Skip to content
Review Dell Inspiron 14 7000, Asyik untuk Teman Kerja Online

Review Dell Inspiron 14 7000, Asyik untuk Teman Kerja Online

inet.detik.com - Laptop Inspiron 14 7000 menjadi jagoan Dell di awal tahun ini. Diotaki Intel Core i generasi ke-11 atau Tiger Lake menyuguhkan kinerja yang mumpuni.

Tapi tidak hanya itu keunggulan yang ditawarkan laptop ini. Ada banyak fitur yang Dell berikan yang membuat Inspiron 14 7000 asik untuk teman kerja online.

Itu yang kami rasakan saat menggunakan laptop ini untuk work from home (WFH) selama beberapa pekan. Fitur-fiturnya membantu produktivitas meski hanya di rumah saja.

Sebelum masuk ke review lengkapnya, berikut spesifikasi lengkap Dell Inspiron 14 7000.
Spesifikasi Dell Inspiron 14 7400

  • 14.5" 16:10 QHD+ (2560 x 1600) Anti-Glare LED Backlight, Non-Touch, Wide Viewing Angle, 300nits, 100% sRGB, 8bit, Low Blue Light
  • Intel® Core™ i7-1165G7 (12MB Cache, up to 4.7 GHz, 4 cores)
  • 16GB, on-board, LPDDR4x, 4267 MHz
  • 512GB M.2 PCIe NVMe Solid State Drive
  • Nvidia® Geforce MX230, 2GB GDDR5
  • Microsoft® Windows® 10 Home 64-bit
  • Microsoft® Office® Home and Student 2019
  • 802.11ac 2x2 WiFi and Bluetooth
  • Stereo Speakers with Waves MaxxAudio® Pro tuning
  • Integrated Widescreen HD (720p) Webcam with Dual Digital Microphone Array
  • Backlit, Standard full size spillresistant keyboard
  • Multi-touch gesture-enabled precision touchpad with integrated scrolling
  • I/O Port : 1x HDMI 2.0 out 2 USB 3.2 Gen 1 Type-A, 1x Thunderbolt™ 4 (DP/Power Delivery), 1x 3.5mm Headphone/Microphone combination jack, 1x Power (4.5mm barrel)
  • 4 Cell (52 WHr) Integrated Battery
  • 65 Watt AC Adapter
  • Dimension : 15.80 mm ~ 17.75 mm x 321.69 mm x 224.53 mm
  • Weight : 1.25 Kg
  • McAfee® Multi Device Security 15 month subscription
  • Dell Essential Backpack 15.6"
  • 1 Year Dell Premium Support OnSite Service Warranty

Desain

Saat dilihat dari luar, tampilan Dell Inspiron 14 7000 terkesan minimalis, hanya logo Dell menghiasi bagian cover lid-nya. Namun begitu balutan warna silver memberikan kesan premium pada laptop ini.

Menggunakan material aluminum pada bagian atas dan magnesium alloy membuat bobot laptop ini tidak berat, hanya 1,259 kilogram. Karenanya ketika Inspiron 14 7400 diajak ke work from office (WFO) lagi, tidak bikin pundak pegal membawanya.

Saat Dell Inspiron 14 7400 ini dibuka, mata langsung disambut dengan stiker yang menghiasi sisi kanan dan kiri palm rest. Membayangkan jika bagian dalam sebersih bagian luar akan sangat menarik.

Layaknya ErgoLift Asus ZenBook yang sempat detikINET review, bagian ujung lid Inspiron 14 7000 dijadikan penyangga. Ini membuat ujung bagian bawah terangkat sehingga keyboard jadi miring, memberikan kenyamanan saat mengetik. Selain itu menciptakan ruang yang membantu pertukaran udara dari ventilasi di bagian bawah laptop ini.

Hal menarik lainnya adalah webcam, Dell memberikan penutup slider. Pengguna yang khawatir soal privasi dan keamanan tidak perlu menempelkan stiker, cukup geser penutup saat akan digunakan. Bicara kualitas kameranya tidak sebagus laptop di kelasnya, padahal resolusinya sudah 720p.

Dell menempatkan sensor sidik jari di tombol power yang berada di pojok kanan atas. Sebagai ultrabook, Dell begitu baik hati memberikan port yang sangat lengkap, yakni port jack audio 3,5 mm, dua port USB 3.2 Gen 1 Type A, HDMI 2.0, Thunderbolt 4 dan microSD.

Layar

Dell Inspiron 14 7000 dikemas dengan layar beresolusi QHD+ dan aspek rasio 16:10. Suguhan warnanya cukup memuaskan mata ketika mengerjakan tugas maupun menikmati video streaming lantaran ada dukungan Dolby Vision.

Berkat bezelnya yang tipis di semua sisi membuat layar laptop ini terasa begitu lapang di mata. Dengan bentangannya 14,5 inch, tampilan dua aplikasi yang dibuka bersandingan tidak terasa kecil dan jelas dipandang.

Dell memberikan fitur anti glare yang sangat berguna ketika mengetik di luar ruangan, layar jadi bebas bayangan diri sendiri. Sudut pandang laptop ini pun luas, melihat dari berbagai sisi tidak menurunkan kualitas gambar di layar.

Karena speakernya menghadap ke atas, produksi suara perangkat ini terbilang lantang di telinga. Jadi memaksimalkan pengalaman menikmati konten multimedia di laptop ini.

Keyboard

Keyboard yang dipunyai Inspiron 14 7000 nyaman untuk mengetik. Meski kami sering kali menekan tombol Power ketika hendak menekan tombol Del. Sebab posisinya berada di tempat biasanya tombol Del berada. Tombol Del-nya sendiri berada di sebelah kiri tombol Power.

Dell memaksimalkan ruang yang bisa kosong di atas tambah panah. Mereka menyematkan tombol Page Up dan Page Down. Hal yang berguna lainnya adalah keberadaan lampu LED pada tombol caps lock yang menyala saat diaktifkan.

Saat mengetik di kondisi ruang tidak begitu terang cukup terbantu dengan adanya backlit. Hanya saja cahayanya masih kurang terang dibandingkan kebanyakan laptop.

Soal trackpadnya, areanya terbilang besar di antara ultrabook lainnya. Tidak ada kendala saat jari melakukan navigasi di atasnya.

Fitur

Laptop Inspiron 14 7000 punya kemampuan menyala cepat ketika lid dibuka. Dell menempatkan sensor sehingga mengetahui ketika lid dibuka sehingga laptop langsung menyala, dan hibernasi begitu ditutup.

Ada satu lagi fitur menarik yang dipunyai perangkat ini, namanya Dell Mobile Connect. Dengan fitur ini kamu bisa mensinkronkan ponsel Android dan iPhone ke laptop ini

Setelah terhubung, kamu tidak perlu menyentuh ponsel untuk melihat pesan diterima dan notifikasi yang masuk, bahkan melakukan panggilan telepon. Karena semuanya bisa dilihat dari Inspiron 14 7000.

Bahkan kamu bisa memproyeksikan layar Android dan iPhone ke layar laptop ini. Selain itu mentransfer foto dan video dengan mudah ke ponsel tanpa penyimpanan cloud ataupun kabel.

Performa dan Baterai

Dengan dimodali Intel Core i7 dengan RAM 16 GB, serta GPU Intel Iris Xe dan NVIDIA GeForce MX350, kemampuan Dell Inspiron 14 7000 tidak sekadar untuk mengerjakan tugas perkantoran sehari-hari. Lebih dari itu, laptop ini bisa untuk menggarap pekerjaan berat seperti mengedit video, dan bermain game Dota 2 atau Fortnite.

Soal baterai 52wHr yang dibawa Dell Inspiron 14 7400 mampu menunjang aktivitas kerja hingga 10 jam lebih. Tapi ini berkurang bila digunakan streaming video dan mengikuti meeting online via Zoom atau Google Meet.

Artikel berikutnya Lenovo Legion Slim 7i - Laptop Gaming Tipis, Ringan dan Kencang