Skip to content
Buka Setiap Hari (10:00-21:00) 021-6013636 087878723456 ask@yolori.com
Buka Setiap Hari (10:00-21:00) 087878723456
Berikut Cara Membuat Akun Email Beserta Fungsinya

Berikut Cara Membuat Akun Email Beserta Fungsinya

Tak semua orang sudah mengetahui bagaimana menggunakan email dan fungsi dari email. Padahal, dengan memahami cara menggunakan dan mengetahui fungsi email dapat membantu kalian memaksimalkan email itu sendiri. Email adalah surat elektronik untuk sarana mengirim dan menerima pesan dengan format digital.

Pesan digital yang telah dibuat dapat dikirimkan ke alamat email lainnya dengan menggunakan komputer ataupun smartphone kalian. Dengan menggunakan email, kamu tak usah bersusah payah untuk menulis pesan atau surat menggunakan kertas seperti zaman sebelum modern seperti sekarang. selain membuang-buang waktu, kamu juga harus repot datang ke tempat pengiriman surat agar bisa sampai tujuan.

Beda sekali kalau kalian menggunakan email, tak perlu lagi repot-repot datang ke tempat pengiriman surat karena tinggal pencet tombol maka pesanmu akan otomatis terkirim ke alamat email penerima dengan cepat. Oleh sebab itu, sekarang sudah banyak orang yang menggunakan email.

Untuk itu, saya akan menjelaskan mulai dari bagaimana cara kerja email, fungsi email, serta cara membuat email dengan menggunakan berbagai perangkat.

Cara Kerja Email

Cara Kerja Email
Source Gambar : GemarOprek

Secara umum, cara kerja email ini sama saja dengan menulis surat secara manual untuk orang lain. Tetapi yang menjadi pembeda adalah email dapat mengirimkan pesan anda lebih cepat, bisa menyertai file-file tambahan dengan batas maksimal tertentu, mengirimkan kepada banyak orang, dan bisa disimpan dalam jangka waktu yang lama tanpa khawatir email itu akan rusak.

Berikut adalah cara kerja email yang akan saya jabarkan secara singkat :

  1. Jika sudah mempunyai akun email, kamu bisa langsung membuka email dan kemudian menuliskan isi pesan yang ingin kamu kirimkan kepada si penerima.
  2. Setelah itu, pengguna email harus memberikan instruksi kepada aplikasi email dengan cara menuliskan email tujuan agar pesan bisa dikirimkan dan pastikan bahwa email yang kamu tulis adalah benar agar bisa diterima.
  3. Kemudian, email server akan melakukan identifikasi alamat email tujuan, lalu mengirimkan kepada email server lain yang lokasinya dekat dengan tujuan.
  4. Saat pesan sudah terkirim ke email penerima, maka pesan akan tersimpan di email server sampai penerima membuka pesan tersebut dan menghapusnya.
  5. Lalu pada saat penerima membuka pesan di inbox atau kotak pesan, maka email penerima akan meminta pesan tersebut pada email server setelah itu mengunduhnya kedalam computer si penerima.
  6. Kemudian, pembaca baru bisa membaca isi pesan yang telah diunduh tadi.

Fungsi Email

Sebagai Media Untuk Mengirim dan Menerima Pesan

Secara umum, email berfungsi sebagai sarana untuk mengirim dan menerima email dimanapun kalian berada. Pesan itu dapat terkirim dengan waktu yang sangat cepat, bahkan hanya dalam hitungan detik saja.

Jika ingin membuktikan kecepatan pengiriman email maka kamu harus menggunakan internet yang cepat dan stabil. Karena, internet diperlukan untuk anda mengirim dan menerima email.

Dengan menggunakan email, kamu dapat mengirimkan berbagai jenis file tambahan dengan ukuran yang sudah di tetapkan, misalnya foto, video, teks, dan sebagainya. Untuk menambahkan file tambahan tersebut kamu bisa menggunakan fitur attachment (lampiran) pada email.

Untuk Mendaftarkan Diri Ke Media Sosial

Sosial media memberi kemudahan untuk kalian yang ingin bergabung bisa hanya dengan email pribadi kalian masing-masing. Dan sebagian besar layanan atau website menggunakan email sebagai syarat untuk mengaktivasi akun maupun memastikan identitas.

Contohnya, Situs media sosial, game online, forum online, jual beli online, dan lain-lain masih menggunakan email untuk mendaftarkan akun kalian.

Sebagai Identitas Diri

Email mempunyai fungsi lain yaitu sebagai identitas diri kalian. Untuk itu, sebagai sumber identitas kamu selain KTP atau SIM, untuk itu kamu tidak boleh sembarangan memakai email pribadimu untuk hal-hal yang negatif, karena di dalam email terdapat data pribadi kamu sampai alamat.

Bagi kebanyakan orang di era modern ini, email adalah media yang sangat penting. Hal itu dikarenakan email adalah syarat mutlak untuk mengaktivasi berbagai layanan digital seperti m-banking, aktivasi smartphone, mengkonfirmasi informasi pekerjaan, dan sebagainya.

Sebagai Media Bisnis dan Promosi

Email berfungsi untuk kalian gunakan sebagai media promosi online. Hal ini sudah di lakukan oleh beberapa pebisnis untuk meningkatkan penjualan mereka.

Promosi menggunakan email ini termasuk promosi cara lama yang sudah di ketahui para pengguna email. Akan tetapi, cara email marketing ini termasuk sangat efektif untuk menarik perhatian pembeli.

Cara Membuat Akun Email di Smartphone

Ada banyak platform penyedia layanan email yang bisa kamu akses dan gunakan dengan mudahnya. Salah satu contohnya adalah Gmail yang dimiliki oleh Google. Kamu bisa mendaftar atau membuat email di Gmail secara gratis. Berikut cara membuat akun baru Gmail dengan menggunakan perangkat Smartphone :

  1. Masuk ke dalam menu pengaturan pada HP kamu.
  2. Pilih menu akun
  3. Lalu, pilih tambah akun atau add account
  4. Pilih icon google
  5. Setelah itu, akan muncul pilihan sign in dan create a new account
  6. Pilih create a new account
  7. Lengkapi identitas anda
  8. Jika sudah dilengkapi, maka isi username kamu (jangan sampai lupa)
  9. Jika ada tulisan, That username is taken. Try another. Itu berarti username sudah digunakan oleh orang lain dan kamu harus membuat username yang belum digunakan.
  10. pilih next
  11. Masukkan password kamu (jika perlu dicatat agar tidak lupa), minimal 8 karakter, boleh menggunakan angka, huruf kecil atau besar, dan symbol. Masukkan password yang sama dua kali.
  12. Pilih next
  13. Selanjutnya tidak wajib diisi. Jadi kalian bisa langsung melewatinya dengan pilih skip.
  14. Akan ada kotak Privacy And Terms. Kamu baca dan jika sudah mengerti pilih I Agree.
  15. Setelah itu akan ada konfirmasi username dan password.
  16. Pilih next
  17. Akan ada muncul pilihan pembayaran, kamu bisa melewati langkah ini, pilih no thanks, kemudian pilih next.

Cara Membuat Akun Email Baru Di Komputer

  1. Ketik alamat www.gmail.com pada web browser yang kamu miliki.
  2. Klik Create An Account, maka akan muncul kotak dialog.
  3. Isi data diri kamu pastikan semuanya benar
  4. Isi username
  5. Jika ada tulisan, That username is taken. Try another. Itu berarti username sudah digunakan oleh orang lain dan kamu harus membuat username yang belum digunakan.
  6. Setelah semua kolom terisi dengan data yang benar.
  7. Klik Next Step, akan muncul agreement atau kotak persyaratan, pilih I Agree
  8. Selamat, kamu telah memiliki akun Gmail sekarang.

Setelah kamu mempunyai akun email pada Gmail, kamu akan semakin mudah untuk menggunakan layanan yang terintegrasi oleh Google seperti YouTube, Playstore, dan sebagainya.

Yolori adalah perusahaan yang menyediakan berbagai macam alat elektronik seperti PC, Laptop, Notebook, Monitor, dan juga asesorisnya. Jika ada hal yang ingin ditanyakan mengenai harga atau pemesanan bisa langsung chat kami atau langsung lakukan pemesanan di situs ini.

Previous article Cara Mengubah Smartphone Menjadi Mouse Komputer
Next article 3 Cara Meningkatkan Bisnis Anda Di Instagram