Skip to content
8 Cara Cek RAM Laptop yang Bisa Kamu Coba

8 Cara Cek RAM Laptop yang Bisa Kamu Coba

8 Cara Cek RAM Laptop yang Bisa Kamu Coba

Deskripsi: Tak perlu bingung, berikut ini cara cek RAM laptop yang bisa kamu coba

(Credit: pixabay. ©️ 2020 |Yolori.com)

      Sebelum mengganti RAM biasanya kamu harus tahu lebih dahulu berapa RAM yang sudah tertanam dan apakah bisa diupgrade atau tidak. Jika salah, akan mempengaruhi performanya. Berikut ini merupakan cara cek RAM laptop yang bisa kamu lakukan sebelum menambah RAM.

A.   Sticker

      Cara paling mudah untuk mengecek adalah dengan melihat stiker yang ada di laptop. Masing-masing laptop biasanya ada diberi stiker yang diletakkan di casing. Pada stiker tersebut terdapat informasi misalnya processor OS yang digunakan dan RAM laptop. Namun, kamu harus tahu bahwa tidak semua laptop dilengkapi dengan stiker ini. Jika pun ada tidak selalu ada informasi terkait RAM laptop. Jadi, kamu bisa coba cara kedua.

B.  Dxdiag

      DirectX Diagnostic atau dxdiag adalah cara terpopuler cek RAM laptop yang bisa dilakukan. Dengan cara ini, kamu tidak perlu lagi bongkar laptop.

Untuk mengecek, kamu bisa lakukan cara berikut:

  • Tekan saja windows+R pada keyboard.
  • Di kolom open pada jendela RUN, ketikkan ‘dxdiag’. Klik OK.
  • Nantinya kamu akan menjumpai windows DirectX Diagnostic Tool. Di bagian menu system, cek bagian memory yang menunjukkan RAM yang ada di laptop kamu.

C.   Windows Setting

      Cara ketiga adalah dengan menggunakan Windows setting. Cara cek RAM lewat Windows Setting ini menggunakan control panel. Untuk mengeceknya, buka lebih dahulu control panel di laptop. Kemudian pilih system and security > system. Jika terlalu ribet, kamu bisa tekan saja windows+pause break di keyboard. Bisa juga dengan klik kanan pada computer di windows explorer lalu pilih properties. Kemudian. kamu akan masuk ke windows system pada laptop. Di windows tersebut, kamu bisa mengetahui spesifikasi laptop termasuk RAM.

D.   Lewat SPeccy

      Kamu juga bisa cek RAM lewat aplikasi dengan menggunakan SPeccy. Aplikasi ini dapat kamu pergunakan untuk cek komponen baik hardware maupun software di komputer. Untuk mengeceknya, maka kamu harus mengunduh Speccy terlebih dahulu kemudian install di laptop. Setelah itu double click untuk membuka SPeccy. Nantinya kamu akan langsung melihat berapa RAM yang terpasang di laptop yang dipergunakan.

E.   CMD

      Kamu juga bisa menggunakan command prompt atau CMD untuk cek RAM komputer. Caranya adalah:

  • Masuk ke aplikasi command prompt dengan search di kolom pencarian. Bisa juga dengan tekan windows+R di keyboard lalu ketikkan ‘cmd’ kemudian enter.
  • Setelah itu, ketikkan ‘systeminfo’ dan tunggu hingga prosesnya selesai.
  • Nantinya kamu akan mendapatkan informasi lengkap terkait dengan sistem yang digunakan. Lalu cari ‘Total physical memory’ untuk total kapasitas yang ada di laptop kamu. Sedangkan ‘available physical memory’ adalah RAM yang masih bisa digunakan.

Sebagai catatan, satuan yang digunakan di sini adalah MB. Jadi, kalau kamu diperlukan, kamu bisa mengkonversi sendiri ke satuan GB ya.

F.   Kardus Kemasan

      Cara ini bisa kamu lakukan jika kamu masih punya kardus laptopnya. Namun, yang tertulis di kardus bisa saja tidak sama dengan yang kamu gunakan. Ini karena selama pemakaian, bisa saja kamu mengganti RAM dan sudah di upgrade.

G.   BIOS

      Jika kamu mengerti cara penggunaan BIOS, kamu bisa cek RAM laptop lewat BIOS. Untuk mengakses bios, tergantung dari jenis BIOS yang digunakan. Misalnya untuk AMI BIOS, kamu bisa menekan Del. Sedangkan jika menggunakan InsydeH 2, untuk mengakses BIOS, kamu perlu menekan tombol F2. Setelah masuk BIOS, kamu akan tahu mengenai informasi sistem laptop dengan akurat.

H.   Bongkar Laptop

      Cara terakhir adalah dengan membongkar laptop. Namun, lakukan cara ini jika kamu paham cara bongkar pasangnya ya. Setelah itu, cek RAM karena biasanya ada jenis, kapasitas hingga merek tertera di memory tersebut.

      Sekian pembahasan singkat mengenai cara cek RAM laptop yang bisa dilakukan. Semoga informasi tersebut membantu kamu ya.

Previous article 5 Cara Melihat Penggunaan RAM Di PC
Next article Cara Menambah RAM Laptop secara Manual dan Virtual