Skip to content
Udoo X86 II, Alternatif Raspberry Pi yang Kompatibel dengan Windows 10 & Arduino

Udoo X86 II, Alternatif Raspberry Pi yang Kompatibel dengan Windows 10 & Arduino

Udoo X86 II

Single Board Computer (SBC) kian menggeliat semenjak kemunculan Raspberry Pi. Seiring berjalannya waktu, banyak bermunculan produk SBC yang menjadi alternaif dari Raspberry Pi dengan berbagai kelebihan yang ditawarkan. Salah satu yang menarik perhatian penulis adalah Udoo X86 II. Keunggulan komputer mini Udoo X86 II ini kompatibel dengan Windows 10 dan Arduino.

Sesuai namanya, Udoo X86 II ini mengguakan arsitektur x86, sehingga kompatibel dengan sistem operasi Windows 10 besutan Microsoft. Hal ini sangat berbeda jika dibandingkan dengan Raspberry Pi yang menggunakan prosesor berbasis ARM yang harus menggunakan sistem operasi lain yang kompatibel.

Udoo X86 II tersedia dalam dua varian, yakni Udoo X86 II Advanced Plus yang ditenagai oleh Intel Celeron N3160 generasi Braswell yang mengusung quad-core yang berlari dengan kecepatan standar 1,6GHz dengan fitur TurboBoost hingga 2,24GHz, serta ditandemkan dengan RAM 4GB.

Sedangkan SBC Udoo X86 II varian Ultra ditenagai oleh prosesor yang lebih kencang, yakni Intel Pentium N3710 quad-core generasi Braswell yang berlari dengan kecepatan 1,1GHz dan TurboBoost mencapai 2,56GHz, serta ditandemkan dengan RAM berkapasitas 8GB.

Semua varian komputer mini Udoo X86 II ini dilengkapi dengan media penyimpanan berupa eMMC berkapasitas 32GB. Tak hanya itu, Udoo X86 II disediakan slot M.2 yang memungkinkan pengguna menambahakn media penyimpanan lagi atau perangkat lain seperti modul WiFi. Konektivitasnya cukup lengkap dengan dukungan port HDMI, MiniDP, dan port USB.

Udoo X86 II yang berukran 120 x 85mm ini dilengkapi engan ATmega32U4 MCU, sehingga membuatnya kompatibel dengan platform Arduino. SBC pesaing Raspberry Pi ini juga dilengkapi 20 GPIO pins untuk I2C dan UART. Selain Windows 10, Udoo X86 II ini juga kompatibel dengan sistem operasi Android, Linux, dan Windows 7.

Udoo mengklaim SBC besutannya cocok untuk mengembangkan platform digital signage, 3D scanning, gaming, platform pengembangan, instalasi interaktif, smart home gateway, dan juga keperluan pendidikan IT.

Seperti yang dilansir dari NotebookCheck (25/05/2020), Udoo X86 II Advanced Plus dijual dengan harga $196 atau sekitar Rp 2,8 juta. Sedangkan Udoo X86 II varian Ultra dijual dengan harga $323 atau sekitar Rp 4,7 juta.

Previous article Creative Perkenalkan Sound BlasterX AE-5 Plus Pure Edition dengan Efek RGB
Next article Samsung Galaxy Book S, Laptop Pertama yang Ditenagai Intel Lakefield