Skip to content
Ini Tindakan Rutin Perawatan Laptop yang Perlu Dilakukan Agar Tetap Nyaman Digunakan

Ini Tindakan Rutin Perawatan Laptop yang Perlu Dilakukan Agar Tetap Nyaman Digunakan

Laptop saat ini adalah salah satu perangkat esensial yang digunakan untuk bekerja dan juga belajar. Laptop dengan performa prima dan minim masalah secara langsung akan mendongkrak produktivitas. Sebaliknya, laptop yang memiliki banyak masalah membuat produktivitas terhambat dan mood untuk bekerja atau belajar menjadi sirna.

Guna menjaga performa laptop tetap prima dan minim masalah, ada beberapa perawatan rutin yang sebaiknya dilakukan. Semua perangkat atau alat membutuhkan perawatan rutin, termasuk laptop. Lalu perawatan rutin apa saja yang dibutuhkan laptop? Simak ulasan kali ini.

Rapikan Storage, Hapus File Tak Terpakai

Performa laptop kadang melambat karena tumpukan file yang sudah tidak terpakai atau kadang pengguna kesulitan menemukan file yang dibutuhkan karena susunan file dalam laptop tidak tertata rapi. Solusinya adalah merapikan file yang tersimpan. Anda dapat membuat folder-folder berdasarkan kriteria tertentu untuk menyimpan file atau dokumen agar mudah ditemukan.

Hapus file-file yang sudah tidak dibutuhkan, seperti dokumen yang tidak terpakai, file musik yang tak lagi didengarkan, file foto atau gambar yang sudah diunggah ke sosial media atau file movie yang sudah Anda tonton. Jika merasa sayang untuk menghapusnya, pindahkan file-file tersebuit ke eksternal storage seperti hard disk eksternal atau SSD eksternal.

Rapikan Tampilan Desktop agar Nyaman Dilihat

Tampilan desktop yang ruwet yang dipenuhi shortcut, file yag sudah tidak terpakai, dan ikon aplikasi yang tidak tertata memang tidak sedap dipandang. Hal ini kadang membuat konsentrasi bekerja menjadi terpecah atau membuat mood bekerja jadi kurang baik. Rapikan dan bersihkan desktop adalah solusinya.

Hapus semua shortcut dan ikon aplikasi yang tidak digunakan, juga file yang tersimpan di Desktop. Jika ada file yang masih digunakan, pindahkan dari desktop agar tidak mengganggu pandangan. Rapikan susunan ikon dengan cara klik kanan Desktop kemudian Sort by dan pilih Name, Sizem File type, dan sebagainya untuk penggan Windows.

Sedangkan pengguna Mac, cukup klik kanan desktop atau klik Command + klik pada Desktop, kemudian pilih Clean Up. Tampilan desktop yang bersih dan rapi membuat pikiran lebih fokus dan semangat untuk bekerja.

Update Driver dan Sistem Operasi

Setiap perangkat keras yang terdapat pada laptop memerlukan driver untuk dapat bekerja dengan baik. Lakukan update driver jika driver versi terbaru sudah tersedia. Driver terbaru biasanya membawa peningkatan performa, kestabilan, dan juga perbaikan bug.

Hal yang tak boleh dilupakan adalah melakukan update sistem operasi, baik Windows maupun Mac OS. Update sistem operasi ini biasanya membawa beberapa fitur baru, penigkatan sektor keamanan, perbaikan bug, serta meningkatkan keandalan sistem.

Bersihkan Layar dan Keyboard Laptop

Setelah merapikan sisi digital dari laptop, kita juga perlu merapikan dan membersihkan perangkat kerasnya. Layar dan keyboard menjadi dua komponen utama yang harus dibersihkan karena menyangkut kenyamanan bekerja dalam jangka waktu lama.

Bersihkan layar dengan screen cleaning kit yang dapat Anda beli di toko laptop atau komputer terdekat. Semprotkan cairan pembersih pada lap, dan usap ke seluruh bagian layar agar kembali bersih dan memberikan performa visual yang maksimal. Sedangkan untuk keyboard, bersihkan dengan kuas halus untuk membuang debunya.

Sebenarnya tak hanya layar dan keyboard saja, komponen lain seperti port-port yang tersedia, LID cover, lubang ventilasi, dan sebagainya juga perlu dibersihkan agar debu tidak menumpuk.
Previous article Begini Cara Mengatasi Hard Disk Overheat di Laptop
Next article Ini 5 Fitur Windows 11 yang Membuatnya Layak Dinantikan