Skip to content
8 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Laptop

8 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Laptop

Anda membutuhkan laptop untuk bekerja atau kuliah, tetapi bingung menentukan mana yang paling sesuai dengan kebutuhan? Pada kesempatan kali ini penulis akan memberikan referensi mengenai 8 hal yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan untuk memilih laptop agar sesuai dengan kebutuhan.

Pilih Sistem Operasi

Saat ini ada tiga sistem operasi yang digunakan oleh laptop masa kini, yakni Windows, Mac OS dan Chrome OS. Windows menawarkan fitur yang lengkap untuk mendukung produktivitas. Sistem operasi ini paling umum digunakan dan cocok untuk segala macam kebutuhan, seperti belajar, bekerja, kreator konten, hingga gaming.

Sedangkan Mac OS adalah sistem operasi besutan Apple yang menawarkan fitur dan fungsionalitas yang hampir sama dengan Windows, tetapi hadir dengan tampilan antarmuka yang jauh berbeda. Sayangnya, Mac OS tidak dirancang untuk perangkat touchscreen.

Sedangkan Chrome OS adalah sistem operasi ringan berbasis cloud yang cocok untuk menagani komputasi dasar. Sistem operasi ini cocok untuk Anda yang berencana menggunakan aplikasi Android dan intensif menggunakan internet.

Pertimbangkan Laptop Hybrid

Jika Anda membutuhkan laptop yang cocok untuk berbagai pola penggunaan yang fleksibel, dapat mempertimbangkan laptop 2 in 1 atau laptop hybrid. Laptop jenis ini dapat digunakan seperti laptop konvensional, tablet, mode presentasi, dan juga tent.

Tentukan Ukuran Layar

Hal yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah ukuran layar. Laptop dengan layar 11 – 12 inci memang menawarkan portabilitas tinggi, tetapi kurang nyaman untuk penggunaan waktu lama dan spesifikasinya terbatas. Opsi kedua adalah layar 13 – 14 inci yang menawarkan keseimbangkan antara portabilitas dan kenyamanan bekerja.

Penulis sendiri lebih menyukai laptop dengan ukuran layar 15 – 16 inci karena lebih nyaman digunakan dalam waktu lama dan biasanya menawarkan opsi upgrade yang lengkap. Sedangkan terakhir adalah layar ukuran 17 – 18 inci yang cocok untuk desktop replacement dan tidak cocok untuk menunjang mobilitas.

Keyboard dan Touchpad

Usahakan memilih laptop dengan keyboard dan touchpad yang nyaman. Hal ini terlihat sepele, tetapi sebenarnya sangat penting dan berpengaruh pada produktivitas. Semakin nyaman keyboard dan touchpad, maka berpotensi meningkatkan performa bekerja.

Tentukan Spesifikasi

Bagian paling sulit dalam memilih laptop adalah menentukan spesifikasi yang cocok untuk kebutuhan kita. Untuk komputasi sehari-hari, laptop dengan prosesor Intel Core i3 atau Ryzen 3 generasi terbaru sudah lebih dari cukup. Sedangkan bagi yang membutuhkan performa lebih kencang, dapat memilih prosesor Intel Core i5 atau Ryzen 5.

Sedangkan kreator konten atau gamer, dapat memilih prosesor Core i7, Core i9, Ryzen 7 atau Ryzen 9 dengan grafis diskrit. Sedangkan untuk RAM, saat ini minimal adalah 8GB sudah nyaman untuk komputasi sehari-hari. Tentunya, lebih besar akan lebih baik.

Daya Tahan Baterai

Anda yang sering bekerja di luar ruangan atau memiliki mobilitas tinggi, dapat mempertimbangkan laptop dengan daya tahan baterai minimal 6 jam atau idealnya 8+ jam. Hal ini cukup penting agar Anda tidak terlalu bergantung dengan charger atau sumber daya.

Tentukan Budget

Setelah mempertimbangkan faktor-faktor di atas, langkah berikutnya adalah menentukan budget atau dana. Tentunya semakin tinggi performanya dan semakin lengkap fiturnya, maka akan semakin mahal harganya.

Menentukan Merk

Pilihlah merk yang dikenal memiliki layanan after sales yang bagus. Ini sangat penting karena ketika produk mengalami masalah dan tidak mendapatkan dukungan after sales yang baik, akan memengaruhi produktivitas pengguna. Layanan after sales yang baik dan bertanggung jawab akan membuat hati tenang dan sepadan dengan biaya yang dikeluarkan.
Previous article Mengenal Spesifikasi Layar Laptop, Mana yang Terbaik?
Next article Ini Tips dan Trik Terbaik Windows 11 untuk Tingkatkan Produktivitas