Skip to content
Samsung Chromebook 4

Samsung Chromebook 4, Laptop Murah untuk Anak Sekolah

Nama Chromebook kian melambung setelah proyek laptop merah putih menggema. Samsung Electronic Indonesia (SEIN) tampaknya tak mau kehilangan momen dengan menghadirkan Samsung Chromebook 4 yang merupakan laptop terjangkau untuk belajar anak. Laptop ini dirancang dengan build quality tangguh berstandar militer dan dijual dengan harga Rp 4 jutaan saja.

“Dengan keadaan siswa dan guru yang terbagi di sekolah dan rumah, dunia pendidikan membutuhkan perangkat teknologi yang mudah digunakan di berbagai tempat dan mendukung kolaborasi belajar. Samsung Chromebook 4 menyajikan pengalaman Chrome OS yang sederhana, cepat, dan seamless, mengoptimalkan teknologi cloud untuk mendukung sistem belajar mengajar yang inovatif dan kolaboratif."

“Tanpa terikat di balik meja kelas, Samsung Chromebook 4 membantu keseharian siswa yang multitasking, berpindah dengan mudah antara video call dengan guru, kerja kelompok dengan teman sekelas, mencari inspirasi tugas di Youtube, menyusun karangan, dan banyak lagi,” kata Lukman Basuki, IT & Mobile B2B Business Senior Manager, Samsung Electronics Indonesia.

Keunggulan utama Samsung Chromebook 4 adalah menggunakan Chrome OS buatan Google sebagai sistem operasinya. Chrome OS amenawarkan kemudahan dan keserderhanaan pada sisi antarmuka, sehingga membantu andak untuk fokus dalam belajar.

Chrome OS memiliki sejumlah aplikasi dan layanan khusus edukasi yang banyak digunakan, seperti Google Classroom. Bahkan Chrome OS generasi baru sudah dilengkapi toko aplikasi Google Play Store, sehingga memungkinkan pengguna untuk menginstal beberapa aplikasi Android guna mendukung produktivitas dan kegiatan belajar online.

Samsung membekali Chromebook 4 ini dengan dukungan layar berukuran standar di kelasnya, yakni 11,6 inci jenis TN (Twisted Newmatic) LCD dengan backlight resolusi HD 1366 x 768 piksel yang mampu menghasilkan warna yang baik dengan ketajaman yang cukup.

Sektor performa, laptop murah untuk anak sekolah Samsung Chromebook 4 cukup memadai dengan dukungan prosesor Intel Celeron N4020 generasi Gemini Lake yang mengusung dual-core (2 thread) yang berlari dengan kecepatan standar 1,1GHz dengan fitur TurboBoost hingga 2,8GHz yang ditandemkan dengan memori RAM berkapasitas 4GB jenis LPDDR4-2133MHz.

Kinerja Samsung Chromebook 4 ini sebenarnya relatif standar, tetapi hal ini tidak menjadi masalah mengingat laptop ini menjalankan OS Chromebook yang amat ringan.

Pabrikan asal Korea Selatan ini membekali Samsung Chromebook 4 dengan media penyimpanan berupa eMMC 32GB untuk menampung data pelajar. Sebagian data dapat disimpan melalui media penyimpanan awan seperti Google Drive.

Konektivitas laptop Samsung Chromebook 4 juga cukup lengkap dengan dukunganWiFi 5 802.11ac, Bluetooth 4.1, Port USB 3.0, Port USB 3.1 Gen 1 Type-C (support Display dan Power Delivery), card reader, dan combo audio. Samsung membekali laptop murah ini dengan dua buah speaker stereo guna mendukung pengalaman multimedia.

Samsung Chromebook 4 dibekali dengan baterai berkapasitas 3-cell, 39 Wh Li-ion polymer yang dapat bertahan hingga maksimal 12,5 jam penggunaan standar. Daya tahan baterai yang ditawarkan oleh laptop andalan Samsung ini tentu memadai untuk belajar anak seharian tanpa repot dengan colokan listrik.

Artikel sebelumnya Alienware m15 R6 dan m15 Ryzen Edition R5 Diperkenalkan di Indonesia, Ini Harga dan Spesifikasinya
Artikel berikutnya Mengenal Keunggulan Layar Asus OLED