? Penyebab lambatnya WiFi ini tidak selalu dari koneksi internet, tetapi kadang oleh faktor lain. WiFi atau kependekan dari Wireless Fidelity sendiri adalah jaringan berbasis nirkabel yang saat ini sudah banyak digunakan oleh pengguna rumahan. Sebagaian ISP (Internet Service Provider) menawarkan koneksi internet berbasis WiFi ini.

Penyebab WiFi Lambat

Penyebab utama WiFi lambat bisa karena koneksi internet yang disediakan ISP sedang lambat karena trafik penuh atau mengalami gangguan. Selain itu, bisa jadi penyebab kelambatan ini adalah faktor pembatas fisik yang mengurangi kekuatan sinyal WiFi seperti dinding dan lantai antara access point dengan perangkat yang digunakan pengguna.

Selain soal pembatas, perangkat yang digunakan juga bisa menjadi salah satu faktor penyebab WiFi lambat. Misalnya pengunaan teknologi WiFi lawas atau terlalu banyak perangkat yang terhubung dengan jaringan WiFi kita. 

Cara Meningkatkan Kecepatan WiFi

Tempatkan router atau access point di tempat terbuka

WiFi adalah jaringan nirkabel yang performanya dapat dipengaruhi oleh jarak, pembatas fisik (dinding, lantai), dan interfensi perangkat elektronik lainnya. Solusinya adalah menempatkan router atau access point di tempat yang lebih terbuka, misalnya ruang tamu atau ruang santai. Tempatkan router di atas funrniture agar tidak terhalang.

Beberapa router memiliki banyak antena, maka dapat dimaksimalkan dengan menggeser posisi antenanya. Satu antena ditempatkan dalam posisi tegak lurus, satunya lagi digeser hingga vertikal, dan satunya lagi diputar hingga vertikal agar penyebaran sinyal WiFi lebih maksimal. Selain itu, jauhkan pula router atau access point dari alat elektronik seperti microwave agar pancaran sinyalnya bebas gangguan.

Gunakan Teknologi WiFi Terbaru

WiFi adalah teknologi jaringan tanpa kabel yang terus dikembangkan guna meningkatkan kecepatan dan juga mengurangi latency-nya. Saat ini teknologi WiFi terbaru adalah WiFi 6 ax yang menawarkan kecepatan 600 - 2402Mbps. Ini jelas lebih tinggi dari WiFi standar sebelumnya seperti WiFi 4 dan WiFi 5.

Melakukan upgrade router dan access point yang memenuhi standar WiFi 6 akan sangat membantu mengoptimalkan kecepatannya. Selain itu, juga harus diimbangi dengan upgrade perangkat laptop atau smartphone yang juga sudah mendukung standar WiFi terbaru.

Batasi Perangkat dan Opimalkan Setting

Tips selanjutnya adalah membatasi jumlah perangkat yang terhubung pada WiFi agar bandwidth yang tersedia bisa optimal. Selain itu, gunakan password WiFi sesuai dengan standar WPA agar tidak ada orang lain yang menumpang koneksi internet.

WiFi router biasanya memiliki standar Quality of Service (QoS) yang berfungsi mengatur prioritas penggunaan jaringan. Misalnya ketika Anda sedang melakukan Zoom meeting, maka router akan memprioritaskan penggunaan bandwidth untuk Zoom meeting dan menunda kegiatan lain seperti sinkronisasi cloud. Lakukan upgrade firmware terbaru jika tersedia agar fitur QoS ini lebih maksimal.
Previous article Tips Penting Memilih Mouse Gaming agar Tidak Salah Beli
Next article Begini Cara agar Baterai Laptop Awet Saat Perjalanan