Skip to content
Ini Keunggulan Thunderbolt 3.0

Ini Keunggulan Thunderbolt 3.0

Thunderbolt 3.0

Thunderbolt 3.0 adalah antarmuka perangkat keras berkecepatan tinggi yang cukup populer digunakan oleh PC atau laptop kelas atas saat ini. Antarmuka Thunderbolt 3.0 ini pertama kali diperkenalkan adalah kuartal keempat 2015 silam dan menawarkan sejumlah kelebihan jika dibandingkan standar USB 3.0

Berdasarkan informasi yang penulis himpun, Thunderbolt ini dikembangkan oleh Intel dan Apple untuk menggantikan IEEE 1394 atau yang lebih dikenal sebagai FireWire. Kini Thunderbolt terus dikembangkan dan sekarang telah mencapai versi 3.0. Ada banyak kelebihan yang dimiliki oleh Thunderbolt 3.0, penasaran?

Kecepatan Tinggi

Keunggulan utama yang ditawarkan oleh teknologi Thunderbolt 3.0 adalah kecepatannya yang sangat tinggi. Teklnologi ini mampu menawarkan kecepatan 40Gbps! Sebagai perbandingan, Thunderbolt 2.0 atau pendahulunya menawarkan kecepatan 20Gbps. Sedangkan standar USB 3.1 hanya mampu menawarkan kecepatan 10Gbps saja.

Kecepatan yang tinggi ini membuat pengguna dapat memindahkan atau transfer file melalui perangkat yang mendukung Thunderbolt 3.0 dalam waktu yang sangat singkat. Jika pengguna sering memindahkan file-file besar dengan ukuran puluhan GB, penggunaan port Thunderbolt 3.0 akan sangat menghemat waktu.

Kompatibel dengan Konektor USB Type-C

Sejak peluncuran kontroler Thunderbolt 3.0 yang berbasis Titan Ridge pada kuartal pertama 2018 silam, Intel membuat Thunderbolt 3.0 kompatibel dengan konektor USB Type-C yang populer digunakan di laptop, perangkat eksternal, hingga smartphone.

Tak hanya itu, Thunderbolt 3.0 juga dilengkapi dengan USB 3.1 controller host sehingga dapat berperan sebagai sebuah port USB 3.1 biasa dengan kecepatan 10Gbps. Hal ini membuat perangkat dengan konektor USB Type-C kompatibel dan dapat menggunakan port tersebut.

1 Port untuk Semua

Tak hanya mendukung USB 3.1, Thunderbolt 3.0 ini juga sudah mendukung 4-lane PCIe 3.0 dan 8-lane DisplayPort 1.2. Artinya, Thunderbolt 3.0 bisa digunakan sebagai output ke layar dengan resolusi hingga 4K, LAN, dan bahkan digunakan untuk menghubungkan sebuah laptop dengan grafis atau GPU eksternal.

Tak heran saat ini banyak produsen aksesoris menghadirkan Thunderbolt 3.0 dock yang didalamnya terdapat banyak port seperti USB 3.1, DisplayPort, HDMI, LAN, dan USB C hanya dengan memanfaatkan sebuah port yang telah mendukung teknologi Thunderbolt 3.0.

Power Delivery Hingga 100W

Kelebihan lain yang ditawarkan oleh teknologi Thunderbolt 3.0 ini adalah mendukung Power Delivery 100W untuk mengisi daya perangkat yang mendukung standar tersebut. Era modern saat ini, sudah banyak laptop kelas menengah dan atas yang mendukung teknologi Power Delivery ini. 

Previous article Mengenal Lebih Dekat WiFi 6 Desktop Kit Besutan Intel
Next article Mengenal Teknologi SSD NVMe, Apa Bedanya dengan SATA?