Skip to content
5 Hal yang Perlu Dilakukan Agar Laptop Tidak Mudah Rusak

5 Hal yang Perlu Dilakukan Agar Laptop Tidak Mudah Rusak

Laptop adalah salah satu perangkat atau gadget yang cukup penting untuk bekerja, belajar online, dan kebutuhan komputasi lainnya. Sama seperti peralatan elektronik lainnya, laptop juga membutuhkan perawatan dan perlakuan yang baik agar awet, serta tidak mudah rusak. Kerusakan laptop tak hanya menimbulkan kerugian material saja, tetapi juga ancaman kehilangan data yang tersimpan di dalamnya.

Jika laptop Anda sering bermasalah, bisa jadi disebabkan karena cara penggunaan yang salah atau tidak dirawat dengan baik. Sebuah laptop adalah investasi yang harus dirawat dengan baik agar tetap memberikan performa yang optimal, sehingga bekerja dan hiburan dapat berjalan lancar. Berikut ini hal yang perlu dilakukan agar laptop awet dan tidak cepat rusak.

Tidak Perlu Menunggu Baterai Benar-Benar Habis untuk di Charge

Beberapa pengguna terlalu asyik mengoperasikan laptop untuk bekerja atau mungkin menikmati konten multimedia hingga lupa mengisi daya baterai. Ketika baterai benar-benar habis, maka laptop akan langsung mati dan perlu di-charge. Kebiasaan membiarkan laptop kehabisan daya ternyata dapat mengurangi umur baterai laptop.

Bahkan beberapa kasus, baterai laptop yang sering dibiarkan kehabisan daya mengalami kekeriangan pada cell-nya, sehingga baterai rusak dan tidak mau di charge. Baterai akan lebih awet jika di-charge sebelum benar-benar kehabisan daya. Selain itu, laptop juga harus rutin di charge meski jarang digunakan agar baterai tetap awet dan bekerja sebagaimana mestinya.

Tidak Menggunakan Laptop di Atas Kasur

Salah satu kebiasaan yang membuat laptop cepat rusak adalah menggunakannya di atas kasur. Sebagian besar laptop yang beredar saat ini memanfaatkan bagian bawah laptop untuk lubang intake untuk menyedot udara menggunakan kipas guna mendinginkan komponen dan membuagnya melalui lubang exhaust yang biasanya terdapat pada sisi samping atau belakang.

Produsen laptop juga menyediakan kaki-kaki karet pada bagian bawah laptop agar lubang intake tidak tertutup ketika digunakan di permukaan rata seperti meja. Namun, lubang intake ini akan tertutup ketika digunakan pada bidang yang empuk seperti sofa atau kasur.

Kebiasaan ini membuat sirkulasi udara untuk pendinginan laptop terganggu dan menyebabkan beberapa komponen seperti GPU dan CPU mengalami overheat. Performa laptop akan mengalami throttling atau penurunan signifikan untuk mencegah terjadinya overheat. Selain itu, umur komponen juga akan lebih pendek jika sering terjadi overheat atau panas berlebih.

Jauhkan Laptop dari Makanan atau Minuman

Salah satu hal yang perlu Anda lakukan agar bekerja dengan aman dan tetap fokus adalah jauhkan makanan dan minuman dari laptop. Kadang saat kita sedang fokus bekerja atau sedang asyik menikmati streaming video, secara tidak sengaja menyenggol kelas minuman atau menumpahkan makanan berkuah ke laptop. Hal ini dapat menimbulkan kerusakan permanen pada laptop akibat korsleting dan korosi pada komponen yang disebabkan oleh tumpahan cairan.

Beberapa laptop terutama laptop kelas atas dan bisnis memang dibekali dengan fitur spill resistant atau tahan tumpahan air. Meski demikian, kadang keyboard laptop tetap bermasalah meski sudah dilengkapi perlindungan tersebut karena kerak yang ditinggalkan oleh minuman yang tumpah.

Jangan Tinggalkan Laptop di Mobil

Meninggalkan laptop di mobil adalah salah satu kebiasaan buruk yang berpotensi membuat laptop cepat rusak. Saat mobil terparkir dalam waktu lama di luar ruangan, maka suhu kabin akan sangat panas dan ini membuat komponen laptop cepat rusak. Selain itu, meninggalkan laptop di dalam mobil juga meningkatkan risiko pencurian.

Bersihkan Laptop Secara Rutin

Salah satu hal yang perlu dilakukan agar laptop tetap awet adalah dibersihkan decara rutin pada beberapa komponennya, seperti keyboard, port I/O, lubang ventilasi, dan bodinya. LCD laptop dapat dibersihkan dengan memanfaatkan LCD cleaning kit dan mengusapkan satu arah agar tetap cernih dan bebas goresan. Sedangkan untuk bagian port I/O, keyboard, dan lubang ventilasi dapat dibersihkan dari debu dengan menggunakan kuas kecil dan sesekali dilap dengan kain lembut.

Laptop yang bersih dari debu dan kotoran dapat memberikan kinerja optimal karena sirkulasi udara yang lancar. Selain itu, juga menambah kenyamanan saat bekerja dalam waktu lama.
Previous article 6 Cara Mudah Bikin Screenshot di Windows 10 dan Windows 11
Next article Laptop Terkena Air, Segera Lakukan Langkah Berikut