Skip to content
Pengertian RAM, Fungsi Dan Jenisnya Yang Wajib Dipahami

Pengertian RAM, Fungsi Dan Jenisnya Yang Wajib Dipahami

Pengertian RAM, Fungsi Dan Jenisnya Yang Wajib Dipahami

Deskripsi: Secara sederhana RAM adalah sebuah tempat penyimpanan sementara di komputer. Untuk pengertian lebih mendalam serta di fungsi dan jenisnya, simak di sini!

(Credit: unspash. ©️ 2020 |Yolori.com)

      RAM adalah istilah untuk sebuah hardware yang ada di dalam komputer dan memiliki fungsi utama untuk tempat penyimpanan data sementara. Biasanya kapasitas RAM dalam sebuah komputer akan mempengaruhi kecepatan dari proses data di komputer itu sendiri. Jika sebuah RAM besar maka proses penyimpanan data atau menjalankan program akan semakin cepat.

      Biasanya isi pada ram bisa diakses secara acak tidak tergantung pada tata letaknya. Namun data di dalam RAM bisa hilang ketika kamu mematikan komputer. Atau saat daya listrik ke power supply dihentikan.

1.   Fungsi RAM

      Kepanjangan RAM adalah random access memory, namun fungsi RAM tidak hanya berkutat seputar penyimpanan data saja. Nantinya semua data dan informasi yang disimpan pada sebuah hardisk bisa dibuka lebih cepat dikarenakan adanya RAM pada komputer atau laptop. RAM juga mempunyai pengaruh dimana komputer bisa menjalankan program lebih dari satu atau istilahnya multitasking.

     Selain RAM ada pula ROM, cara kerja RAM dan ROM  ini tentu berbeda karena RAM lebih fleksibel. RAM bisa menyimpan data secara acak sementara jika ROM  hanya bisa menyimpan data internal saja. Tentu, dari penjelasan ini kamu bisa melihat bahwa fungsi RAM lebih unggul. Teknologi RAM juga berperan penting dalam gaming dan desain. Bagi kamu yang suka bermain game maka membutuhkan RAM yang cukup besar untuk menyimpan atau menginstal game tersebut. Begitu pula yang terjadi ketika kamu adalah orang yang memiliki pekerjaan di bidang desain. Kapasitas ruangan yang dibutuhkan  untuk penyimpanan juga cukup banyak.

2.   Jenis RAM Di Komputer

      RAM adalah tempat penyimpanan yang tidak hanya digunakan pada komputer atau laptop saja tapi juga gadget. Namun yang akan dibahas kali ini adalah RAM untuk komputer. Simak berikut ini jenis RAM komputer.

a).   DRAM (Dynamic Random Access Memory)

      Jenis RAM yang pertama adalah DRAM, merupakan memori RAM yang punya teknologi penyimpanan data secara terpisah. DRAM ini menggunakan 1 kapasitor atau 1 transistor per bit. Jadi Sudah bisa dipastikan punya kepadatan yang cukup tinggi.

b).   SRAM (Static  Random Access Memory)

      Untuk RAM satu ini tidak menggunakan kapasitor dan tidak membutuhkan penyegaran namun kinerja yang dihasilkan sangat cepat. Biasanya digunakan untuk menangani bagian-bagian yang dianggap penting.

c).   EDO RAM ( Extended Data Out Random  Access Memory)

      Contoh RAM satu ini melakukan tugas pengambilan data dan penyimpanan yang dilakukan secara bersamaan.Kemampuan untuk membaca dan menulis data juga lebih cepat, bentuknya lebih panjang dengan jumlah pin 72. Biasanya digunakan pada perangkat dengan sistem operasi pentium.

d).   SDRAM (Synchronous Dynamic Random Access Memory)

      Punya kecepatan penyimpanan data  yang tinggi yaitu 100 Mhz hingga 133 Mhz. Untuk kapasitas penyimpanannya hingga 16 GB dengan 168 pin. Untuk penggunaan di komputer biasanya diletakkan  di slot DIMM/SDRAM di Motherboard.

e).   RDRAM (Rambus Dynamic Random Access Memory)

      RAM satu ini memiliki proses kerja yang cenderung lebih cepat dan umumnya lebih mahal dari SDRAM. Biasanya digunakan pada komputer dengan Pentium 4. Karena cukup canggih jadi tidak semua motherboard kompatibel dengan memori ini.

f).   NVRAM (Non-Volatile Random Access Memory)

      Merupakan jenis RAM yang biasanya dilengkapi baterai Lithium. Sehingga nantinya ketika kamu mematikan komputer maka data yang ada di memori tidak akan hilang.

      Jadi sekarang kamu sudah tahu bahwa RAM adalah sebuah penyimpanan di dalam komputer yang memiliki sifat sementara. Selain itu dijelaskan pula apa saja fungsi dan jenis dari RAM itu sendiri.

Next article Pengertian RAM, Fungsi Dan Jenisnya Yang Wajib Dipahami