Skip to content
Alienware M15 R5

5 Tips Memilih Laptop Terbaik untuk Gamer

Ada banyak laptop gaming yang beredar di pasar saat ini. Masing-masing merk atau tipe menawarkan fitur atau keunggulan masing-masing. Memilih salah satu dari banyak laptop gaming yang beredar bukanlah perkara mudah karena masing-masing gamer memiliki selera dan judul game yang sering dimainkan yang berbeda-beda. Berikut ini 5 tips memilih laptop gaming terbaik untuk gamer agar tidak menyesal dikemudian hari.

Pertimbangkan Performanya

Jika berbicara tentang laptop gaming, maka performa menjadi hal pertama yang menjadi perhatian. Memang dibutuhkan laptop dengan performa prosesor dan GPU yang mumpuni untuk memainkan game terbaru dengan setting grafis maksimal. Sebuah laptop gaming dengan prosesor generasi baru dari Intel Core 11th Gen Tiger Lake atau AMD Ryzen 5000 series menawarkan kinerja prosesor yang lebih tinggi dari pendahulunya, sehingga layak dipertimbangkan.

Laptop gaming sendiri tak hanya mengandalkan prosesor yag kuat, tetapi juga GPU yang andal untuk memainkan game dengan setting grafis yang diharapkan. Setidaknya dibutuhkan laptop dengan GPU Nvidia GeForce RTX 3060 untuk dapat memainkan hampir semua game dengan setting grafis memadai di resolusi Full HD 1080p. Jika budget terbatas, maka laptop dengan GPU GeForce RTX 3050 Ti masih cukup layak dipertimbangkan.

Bagi gamer serius yang menginginkan pengalaman visual dan grafis maksimal, serta resolusi layar yang lebih tinggi maka membutuhkan performa GPU yang lebih kuat. Jika budget tersedia, pilih laptop dengan GPU GeForce RTX 3070 atau AMD Radeon RX 6800M sudah cukup kuat untuk memainkan game terkini.

Perhatikan Kualitas Layarnya

Selain performa, tampilan visual juga tak kalah penting dalam memainkan game. Percuma kita memainkan game dengan setting grafis maksimal, tetapi ditampilkan di layar dengan kualitas panel yang buruk dan refresh rate rendah. Setidaknya dibutuhkan layar dengan refresh rate 144Hz agar animasi game bebas dari gangguan seperti screen tearing dan screen stuttering.

Bagi yang menyukai warna yang lebih nyata atau sering berkutat dengan desain grafis, tak ada salahnya untuk memilih laptop dengan kualifikasi layar minimal 100% sRGB color gamut. Sedangkan untuk ukuran, layar 15,6 inci menurut penulis paling ideal karena membawa keseimbangan antara ukuran layar dengan portabilitas. Bagi yang mengutamakan portabilitas, maka layar 14 inci juga layak dipertimbangkan.

Perhatikan Kemampuan Upgrade-nya

Spesifikasi default atau dasar dari sebuah laptop gaming kadang kurang memuaskan. Solusinya adalah memaksimalkan potensinya dengan menambah RAM dan mengaktifkan konfigurasi dual-channel dan mengganti SSD dengan yang lebih kencang agar performa secara umum lebih responsif.

Oleh sebab di atas, gamer perlu memperhatikan kemampuan atau potensi upgrade dari laptop gaming yang akan dibelinya. Jika akan melakukan upgrade di masa mendatang, pilih laptop gaming yang menyediakan dua buah slot SODIMM, slot M.2, dan juga slot SATA 2,5 inci guna mengakomodasi upgrade.

Pertimbangkan Fitur Lainnya

Hal yang juga tak kalah penting untuk dipertimbangkan adalah fitur yang diusung oleh laptop gaming tersebut. Pilih laptop gaming yang memang dibekali fitur yang dibutuhkan seperti Thunderbolt 4, sistem pendingin andal, keyboard mechanical, NumPad, dan sebagainya. Memilih laptop dengan fitur yang tak dibutuhkan dengan harga yang lebih mahal adalah pemborosan, sehingga perlu diperhatikan fitur apa saja yang memang selalu digunakan agar tidak mubazir.

Sesuaikan Budget

Terakhir, hal yang tak kalah penting adalah menyesuaikan budget dengan kebutuhan. Jika memang hanya memainkan game-game lawas atau game yang tidak membutuhkan performa besar, dapat memilih laptop gaming entry-level. Namun jika Anda adalah seorang gamer serius, dapat memilih laptop gaming dengan spesifikasi kencang sesuai dengan budget yag dimiliki.
Previous article Ini 3 Hal yang Perlu Diperhatikan Bagi Desainer Grafis untuk Memilih Laptop Terbaik
Next article Tips Memilih Laptop yang Cocok untuk Belajar Online Anak