Skip to content
Windows 11 Dark Mode

Cara Mudah Mengaktifkan Dark Mode di Windows 11

Dark Mode adalah sebuah mode tampilan atarmuka yang tidak asing lagi bagi pengguna PC, laptop, tablet atau smartphone. Fitur Dark Mode telah tersedia secara lintas perangkat atau platform, mulai dari Android, iOS, Mac OS, dan tuntu saja Microsoft6 Windows. Sebenarnya Dark Mode sudah tersedia sejak Windows 10 dan kini disempurnakan lagi saat Windows 11 dirilis.

Pengaturan default pada sebagian besar perangkat PC desktop atau laptop Windows 11 adalah Light Mode yang menampilkan teks hitam dengan latar belakang putih. Sedangkan Dark Mode berarti akan menampilkan teks putih dengan latar belakang gelap atau hitam.

Manfaat Dark Mode

Dark Mode awalnya dikembangkan untuk mengurangi paparan cahaya biru dan membantu mengatasi ketegangan mata yang disebabkan oleh waktu layar yang lama. Sampai saat ini memang belum ada bukti pasti yang menunjukkan bahwa Dark Mode dapat efektif memberikan manfaat tersebut, tetapi bagis ebagian orang merasa nyaman dengan mode gelap ini.

Secara teori, pengaturan layar default atau Light Mode membuat pengguna terpapar lebih banyak cahaya biru daripada Dark Mode. Hal ini dapat mengganggu ritme sirkadian pengguna dan menekan melatonin, hormon yang memberi sinyal pada tubuh pengguna bahwa sudah waktunya tidur. Ini artinya, paparan cahaya biru dapat mengurangi kualitas tidur.

Solusi Dark Mode memang tidak sepenuhnya mengurangi risiko tersebut dan hasilnya dapat lebih baik jika fitur Eye Care dan sejenisnya diaktifkan. Dark Mode juga membuat teks lebih mudah dibaca, terutama saat pengguna berada di ruangan dengan lampu mati atau cahaya remang. Pengurangan cahaya biru dapat mengurangi kelelahan atau ketegangan mata yang terkait dengan kecerahan dalam jumlah tinggi.

Cara Mengaktifkan Dark Mode

Lalu bagaimana cara mengaktifkan Dark Mode di Windows 11? Pada dasarnya masih sama dengan Windows 10, yakni klik kanan pada Desktop dan pilih Personalize. Akan muncul jendela Settings yang menampilkan bagian Personalization, kemudian pilih Colors.

Langkah berikutrnya adalah memilih mode warna dengan cara klik menu drop down dan pilih Dark. Mode Dark telah aktif di Windows 11. Adapu tiga mode lain yang tersedia di pengaturan Windows 11 ini, yakni:

Light — sebagian besar latar belakang dan elemen visual akan berwarna putih atau abu-abu muda
Dark — sebagian besar latar belakang dan elemen visual akan berwarna abu-abu gelap
Custom — pilih antara mode Terang dan Gelap untuk menu dan aplikasi pengaturan Windows
Previous article Ini Daftar Shortcut keyboard Populer Windows 11 yang Wajib Kamu Tahu
Next article PC Windows vs Mac, Pilih Mana?