Skip to content
Apa Itu VGA dan Jenisnya Berdasarkan Bentuk?

Apa Itu VGA dan Jenisnya Berdasarkan Bentuk?

(sumber: unsplash)

      Video Graphics Array atau yang dikenal dengan VGA menjadi salah satu komponen penting pada komputer. Tipe standar koneksi perangkat video ini masih dipergunakan hingga saat ini. Untuk tahu lebih lanjut apa itu VGA, simak informasi berikut.

1. Pengertian VGA

      Pengertian VGA adalah standar tampilan komputer analog oleh IBM di tahun 1987. Standar ini sudah diganti dengan yang baru namun tetap diimplementasikan ke Pocket PC. Standar tersebut hingga kini diikuti oleh mayoritas produsen VGA.

Secara umum, istilah VGA juga mengacu pada kabel, port atau konektor untuk menghubungkan kartu grafis dengan monitor. Sambungan yang digunakan untuk VGA memiliki 15 pin berbentuk trapezoid.

     Seiring perkembangannya, VGA lebih dikenal dengan kartu grafis atau komponen yang berkaitan dengan grafis pada komputer/smartphone.

     Istilah VGA ini sendiri pertama kali mengacu pada resolusi layar dengan ukuran 640 x 480 px. Seiring dengan perkembangannya, super VGA saat ini memungkinkan resolusi yang lebih besar, misalnya 1024 x 768 px.

     VGA kerap disebut dengan display card, video card, graphics card, graphic adapter, video adapter, graphics board. Karena memiliki peranan vital pada output gambar dan warna. Ini karena VGA memiliki GPU untuk mengelola serta meningkatkan kinerja grafik dan video.

     Karena hal tersebutlah, jika kamu mencari komputer untuk keperluan desain atau game, perlu kartu grafis berkualitas tinggi. Jika tidak, output grafis tidak akan maksimal.

2. Fungsi dari VGA

     Secara umum, fungsi VGA adalah untuk menghasilkan atau menyajikan output berupa gambar atau grafis ke monitor. Namun, kamu juga perlu tahu fungsi VGA yang lainnya seperti berikut:
    • Melakukan pengaturan di graphics option windows.
    • Menyimpan data dari hardisk.
    • Menerjemahkan output ke monitor.
    • Membuat output gambar berkualitas.
    • Mengubah sinyal digital komputer ke tampilan grafis di layar komputer.
    • Memasok data yang nantinya diproses processor.

      3. Jenis dari VGA berdasarkan Bentuk FIsik

           Jika melihat pada jenis VGA, ada beberapa penggolongan misalnya dari bentuk fisiknya. Jika berdasarkan pada bentuk fisiknya, VGA dibagi menjadi 2 jenis yaitu on board dan add on seperti berikut.
        a). VGA On Board

               VGA jenis ini memiliki chip yang digunakan secara bersamaan dengan mobo atau motherboard. Jenis VGA onboard menggunakan memori komputer atau RAM saat digunakan. Umumnya, jenis dari VGA ini digunakan di komputer dengan spek rendah seperti komputer office.

               Jenis VGA ini dipilih karena harganya yang murah dan perawatan yang mudah. Namun, untuk kamu yang suka bermain game atau mendesain, VGA ini tidak cocok digunakan. Bahkan jika digunakan untuk memutar video dengan resolusi tinggi akan membuat komputer mengalami lagging.

            b). VGA Add On

                   VGA jenis inilah yang disebut juga dengan VGA Card. Berbeda dengan VGA on board, jenis VGA add on memiliki letak atau posisi yang terpisah dari mobo. Karena hal tersebut, kamu perlu menyiapkan socket tambahan untuk menggunakannya.

                   VGA jenis bisa bekerja secara terpisah tanpa mengandalkan RAM. Ini karena VGA add on dilengkapi dengan memori yang terpisah. Karena hal tersebut, VGA Add on cocok untuk komputer gaming atau grafis.

                   VGA jenis ini dapat diupgrade sehingga kamu bisa menyelesaikannya dengan kebutuhan kamu. Namun, semakin tinggi kualitas dan spek dari VGA tersebut, output gambar akan semakin bagus. Bahkan warna output lebih realistis.

                   Sayangnya, VGA add on memiliki harga yang relatif mahal dan tidak semua komputer support. Karena itu, kamu perlu pertimbangan lebih saat memilih VGA add on.

                   Dengan pengertian apa itu VGA dan jenisnya tersebut, semoga informasi ini bisa membantu kamu.

              Artikel sebelumnya Rekomendasi VGA Terbaik Harga Bawah 3 Jutaan
              Artikel berikutnya Pengertian dan Fungsi Casing CPU yang Perlu Diketahui