Skip to content
Baterai Laptop

Begini Cara agar Baterai Laptop Awet Saat Perjalanan

Laptop adalah komputer portabel yang menjadi tulang punggung pengguna yang memiliki mobilitas tinggi. Sayangnya, kdang daya tahan baterai laptop yang singkat membuat mobilitas dan pekerjaan pengguna menjadi terganggu. Berikut ini beberapa tips atau cara agar daya tahan baterai laptop lebih awet saat mobile atau dalam perjalanan.

Selalu Matikan Laptop Saat Dimasukkan dalam Tas

Banyak pengguna yang malas mematikan laptop saat mereka melakukan perjalanan. Sebagian memilih menggunakan mode sleep sebelum dimasukkan dalam tas. Alasannya adalah mereka malas jika harus membuka program atau file yang sedang mereka kerjakan dari awal jika laptop dinonaktifkan. Mode sleep memang mengonsumsi daya yang sedikit, tetapi tetap saja mengurangi stamina atau daya tahan baterai laptop tersebut.

Pungguna disarankan untuk mematikan laptop agar tidak mengonsumsi daya baterai ketika di dalam tas atau tidak sedang digunakan. Hal ini dilakukan agar daya tahan baterai bisa maksimal saat digunakan selama perjalanan. Bagi yang malas membuka program atau file dari awal, dapat memanfaakan fitur reopening window atau app saat laptop dinyalakan kembali. Fitur semacam ini sudah terdapat di Mac OS versi terbaru dan juga Windows 11.

Kurangi Jumlah Aplikasi yang Berjalan

Saat bekerja dalam kondisi mobile atau saat perjalanan dan tidak terdapat colokan untuk mengisi daya laptop, maka daya tahan baterai yang panjang akan sangat penting untuk menyelesaikan pekerjaan. Salah satu cara agar daya tahan baterai aet adalah menjalankan aplikasi yang memang dibutuhkan saja.

Ketika menjalankan terlalu banyak aplikasi yang tidak penting, maka mereka akan mengonsumsi resource yang cukup banyak dari RAM dan prosesor. Hal ini membuat konsumsi daya komponen tersebut meningkat, sehingga daya tahan baterai menurun. Solusinya adalah jalankan aplikasi yang penting saja untuk menghemat tenaga.

Hindari Paparan Suhu Ekstrem

Saat bekerja di perjalanan, hindari paparan suhu ekstrem seperti panas yang berlebih atau terlalu dingin agar komponen laptop bekerja dengan optimal. Saat kita bekerja di luar ruangan dan laptop terpapar sinar matahari langsung dalam waktu lama akan menimbulkan panas yang berlebih. Panas ini akan membuat performa laptop dan baterai menurun, sehingga jadi lebih boros. Usahakan bekerja di tempat yang teduh agar laptop bekerja dengan suhu normal.

Kurangi Kecerahan Layar 

Selain prosesor dan GPU, layar menjadi salah satu komponen yang mengonsumsi daya yang paling besar di sebuah laptop. Ketika bekerja di perjalanan, sebaiknya kurangi tingkat kecerahan atau brightness layar laptop sampai batas kenyamanan mata Anda. Hal ini secara signifikan mengurangi konsumsi daya baterai, sehingga lebih awet.

 

Previous article Ini Trik Sederhana Tingkatkan Kecepatan WiFi
Next article Ini Tips Sederhana Agar Lebih Produktif dengan PC dan Laptop Windows