Skip to content
Realme Book Hadir di Indonesia, Andalkan Layar 2K dengan Harga Bersaing

Realme Book Hadir di Indonesia, Andalkan Layar 2K dengan Harga Bersaing

Tak mau kalah dengan Xiaomi yang lebih dulu meluncurkan Redmi Book 15, Realme juga meluncurka laptop perdananya di Indonesia melalui seri Realme Book. berbeda dengan pesaingnya, Realme Book membidik pasar kelas menengah dengan dukungan layar Full Vision Display dengan resolusi 2K.

Meski Realme terhitung pendatang baru di apsar laptop, tetapi fitur yang ditawarkan Realme Book ini cukup menarik seperti desain yang elegan, 3-mode backlight keyboard, PC Connect, serta dipersenjatai dengan sistem pendingin yang andal yakni Dual-Fan storm Cooling System. Realme Book ini juga didukung dua buah speaker dari Harman yang masih dioptimalkan lagi oleh DTS Audio.

Harga yang ditawarkan oleh Realme Book cukup bersiang, yakni Rp 9.299.000 untuk varian dengan prosesor Intel Core i3 dengan SSD 256GB dan Rp 11.399.000 untuk varian dengan prosesor Intel Core i5 dan SSD 512GB.

Realme Book ini dibekali dengan layar berukuran 14 inci yang menggunakan teknologi IPS (In-Plane Switching) dengan aspek rasio 3:2 resolusi 2K Full Vision Display 2560 x 1600 piksel yang menawarkan kecerahan hingga 300 nits dan menawarkan cakupan 100% sRGB color gamut dan menawarkan viewing angle yang luas.

Hal yang unik dari laptop Realme Book ini adalah mengusung aspek rasio 3:2 yang biasanya diterapkan di laptop kelas premium seperti Assu Zenbook S series atau Acer Swift 3 Air 2. Keunggulan layar dengan aspek rasio 3:2 adalah menawarkan work view yang lebih luas, sehingga bekerja jadi lebih nyaman dan meningkatkan produktivitas.

Performa menjadi daya tarik tersendiri untuk laptop Realme Book karena mengandalkan dukungan prosesor Intel Core i5-1135G7 quad-core (8 thread) generasi Tiger Lake atau Intel Core generasi ke-11 yang berlari dengan kecepatan standar 0.9-2.4 GHz dan TurboBoost hingga 4,2GHz. Laptop Realme Book ini diperkuat oleh memori RAM sebesar 8GB LPDDR4x 4266Mhz onboard dual-channel, sehingga tidak dapat di-upgrade.

Sedangkan untuk performa grafis, Realme Book ini terbilang sangat powerful di kelasnya berkat dukungan GPU (Graphics Processing Unit) terintegrasi dari Intel Iris Xe Graphics G7 tanpa kehadiran grafis diskrit. GPU Intel Iris Xe Graphics G7 yang mengusung 80 execution unit (EUs) dengan kecepatan 400 – 1250MHz. Performa grafis Intel Iris Xe Graphics G7 ini bahkan bisa dikatakan setara dengan GPU diskrit entry-level seperti Nvidia GeForce MX330.

Adapun Realme Book varian yang lebih murah dengan prosesor Intel Core i3-1115G4 dual-core (4 thread) generasi Tiger Lake atau Intel Core generasi ke-11 yang berlari dengan kecepatan standar 3GHz dan TurboBoost hingga 4,1GHz. Laptop Realme Book ini diperkuat oleh memori RAM sebesar 8GB LPDDR4x 3733Mhz onboard dual-channel, sehingga tidak dapat di-upgrade.

Sedangkan untuk performa grafis, Realme Book ini terbilang sangat powerful di kelasnya berkat dukungan GPU (Graphics Processing Unit) terintegrasi dari Intel UHD Graphics Xe G4 tanpa kehadiran grafis diskrit. GPU Intel UHD Graphics Xe G4 yang mengusung 48 execution unit (EUs) dengan kecepatan 400 – 1250MHz. Performa grafis Intel UHD Graphics Xe G4 ini bahkan bisa dikatakan setara dengan GPU diskrit entry-level seperti Nvidia GeForce MX230.

Sektor media penyimpanan, Realme Book ini dibekali dengan SSD (Solid State Drive) 256GB atau 512GB PCIe 3.0 x2 M.2 NVMe yang menawarkan transfer rate tinggi dengan konsumsi daya yang efisien. Tak hanya itu, laptop ini sudah dilengkapi dengan sistem operasi Microsoft Windows 10 Home x64 dan Microsoft Office Home and Student 2019 pre-installed.

Konektivitas Realme Book cukup lengkap dengan dukungan WiFi 5 (Core i3) atau WiFi 6 (Core i5) IEEE 802.11 a/g/n/ac/ax, Bluetooth 5.2, Port USB 3.1 Gen1, Port USB 3.2 Gen2 Type-C (support DisplayPort, Thunderbolt 4 (khusus Core i5), dan Power Delivery), dan port combo audio.

Sektor baterai, Realme Book ini dapat diandalkan dengan dukungan baterai berkapasitas 4 cell 54Whrs yang mampu mencukupi kebutuhan daya untuk bekerja seharian karena diklaim mampu bertahan hingga 11 jam untuk video playback. Laptop ini mendukung fitur fast charge yang mampu mengisi daya 50% dalam 30 menit.
Artikel berikutnya Kodak ScanMate i940, Scanner Ringkas dan Kaya Fitur