Skip to content
Cara Menambah RAM Laptop secara Manual dan Virtual

Cara Menambah RAM Laptop secara Manual dan Virtual

Deskripsi: Ada cara menambah RAM laptop yang bisa kamu coba baik dengan cara manual ataupun virtual seperti berikut ini

(Credit: unspash. ©️ 2020 |Yolori.com)

      Semakin besar kapasitas RAM maka akan semakin membuat laptop kamu semakin kencang. Namun, untuk menambah kapasitas RAM, kamu tidak bisa sembarangan.

      Ada cara menambah RAM laptop yang benar seperti berikut ini yang bisa kamu coba.

1.   Cek Slot

      Cek dahulu apakah ada slot kosong di motherboard laptop atau tidak.  Perhatikan juga apakah slot tersebut disolder secara permanen oleh produsen atau tidak. Jika iya, maka kamu secara otomatis tidak bisa menambah RAM ke kapasitas yang lebih besar.

      Namun jika kamu menjumpai ada 2 slot dengan salah satu slot kosong dan satu slot disolder, kamu tetap bisa menambah kapasitasnya. Jika keduanya sudah terisi, kamu bisa mengganti salah satunya.

2.   Cek Kompatibilitas

      Masing-masing laptop memiliki kapasitas RAM yang berbeda. Bisa saja laptop A bisa mencapai 16GB namun laptop kamu hanya berkapasitas 8GB. Karena hal tersebut cek terlebih dahulu kapasitas RAM laptop dan sesuaikan dengan kebutuhan dan RAM yang akan kamu pasang.

3.   Sesuaikan Kebutuhan

      Sebelum melakukan upgrade RAM laptop, maka pertimbangkan dulu kebutuhan kamu. Kebutuhan RAM ini akan berkaitan dengan spesifikasi dari RAM yang akan digunakan. Jika salah dalam memilih, maka akan membuat penggunaan RAM tidak bisa maksimal.

4.   Tentukan Spesifikasinya

      Untuk menentukan RAM mana yang tepat, pertimbangkan 4 hal berikut ini:

  • Ukuran RAM: jika slot yang satunya berisi 4GB, maka di slot kedua isi juga dengan 4GB. Cara ini dilakukan agar setelah penggantian RAM, performa laptop bisa berjalan dengan maksimal.
  • Jenis: sesuaikan jenis RAM laptop dengan komputer kamu. Ini karena ada RAM jenis DDR2, DDR3, DDR4 dan sejenisnya. Jika kamu salah beli, RAM tersebut tidak bisa digunakan karena masing-masing RAM punya pin berbeda yang disesuaikan dengan slot.
  • Transfer rate: semakin besar transfer rate RAM berarti RAM akan semakin cepat ketika digunakan. Namun, tetap pilih RAM dengan transfer rate yang sama dengan RAM yang satunya.
  • Merk: dianjurkan untuk menggunakan RAM dengan merek yang sama sehingga kualitas yang akan kamu peroleh juga sama.

5.   Menambah RAM

      Jika semua sudah terpenuhi, siapkan peralatan seperti obeng untuk membongkar laptop. Buka bagian belakang laptop dengan menggunakan obeng. Kamu bisa menggunakan kartu nomor perdana untuk membuka bagian laptop.

      Cari letak slot RAM kamu dan hati-hati saat membongkar dan mengambil RAM, jika kamu akan menggantinya. Sebaliknya jika kamu memasang di slot baru, pasang dengan baik dan sesuai tata letaknya ya. Jangan sampai terbalik.

Pastikan RAM sudah terpasang dengan baik lalu tutup kembali cover belakang laptop.

6.   Menambah Secara Virtual

      Jika laptop kamu tidak memungkinkan untuk penambahan kapasitas RAM, kamu bisa menambah RAM laptop secara virtual. Cara menambah virtual RAM ini membutuhkan kapasitas hardisk yang cukup besar.

      Ini karena ketika kamu menambah RAM virtual, kapasitas HDD juga akan berkurang sebanyak RAM virtual yang kamu buat.

Cara untuk menambah RAM secara virtual yaitu:

  • Buka lebih dahulu windows explorer kamu.
  • Cari my computer > klik kanan > properties.
  • Di jendela properties, pilih ‘advanced system settings’.
  • Masuk ke tab ‘advanced’ lalu pilih ‘settings’.
  • Kemudian ke ‘advanced’ lagi. Setelah itu klik ‘Change’ yang ada di bawah virtual memory.
  • Hilangkan tanda centang ‘Automatically……..”.
  • Pilih drive yang nantinya akan dikurangi untuk virtual RAM. Misalnya dari partisi C. jangan lupa untuk menambahkan jumlah memori yang akan digunakan, misalnya 2000MB.
  • Klik Ok. Jika sudah selesai, restart laptop kamu.

      Dengan cara menambah RAM laptop tersebut, kamu sudah tidak perlu lagi khawatir jika ingin menambah RAM. Semoga cara tersebut bisa membantu kamu dan selamat mencoba!

Previous article 8 Cara Cek RAM Laptop yang Bisa Kamu Coba
Next article Suka Bermain Game? Ini 5 Rekomendasi PC Gaming Terbaik 2020