Skip to content
Ini Tips Ampuh Memilih Monitor ala Dell

Ini Tips Ampuh Memilih Monitor ala Dell

 

Monitor adalah salah satu komponen komputer yang menampilkan tampilan visual. Saat ini ada banyak jenis monitor dengan pilihan ukuran, teknologi panel, refresh rate, dan sebagainya. Berikut ini beberapa tips ampuh dari Dell selaku pemimpin global pasar monitor selama 7 tahun berturut-turut.

Baca Juga : HP X24c, Monitor Gaming Melengkung Dirilis Oktober 2020

  • Ukuran dan Resolusi Layar

Hal pertama yang dipertimbangkan saat memilih monitor adalah ukuran dan resolusinya. Bagi pekerja kantoran yang sering bergelut dengan aplikasi office, email, dokumen, dan browsing internet dapat memilih ukuran mulai dari 24 inci hingga 32 inci.

Namun bagi kreator konten, pengembang perangkat lunak, pekerja jasa finansial, multimedia, dan mungkin desain dapat mempertimbangkan ukuran yang lebih besar, yakni antara 34 inci hingga 49 inci. Beberapa orang memang suka menggunakan konfigurasi multi-monitor, tetapi ada juga yang terganggu dengan batas antar bingkai pada setup tersebut.

 Semakin besar ukuran layar maka sebaiknya semakin tiggi juga resolusinya. Dell mengatakanbahwa resolusi tinggi dengan kerapatan 100 piksel per inci sangat mendukung kenyamanan bekerja dalam waktu lama.

  • Sisi Ergonomis

Sektor ergonomis atau kenyamanan saat bekerja adalah sisi yang kadang terlupakan saat memilih monitor. Menurut riset dari Forrester, sebanyak 92% karyawan percaya monitor yang dioptimalkan secara ergonomis penting untuk meningkatkan produktivitas mereka.

Monitor yang nyaman dapat menampilkan sudut pandang yang luas, mode eye care, dan dapat diatur bsesuai postur badan. Desain yang ergonomis dapat membuat pekerja lebih nyaman bekerja dalam waktu lama karena tidak perlu memicingkan mata, membungkuk atau kelelahan mata.

  • Panel dan Cakupan Warna

Hal yang tak kalah penting saat memilih monitor adalah teknologi panel yang digunakan dan cukupan warna yang mampu ditampilkan. Panel TN dan VA biasanya menawarkan kontras tinggi, tetapi tak sevibrant panel IPS. Sedangkan panel IPS mampu menghasilkan warna yang lebih colorful dengan viewing angle yang luas.

Bagi seorang desainer grafis, konten kreator dan editor foto, cakupan warna yang luas dan akurat adalah hal yan penting. Ada banyak standar cakupan warna seperti NTSC, sRGB, Adobe RGB, dan yang paling luas adalah DCI-P3. Semakin luas cakupan warna sebuah monitor akan semakin akurat.

  • Konektivitas & Konsumsi Daya

Pastikan Anda memilih monitor yang memiliki konektivitas atau port yang digunakan, seperti DisplayPort, D-Sub, HDMI, USB-C, dan Thunderbolt 3. Selain itu, pilihlah monitor yang konsumsi dayanya efisien degan standar seperti Energy Star atau EPEAT.

Previous article Dell Inspiron 3471 SFF, Desktop Ringkas Berkinerja Powerful
Next article 5 Jenis Type USB Port yang Paling Sering Digunakan