Skip to content
Begini, Nih! Cara Cek Windows 10 Asli PC atau Laptop

Begini, Nih! Cara Cek Windows 10 Asli PC atau Laptop

Deskripsi: Sudah yakin Windows  10 di laptop kamu asli? Simak ulasan berikut untuk tahu cara cek Windows 10 asli atau bajakan

Maraknya software atau aplikasi palsu saat ini membuat kamu harus ekstra hati-hati. Software Windows 10 juga ternyata punya versi bajakan yang beredar di pasaran.

Sudah banyak konsumen yang tertipu yang mengira bahwa Windows 10 miliknya merupakan produk asli. Agar kamu tidak ikut tertipu, simak cara cek Windows 10 asli berikut ini.

Pentingnya Melakukan Pengecekan Keaslian Windows 10

Mungkin sebagian orang beranggapan mengecek keaslian Windows tidak begitu penting. Jika seandainya Windows 10 yang digunakan bukan produk original, keamanan data tidak bisa terjamin.

Selain itu, jika digunakan dalam jangka panjang dapat merusak perangkat PC karena sistem Windows bajakan tidak berjalan sempurna. Dengan melakukan pengecekan, kamu bisa melakukan tindakan dengan mengganti Windows 10 bajakan dan menggunakan produk Windows berlisensi.

Jika kamu menggunakan Windows 10 original maka akan selalu muncul notifikasi untuk melakukan update software. Beda halnya dengan Windows 10 bajakan, notifikasi update tidak pernah muncul.

Windows 10 asli memiliki fitur yang lengkap dan semua fitur dapat dioperasikan dengan baik. Saat kamu menggunakan versi bajakan, ada kemungkinan beberapa fitur tidak ada atau ada tapi tidak bisa dioperasionalkan.

Olehnya itu, sangat penting untuk mengetahui keaslian dari Windows 10 demi keamanan dan keawetan komponen komputer kamu.

Cara Cek Windows 10 Asli

Ada beberapa metode yang bisa kamu lakukan untuk mengecek keaslian Windows 10 kamu. Berikut ulasan selengkapnya.

Cek dengan CMD Windows

Kamu bisa  mengecek keaslian Windows 10 yaitu dengan CMD. Fitur CMD merupakan fitur bawaan dari program Windows sendiri yang bisa langsung digunakan. Caranya yaitu:

  1. Buka program CMD pada komputer atau laptop kamu lewat menu 'Start'.
  2. Selanjutnya masukkan atau ketik kode: slmgr/xpr lalu tekan Enter. Akan muncul kotak dialog 'windows script host' didalamnya terdapat keterangan 'The Machine is Permanently Activated'.

Jika keterangan yang muncul sama, maka Windows 10 yang kamu gunakan asli atau original.

Jika kamu ingin mengetahui informasi detail dari keaslian Windows 10. Kode alternatif yang bisa dimasukkan dengan cara yang sama. Diantaranya, slmgr/dli, slmgr/ato, dan slmgr/dlv. Kode-kode tersebut memberikan info tentang aktivasi Windows dan product key Windows.

Cek Melalui Windows Explorer

Cara lain untuk mengecek keaslian Windows 10 yaitu melalui Windows Explorer dengan cara:

  1. Masuk ke menu 'Windows Explorer'
  2. Lanjutkan dengan klik kanan 'This PC' lalu pilih 'Properties'.

Maka akan muncul jendela 'System' berisi informasi terkait Windows yang diantaranya terdapat Product ID disertai keterangan aktivasi dari Windows.

Jika keterangan pada bagian aktivasi mengatakan bahwa windows telah diaktivasi maka bisa dipastikan produk Windows 10 yang kamu gunakan asli.

Cek pada System Setting

Cara ini lebih mudah dibanding dengan cara pertama dan kedua. Kamu hanya cukup masuk ke menu 'Start' dan cari pilihan 'Activation' setelahnya akan muncul informasi lisensi Windows 10 yang digunakan serta status aktivasinya.

Jika kamu menemukan informasi bahwa Windows 10 kamu belum diaktivasi maka Windows yang kamu pakai tidak resmi atau palsu.

Sebenarnya kamu tidak perlu melakukan pemeriksaan keaslian Windows 10. Apabila kamu membeli PC atau laptop di toko berlisensi dan terpercaya. Namun jika kamu ragu akan keasliannya, tidak ada salahnya untuk tetap melakukan pengecekan keaslian.

Sekarang, saatnya kamu melakukan pengecekan dengan mengikuti salah satu cara cek Windows 10 asli yang ada di atas. Menggunakan produk original akan selalu lebih baik dibanding produk bajakan. Jadi selalu pastikan produk yang digunakan original, Ya!

Artikel sebelumnya 5 Cara Cleaning Printer Berbagai Merk Step by Step
Artikel berikutnya Merk Motherboard Terbaik yang Harus Kamu Tahu