Skip to content
Minisforum DeskMini DMAF5, Komputer Powerful Sebesar Genggaman Tangan

Minisforum DeskMini DMAF5, Komputer Powerful Sebesar Genggaman Tangan

Minisforum DeskMini DMAF5, Komputer Powerful Sebesar Genggaman Tangan
Credit: Minisforum

Tahun 2019 silam, AMD telah menginisiasi sebuah komputer mini yang menawarkan kinerja tinggi untuk menantang Intel NUC (Next Unit Computing). Ide AMD ini disambut oleh beberapa brand, salah satunya adalah Minisforum melalui komputer mini DeskMini DMAF5. Dimensi DeskMini DMAF5 memang sangat ringkas dan memang dapat digenggam dengan satu tangan.

Meski berukuran kecil, DeskMini DMAF5 ini menawarkan performa yang besar berkat dukungan prosesor AMD Ryzen 5 3550H generasi APU (Accelerated Processing Unit) Picasso dengan quad-core berarsitektur Zen+ 14nm dengan nama sandi Picasso yang berlari dengan kecepatan 2,1GHz dengan Turbo maksimal 3,7GHz. Komputer mini ini mendukung penggunaan RAM hingga 32GB DDR4-2400MHz.

Sektor grafis, Minisforum DeskMini DMAF5 cukup andal untuk menangani komputasi sehari-hari dan game kasual berkat dukungan GPU AMD Radeon RX Vega 10 iGPU. Grafis ini dibekali dengan 640 shader core, 40 TMUs, dan 8 ROPs dengan arsitektur Vega yang berlari dengan kecepatan 1301MHz (boost clock) dengan antarmuka memori system shared.

Solusi pendinginan DeskMini DMAF5 cukup memadai meski bodinya berukuran kecil. Minisforum mengatakan bahwa sistem pendingin yang diusung oleh DeskMini DMAF5 cocok untuk prosesor dengan TDP (daya desain termal) yang melebihi 45W. Prosesor Ryzen yang diusungnya menggunakan TDP 35W saja.

DeskMini DMAF5 dilengkapi dengan satu slot SATA III dan M.2 PCIe untuk memasang media penyimpanan. Konektivitas DeskMini DMAF5 cukup lengkap dengan dukungan Intel WiFi 6 AX200, Bluetooth 5.0, empat port USB 3.1, port HDMI 2.0, DisplayPort 1.2, dan tentu saja port audio.

Seperti yang dilansir dari NotebookCheck (26/06/2020), Minisforum DeskMini DMAF5 ini akan digelar campign crowdfunding melalui Indiegogo. Sayangnya, sampai saat ini belum diketahui berapa harga komputer mini Minisforum DeskMini DMAF5 ini.

Previous article Samsung 870 QVO, SSD Konsumer Pertama dengan Kapasitas 8TB
Next article Mengenal Teknologi Intel Thermal Velocity Boost