Skip to content
Samsung 870 QVO, SSD Konsumer Pertama dengan Kapasitas 8TB

Samsung 870 QVO, SSD Konsumer Pertama dengan Kapasitas 8TB

Samsung 870 QVO, SSD Konsumer Pertama dengan Kapasitas 8TB

Credit : Samsung. © 2020 |Yolori.com

Samsung Electronics secara resmi telah memperkenalkan media penyimpanan Solid State Drive atau flash drive quad-level cell (QLC) generasi kedua, 870 QVO SATA SSD, yang menetapkan standar baru untuk penyimpanan konsumen berkapasitas tinggi, Rabu (01/07/2020). Keunggulan Samsung 870 QVO adalah menawarkan kapasitas hingga 8TB.

Kehadiran SSD Samsung 870 QVO memang menjadi daya tarik tersendiri karena menjadi SSD konsumer pertama yang menawarkan opsi kapasitas hingga 8TB. SSD baru andalan Samsung ini diklaim menghadirkan perpaduan kecepatan, kapasitas penyimpanan, dan keandalan tanpa kompromi untuk pengguna PC mainstream dan profesional.

Selama ini memang penggun PC dan laptop selalu dihadapkan dengan dua pilihan, yakni menggunakan SSD yang menawarkan performa tinggi tetapi dengan kapasitas yang terbatas atau hard disk yang menawarkan kapasitas besar, tetapi performanya jauh lebih lambat. Melalui SSD 870 QVO, Samsung berusaha memadukan kapasitas, kecepatan, dan harga yang terjangkau.

"Mengikuti peluncuran drive QLC konsumen pertama Samsung - 860 QVO - pada tahun 2018, kami merilis QVO SSD generasi kedua kami yang menawarkan kapasitas dua kali lipat 8 TB serta meningkatkan kinerja dan keandalan." 

"QVO 870 yang baru akan memungkinkan lebih banyak konsumen untuk menikmati manfaat kinerja dari SSD dengan kapasitas seperti HDD," kata Dr. Mike Mang, wakil presiden Tim Biz Produk Memori Brand di Samsung Electronics.

Sebagai penerus 860 QVO, SSD Samsung 870 QVO ini hadir dengan form factor 2,5 inci dengan konektivitas SATA III yang membuatnya dapat dipasangkan di laptop maupun PC desktop. Samsung 870 QVO menggunakan 4-bit multilevel cell atau QLC agar dapat menampung lebih banyak data, harga yang lebih masuk akal, dan tentu saja kinerja yang lebih tinggi. 

Soal performa, Samsung 870 QVO ini sangat kencang karena mampu memanfaatkan bandwidth yang dimiliki oleh SATA III dengan kecepatan 560MB/s untuk read dan 530MB/s untuk write. Samsung 870 QVO ini juga menawarkan peningkatan kecepatan baca acak hingga 13% jika dibandingkan dengan pendahulunya.

Seperti yang dilansir dari Techpoer Up dan The Verge, SSD Samsung 870 QVO ini mulai dipasarkan sejak 30 Juni 2020 dengan harga mulai $129,99 atau sekitar Rp 1,8 juta untuk kapasitas 1TB.

Previous article Laptop Core i5 Murah Harga Kurang dari Rp 8 Jutaan
Next article Minisforum DeskMini DMAF5, Komputer Powerful Sebesar Genggaman Tangan