Skip to content
Windows 10 home vs Pro, Yang Mana Jadi Pilihanmu?

Windows 10 home vs Pro, Yang Mana Jadi Pilihanmu?

Bingung mau memilih Windows 10 Home atau Windows 10 Pro? Ketahui perbedaan Windows 10 Home vs Pro dari menyimak ulasan berikut.

Windows 10 yang dikembangkan oleh perusahaan besar seperti Microsoft mengeluarkan dua versi utama yakni Windows 10 Home dan Pro. Keunggulan berbagai fitur dari Windows 10 Home vs Pro tersebut kemudian banyak dibahas di kalangan pengguna setia Windows.

Hal ini tidak mengherankan karena banyaknya peminat dari kedua versi Windows tersebut. Bingung mau memilih yang mana?

Yuk, cari tahu apa saja perbedaannya pada ulasan berikut.

Perbedaan Peruntukan dari Kedua Versi

Pembuatan versi Windows 10 Home, dari namanya saja sudah dapat diterka bahwa peruntukannya untuk membantu pekerjaan sehari-hari. Jadi program Windows 10 Home diantaranya ada Outlook, Windows Hello, Microsoft Edge.

Selain itu, terdapat pula program OneNote, Mobile Device Management, dan lain sebagainya. Program tersebut umum digunakan untuk pekerjaan PC harian. Oleh karena program dan fitur Windows 10 Home tidak sebanyak versi Pro, sistem operasi versi Home lebih mudah dijalankan dan lebih ringan.

Untuk versi Windows 10 Pro pada dasarnya memiliki program dan fitur bawaan yang sama dengan versi Home. Hanya saja, pada Windows 10 Pro, terdapat tambahan fitur-fitur pada sistem kompatibilitas dan sistem keamanan.

Diantaranya ada program Remote Desktop, BitLocker, Fall Creators Update, dan masih banyak lagi lainnya. Kapasitas RAM yang mencapai 2 TB mendukung pekerjaan terkait keperluan bisnis, kantor, hingga keperluan pendidikan.

Update Windows 10 Home vs Pro

Mungkin sebagian dari pengguna Windows tidak begitu mementingkan keberadaan update setting. Apakah kamu juga termasuk salah satunya? Padahal update Windows penting untuk dilakukan.

Hal ini bertujuan untuk meningkatkan performa atau kinerja sistem Windows. Selain itu, Windows update bisa meningkatkan perlindungan terhadap sistem, memperbaiki adanya bug atau celah pada versi yang lama.

Untuk Windows 10 Home, fitur untuk penundaan update tidak tersedia. Jadi, Automatic Update pada Windows 10 Home tidak dapat dinonaktifkan.

Berbeda halnya dengan Windows 10 Pro dimana terdapat fitur Windows Update for Business yang akan memberi pemberitahuan update otomatis. Bagusnya lagi, pada menu setting pengguna bisa menunda update hingga 35 hari ke depan dan maksimal hingga 8 bulan.

Program dan Fitur Keamanan Windows 10 Home vs Pro

Windows 10 Pro yang diperuntukkan bagi pekerja kantoran maupun pebisnis tentunya memerlukan sistem keamanan ekstra pada semua data yang ada dalam PC.

Untuk itu, Windows 10 versi Pro banyak dilengkapi fitur keamanan tambahan yang tidak ditemukan pada Windows 10 Home. Fitur keamanan Windows 10 Pro diantaranya:

  1. BitLocker

Sebuah tool yang digunakan untuk mengunci data pada drive sehingga data kamu akan sulit diakses dan dilihat oleh orang lain. Tool ini penting untuk membantu kamu mengamankan data-data perusahaan atau data-data klien.

  1. Device Guard dan Secure Boot

Program unggulan Windows 10 Pro ini mampu melindungi perangkat dari tindakan pembajakan oleh malware atau software berbahaya lainnya.

  1. Azure Active Directory

Fitur tambahan untuk Windows 10 Pro yang memberikan setting manajemen yang memungkinkan pengguna untuk mengelola kebijakan akses aplikasi ataupun program pada perangkat PC.

Fitur Kompatibilitas Windows 10 Home vs Pro

Pada Windows 10 Pro terdapat fitur tambahan yang tidak dimiliki versi Home yang digunakan untuk keperluan bisnis atau kantoran. Salah satunya yaitu Remote Desktop yang memungkinkan untuk mengendalikan komputer dari jarak jauh yang berguna saat melakukan presentasi.

Ada juga Group Policy yang memungkinkan pengguna melakukan pengaturan pada beberapa komputer secara bersamaan.

Sekarang kamu sudah tahu perbedaan Windows 10 Home vs Pro, kamu tinggal memilih jenis Windows yang paling sesuai dengan kebutuhanmu dan juga cocok dengan kapasitas PC kamu. Selamat mencoba, Ya!

Artikel sebelumnya Kenali 5 Jenis Processor PC yang Pernah Diproduksi