Skip to content
Cara Ampuh Maksimalkan Performa Laptop Gaming

Cara Ampuh Maksimalkan Performa Laptop Gaming

Laptop Gaming G Series

Laptop gaming rata-rata telah dilengkapi dengan spesifikasi yang mumpuni seperti prosesor yang kencang dan grafis yang andal dalam memainkan game terbaru dengan frame rate yang nyaman. Ada beberapa tips yang dapat dilakukan agar performa laptop gaming lebih maksimal dan setidaknya membuat frame rate lebih stabil, apa saja?

Update Driver

Update driver, terutama driver untuk kartu grafis adalah cara yang ampuh untuk memeksimalkan performa laptop gaming. Driver sendiri adalah sebuah perangkat lunak yang menjadi jembatan antara sistem operasi dengan sumber daya grafis di kartu grafis atau GPU. Driver yang selalu up-to-date dapat meningkatkan performa secara umum.

Produsen grafis seperti AMD dan Nvidia biasanya memaksimalkan performa grafisnya dengan driver terbaru, bahkan peningkatan melalui update driver ini bisa mencapai 5% atau lebih. Selain itu, update driver juga dapatmemperbaiki bug dan mengoptimalkan performa saat memainkan game-game tertentu.

Ubah Pengaturan Windows

Selain rajin melakukan update driver, kita juga dapat mengoptimalkan performa grafis dengan cara menonaktifkan efek visual di sistem operasi Windows. Hal ini dapat mengurangi beban kerja kartu grafis dan dapat mengoptimalkan performa saat memainkan game. Berikut ini langkah untuk menonaktifkan efek visual pada Windows 10:

  1. Klik pada search bar di taksbar, ketik performance
  2. Setelah keluar hasil pencarian, pilih Adjust the appearance and performance of Windows
  3. Pada bagian tab Visual effect, pilih Adjust for best performance
  4. Klik Apply

Pengaturan Setting Grafis dalam Game

Jika kita menggunakan sebuah laptop gaming dengan spesifikasi yang terbilang pas-pasan tetapi ingin memainkan game terbaru yang cukup berat, dapat melakukan pengaturan grafis dalam game tersebut. Hal ini memang mengurangi kualitas grafis dan efek visual dalam game, tetapi frame rate akan meningkat dan game akan lebih nyaman dimainkan.

Game-game PC keluaran terbaru menyediakan beberapa pengaturan efek visual yang bisa diatur sesuai kebutuhan. Beberapa parameter yang dapat dinonaktifkan untuk meningkatkan frame rate antara lain adalah Shadow effect, Reflection effect, Ambient occlusion, motion blur, dan depth of field.

Overclocking

Overclocking adalah sebuah kegiatan meningkatkan performa dengan meningkatkan clockspeed prosesor dan kartu grafis, misal dari kecepatan 3,2GHz menjadi 3,6GHz. Beberapa produsen laptop gaming menyediakan aplikasi utilitas yang memungkinkan pengguna melakukan praktik overclocking on the fly dengan meningkatkan kecepatan prosesor dan grafis dalam batas aman.

Upgrade

Solusi terakhir untuk meningkatkan performa laptop gaming adalah melakukan upgrade komponen, yakni menambah kapasitas RAM yang lebih besar atau mengganti SSD dengan varian yang menawarkan transfer rate yang lebih tinggi. hal ini dapat meningkatkan performa laptop secara umum, tak hanya saat bermain game saja.

Previous article Tips Memilih Mouse Gaming yang Tepat
Next article Begini Cara Tingkatkan Performa Baterai di Laptop Dell