Skip to content
6 Kerusakan Komponen Penyebab Laptop Mati Total

6 Kerusakan Komponen Penyebab Laptop Mati Total

Credit : Pixabay. © 2020 |Yolori.com

 

6 Kerusakan Komponen Penyebab Laptop Mati Total

       Deskripsi: Penggunaan yang salah ataupun sudah digunakan terlalu lama bisa menjadi penyebab laptop mati total karena menimbulkan kerusakan di 6 komponen ini

       Laptop saat ini sering dipergunakan untuk berbagai macam keperluan. Mulai dari mengetik, melakukan rekapitulasi, bermain game hingga mengedit foto atau video. Namun, penggunaan yang kurang tepat dapat menjadi salah satu faktor  penyebab laptop mati total.

Kok bisa???

       Karena penggunaan yang tidak tepat, dapat menyebabkan komponen laptop bermasalah. Beberapa masalah komponen yang menjadi penyebab komputer mati total adalah sebagai berikut.

1.    Baterai

       Baterai menjadi sumber listrik untuk laptop. Jika laptop kehabisan daya ataupun terjadi masalah di bagian baterai, akan menyebabkan laptop tidak bisa menyala. Untuk mengecek apakah ada yang salah dengan baterai, lakukan cara berikut:

  • Cobalah isi daya baterai hingga penuh sebelum menghidupkannya. Setelah itu, coba nyalakan laptop kamu.
  • Jika masih tidak bisa menyala, coba lepaskan baterai laptop jika memungkinkan.Ini karena laptop saat ini sudah menggunakan baterai tanam sehingga tidak bisa dilepas.
  • Jika bisa dilepas, sambungkan laptop dengan listrik dengan charger. Jika menyala, berarti yang bermasalah ada di bagian baterai ataupun di konektor baterai laptop.Jadi, kamu hanya perlu membeli baterai baru untuk laptop kamu.
    2.    Power Supply

           Ini karena socket yang rusak dapat menjadi penyebab listrik tidak mampu untuk mengalir ke komponen komputer. Akibatnya, baterai tidak terisi sehingga laptop tidak mau menyala. Jika socket longgar, kamu bisa melepas dan kemudian memasang kembali. Jika socket tidak masalah, maka bisa jadi yang bermasalah ada di komponen powernya..

           Kerusakan komponen power disebabkan karena lonjakan tegangan listrik yang kerap terjadi. Misalnya listrik yang tidak stabil. Untuk itu, kamu pernu periksa tombol on-off power. Setelah itu, periksa IC powernya dan cara berikut:

    • Lepaskan charger dan tekan power untuk mematikan laptop selama 30 detik.
    • Setelah daya habis, pasang charger laptop kembali dan hidupkan.
    • Jika tetap tidak bisa hidup, cek bagian RAM.
      3.    RAM

             Untuk mengatasinya, lepaskan RAM laptop dan kemudian bersihkan pin menggunakan penghapus pensil. Kemudian pasang kembali di soket yang berbeda jika laptop kamu punya 2 socket ya. Pastikan jika RAM tersebut terpasang sempurna. Jika tetap tidak menyala, maka kemungkinan besar RAM kamu rusak.

        4.    Adaptor

               Untuk lebih yakinnya, cek sambungan kabel adaptor. Bisa jadi kabel power laptop bermasalah karena putus sambungan yang disebabkan penggunaan adaptor yang tidak hati-hati. Untuk cek kondisi adaptor, kamu cukup gunakan adaptor lain yang sesuai dengan laptop kamu. Jika adaptor dan kabel berjalan normal, maka laptop mati dapat disebabkan oleh kerusakan komponen power.

          5.    Processor

                 Untuk mengatasinya, kamu perlu membersihkan debu dan buka processor. Jika pasta processor atau iso thermal rusak atau tidak layak, bersihkan dan ganti dengan yang baru. Kemudian pasang kembali dengan hati-hati agar jarum pin processor tidak berubah bentuk/terpotong.

            6.    Motherboard

                   Itulah beberapa penyebab laptop mati total yang perlu kamu tahu. Selalu cek dan jaga kebersihan laptop agar tidak rusak. Jika terjadi kerusakan dan kamu bingung mengatasinya, ada baiknya langsung membawa ke service center terpercaya ya.

            Previous article 6 Rekomendasi Laptop RAM 8GB Asus Murah 2020
            Next article Rekomendasi VGA Terbaik Harga Bawah 3 Jutaan