Skip to content
Begini Cara Tingkatkan Performa Baterai di Laptop Dell

Begini Cara Tingkatkan Performa Baterai di Laptop Dell

Dell Notebook

Baterai adalah salah satu komponen vital sebuah laptop untuk mendukung mobilitas pengguna agar tak selalu terikat dengan sumber daya listrik. Kali ini penulis berbagi tips untuk memaksimalkan dan meningkatkan performa baterai laptop, khususnya laptop besutan Dell.

Ada banyak hal yang memengaruhi performa atau daya tahan baterai sebuah laptop, antara lain adalah pola penggunaan, tingkat kecerahan layar, backlight keyboard, perangkat eksternal yang terhubung, Windows power plan, resolusi layar, dan sebagainya. Berikut ini beberapa cara untuk memaksimalkan performa baterai.

Ubah Windows Power Plan

Salah satu cara yang paling mudah dan efektif adalah mengubah Windows power plan. Fitur ini secara pintar dapat menyesuaikan konsumsi daya sesuai kebutuhan pengguna. Bagi pengguna Windows 10, dapat mengubahnya dengan cara klik ikon baterai pada sudut kanan bawah taskbar, kemudian pilih tiga profil sesuai kebutuhan.

Profil yang disediakan adalah Balanced, Power Saver, dan High Performance yang dapat dipilih dengan cara menggeser slidernya. Anda dapat memilih sesuai kebutuhan, misal membutuhkan performa tinggi dapat menggantinya ke High Performance. Jika tidak membutuhkan performa maka dapat memilih Power Saver agar hemat konsumsi daya.

Turunkan Kecerahan layar

Layar adalah salah satu komponen laptop yang cukup banyak mengonsumsi daya baterai. Kita dapat menurunkan kecerahan layar agar daya tahan baterai bisa lebih lama dan tentunya membuat mata lebih nyaman menatap layar dalam waktu lama.

Tutup Aplikasi yang Tak Digunakan

Aplikasi yang sedang berjalan membutuhkan daya atau resource laptop. Kita dapat menutup aplikasi yang memang tidak penting atau tidak digunakan agar tidak membebani performa laptop dan tentunya dapat menghemat konsumsi daya baterai.

Nonaktifkan Fitur & Cabut Perangkat Eksternal yang Tak Digunakan

Laptop masa kini dilengkapi dengan fitur nirkabel seperti WiFi dan Bluetooth. Kita dapat mematikan kedua fitur ini ketika tak digunakan. Jangan lupa untuk mencabut perangkat eksternal seperti flash disk atau penyimpanan eksternal jika tidak dipakai guna menghemat konsumsi baterai.

Manfaatkan Dell battery management

Bagi pengguna laptop Dell dapat menginstal aplikasi Dell battery management karena memiliki fitur untuk memaksimalkan performa dan umur baterai. Aplikasi ini tersedia dalam empat profil yang dapat dipilih sesuai kebutuhan, yakni :

  • Standar - Mengisi daya baterai hingga penuh pada tingkat sedang. Pengaturan ini memberikan pendekatan yang seimbang untuk memperpanjang usia baterai sambil tetap menyediakan waktu pengisian yang cukup cepat. Disarankan untuk pengguna yang sering beralih antara baterai dan sumber daya eksternal.
  • ExpressCharge ™ - Mengisi daya baterai dengan cepat menggunakan teknologi pengisian cepat Dell. Disarankan untuk pengguna yang membutuhkan baterai untuk diisi dengan cepat. Jika laptop dimatikan, maka baterai biasanya terisi hingga 80 persen dalam satu jam dan 100 persen dalam dua jam. Waktu pengisian daya mungkin lebih lama jika laptop dinyalakan.
  • Primarily AC Use - Memperpanjang usia baterai dengan menurunkan ambang pengisian daya, sehingga baterai tidak pernah mengisi hingga 100 persen kapasitas. Direkomendasikan untuk pengguna yang terutama mengoperasikan sistem saat dicolokkan ke catu daya eksternal.
  • Adaptive - Secara otomatis mengoptimalkan pengaturan baterai berdasarkan pola khas pengguna. Disarankan untuk pengguna yang ingin praktis dan tidak direpotkan dengan pengaturan bateri di masa mendatang.
  • Custom - Pengguna memilih ketika baterai mulai dan berhenti diisi. Disarankan untuk pengguna tingkat lanjut atau expert.
Previous article Cara Ampuh Maksimalkan Performa Laptop Gaming
Next article 7 Tips Menulis Email Secara Professional