Skip to content
5 Jenis Type USB Port yang Paling Sering Digunakan

5 Jenis Type USB Port yang Paling Sering Digunakan

usb port

Pinterest.com/Satechi

Berdasarkan sejarah perkembangan usb, kabel tersebut pertama kali muncul di tahun 1995-1996. Type usb port yang diciptakan kala itu bernama USB 1.0. Awalnya kabel usb tersebut hanya difungsikan sebagai penyambung antara smartphone dan PC (Personal Computer).

Namun seiring berjalannya waktu, penggunaan teknologi usb tersebut sudah berkembang cukup pesat. Kini kabel usb mampu menghubungkan pc atau smartphone dengan berbagai perangkat keras lainnya. Seperti mouse, speaker, printer, mp3 player dan lain sebagainya.

Tipe-tipe Port USB yang Biasa Digunakan Sehari-hari

Kamu pasti tahu, beberapa merk hp memiliki kabel usb yang berbeda-beda. Misalnya untuk hp Samsung dan juga Iphone. Keduanya jelas memiliki jenis kabel usb yang berbeda.

Nah, biar nggak ketinggalan informasi tentang perkembangan tekhnologi, berikut 5 jenis port usb yang paling sering dipakai sehari-hari. Kamu harus tahu perbedaannya ya!

  • Port USB Type A

Usb type a merupakan port usb paling umum yang sering dipakai sehari-hari. Kamu bisa menemukan type usb ini hampir di semua laptop, desktop dan segala periferalnya.

Bahkan pada perangkat mobile, mereka masih menggunakan cable type a ini untuk metode koneksinya. Walau mungkin tidak semua, karena sebagian sudah bermutasi ke tipe usb yang lain.

Dengan kecepatan transfer data 10Gbit/detik, kabel usb ini mengalami perkembangan yang cukup pesat pada beberapa tahun terakhir. Dimana para ahli tekhnologi mulai menempatkan port usb A, di banyak perangkat elektronik.

Seperti misalnya pada Televisi, DVD, Nintendo Wii, Blu-ray Player, Xbox, hingga konsol game play station. Yang mana lubang berbentuk persegi panjang tersebut berfungsi sebagai sambungan controller atau gamepad.

  • USB Type B

Berbeda dengan usb A, port cable type B ini mungkin terlihat sedikit asing bagi kamu generasi milenial. Walau masih cukup sering dipakai, namun keberadaan usb B ini bisa dikatakan mulai langka.

Sekitar tahun 2010, kabel usb ini sering dipakai untuk menghubungkan scanner dan printer ke Komputer. Namun kini, eksistensi port usb yang berbentuk persegi ini sudah semakin menurun.

Para ahli tekhnologi mulai menggantikan usb type b mini ini dengan port usb yang lebih efisien dari segi fungsional. Meski begitu, jenis usb B ini tetap menjadi usb yang paling sering dipakai pada masanya.

  • USB Type C

Nah, khusus untuk cable type C ini hanya bisa ditemui pada perangkat tekhnologi tertentu saja. Hal ini dikarenakan kabel usb ini memiliki beberapa kelebihan yang tidak dimiliki kedua port usb sebelumnya.

Diantaranya :

  • Bisa dipakai bolak-balik karena tidak ada perbedaan pada lapisan atas dan bawah. Sementara kabel usb lain memiliki perbedaan bentuk atas dan bawah. Sehingga pada saat ditancapkan, posisi port usb harus benar.
  • Memiliki desain lebih ramping
  • Mampu mentransffer data lebih cepat
  • Memiliki kemampuan fungsional lebih banyak dari usb lain, yakni bisa berfungsi sebagai charger, input/output data, dan menjadi penghubung display ke monitor.
  • USB OTG

    Merupakan kabel usb yang kian marak akhir-akhir ini. Usb otg ini mampu menghubungkan hp dengan flashdisk tanpa harus melibatkan pc/laptop.

    Kamu bisa melakukan transfer data, mengubah data ataupun sekadar membaca data yang ada di flashdisk langsung dari smartphone.

    • Micro USB

      Terakhir ada mikro usb. Kabel usb cukup mudah ditemukan. Bentuknya yang pipih dan lebar, membuat perangkat ini mampu menghubungkan hp dengan beberapa perangkat elektronik lainnya. Seperti misalnya mengisi daya baterai dan melakukan transfer data dari smartphone ke kamera digital.

      Setidaknya ini adalah daftar type usb port yang perlu kamu tahu. Jika suruh memilih, mana kabel usb yang menurutmu paling fungsional?

      Previous article Ini Tips Ampuh Memilih Monitor ala Dell
      Next article 5 Hal yang Bisa Memicu CPU Mati Sendiri Dan Cara Mengatasi