Skip to content
Nvidia Jetson Xavier NX, Komputer Mini Pesaing Raspberry Pi?

Nvidia Jetson Xavier NX, Komputer Mini Pesaing Raspberry Pi?

Belum lama ini Nvidia telah resmi mengumumkan Jetson Xavier NX Developer Kit. Sebelumnya, perusahaan yang dinakhkodai oleh Jen-Hsun Huang ini telah lebih dulu memperkenalkan Jetson Nano. Awalnya banyak yang memperkirakan Jetson Xavier NX ini akan menjadi pesaing tangguh Raspberry Pi, benarkah demikian?

Jetson Xavier NX ini memang mengusung konsep yang sama dengan Raspberry Pi, yakni Single Board Computer (SBC). Namun, spesifikasi dan performa yang ditawarkan oleh Jetson Xavier NX ini jauh di atas Raspberry Pi keluaran terbaru sekalipun. hal ini membuat Jetson Xavier NX bisa menjadi pilihan bagi pengguna yang membutuhkan platform SBC dengan kinerja tinggi.

Ukuran komputer mini Jetson Xavier NX memang sangat kecil, yakni hanya 70 x 45 mm saja. meski ukuranya lebih kecil dari kartu kredit, performa yang ditawarkan Jetson Xavier NX besutan Nvidia ini tak bisa dianggap remeh. Kemampuannya jauh melebihi Raspberry Pi 4 Model B.

Hal yang paling menonjol dari SBC Jetson Xavier NX ini adalah kemampuan grafisnya yang sangat powerful. Hal ini tak lepas dari dukungan GPU (Graphics Processing Unit) yang mengusung arsitektur Volta yang dipersenjatai dengan 384 CUDA core dan ditandemkan dengan 48 tensor core.

Tak hanya mengandalkan GPU yang powerful, SBC Jetson Xavier NX ini juga didukung oleh prosesor yang kencang dengan dukungan Nvidia Carmel hexa-core yang mengusung arsitektur ARM v8.2 dengan 6MB L2 cachse dan 4MB L3 cache. Prosesor yang digunakan Jetson Xavier NX ini bahkan telah mendukung 64Bit.

Komputer mini Jetson Xavier NX ini mendukug penggunaan memori RAM 8GB LPDR4x dengan bus 128-bit, sehingga mampu memuntahkan bandwidth hingga 51,2GB/s. Sayangnya, Jetson Xavier NX ini tidak dilengkapi dengan memori eksternal. Namun, pengguna dapat menambahkan media penyimpanan melalui slot microSD atau slot M.2 Key M.

Keunggulan lain Jetson Xavier NX ini adalah dapat menyandikan hingga dua video 4K @30fps secara bersamaan atau enam belas video pada 1080p @30fps. SBC besutan Nvidia ini juga dapat mendekode dua video dalam 4K @60fps.

Seperti yang dilansir dari NotebookCheck (15/05/2020), Jetson Xavier NX ini dijual dengan harga yang memang jauh lebih mahal dari Raspberry Pi, yakni $399 atau sekitar Rp 5,8 juta.

Previous article Alienware AW2521HF, Monitor Gaming dengan Refresh Rate 360Hz
Next article Intel Perkenalkan Seri Xeon W-1200, Prosesor Workstation Terbaru