Skip to content
ASUS ExpertBook B1400

Microsoft Ungkap Rahasia Mengapa Windows 11 Jauh Lebih Kencang dari Windows 10

Microsoft tak lama lagi akan meluncurkan sistem operasi terbarunya, Windows 11. Sistem operasi ini akan tersedia secara gratis bagi pengguna sistem operasi Windows 10 dengan perangkat keras yang didukung mulai musim liburan 2021 hingga awal 2022. Tak hanya itu, Microsoft juga mulai mengungkapkan bahwa performa Windows 11 akan jauh lebih kencang dari Windows 11.

Raksasa perangkat lunak asal Redmond ini telah merilis video yang mengungkapkan alasa mengapa kinerja Windows 11 bakal lebih ringan dan responsif ketimbang Windows 10 di perangkat keras yang sama. Alasan utamanya adalah optimasi yang lebih matang dilakukan oleh Microsoft yang membuatnya terasa lebih cepat secara keseluruhan.

Prioritas Aplikasi dan Proses

Hal yang membuat performa Windows 11 lebih kencang menurut Microsoft adalah perubahan yang signifikan pada prioritas aplikasi dan proses yang berjalan. Di Windows 11, aplikasi dan proses yang berjalan di depan atau yang sedang dikerjaka oleh pengguna mendapatkan prioritas lebih utama untuk mendapatkan resource prosesor maupun GPU.

Pola prioritas inilah yang membuat aplikasi yang sedang digunakan berjalan lancar dan terasa lebih cepat dari biasanya karena performa PC atau laptop fokus pada aplikasi yang sedang digunakan. Microsoft juga berupaya mengurangi disk footprint di Windows 11 agar kinerjanya terasa lebih responsif.

Perombakan Windows Update

Pernahkan Anda mengalami performa laptop dan koneksi internet tiba-tiba melambat, padahal tidak sedang menjalankan aplikasi berat? Jika pernah mengalami masalah ini, salah satu sebabnya adalah Windows Update yang sedang berjalan di latar belakang. Microsoft telah menerima keluhan terkait hal ini dan membuat prosesnya lebih sederhana.

Microsoft memutuskan untuk merombak fitur Windows Update di Windows 11 agar tidak mengganggu performa saat bekerja atau mengganggu koneksi internet pengguna. Microsoft melakukan perubahan substansial yang memungkinkan PC atau laptop hanya mengunduh file update yang diperlukan saja. Hal ini membuat ukuran file dari Windows Update jauh lebih kecil, yakni mencapai 40% lebih kecil. Tentu hal ini sangat memnghemat bandwidth internet.

Menggandeng Produsen Prosesor

Microsoft telah menggandeng Intel dan AMD untuk mengoptimasi Windows 11 agar sesuai dengan arsitektur prosesor mereka. Sistem operasi Windows 11 akan dapat mengoptimalkan performa yang dihasilkan prosesor generasi baru seperti AMD Ryzen 5000 series, Intel Core 11th Gen, dan juga Qualcomm Snapdragon terbaru.

“Sejak hari pertama pengembangan Windows 11, kami telah bekerja sama dengan perangkat keras dan mitra silikon kami untuk integrasi tanpa batas di seluruh perangkat lunak dan perangkat keras,” kata Microsoft.

“Rekayasa bersama itu dimulai dengan inovasi dalam silikon. Dari AMD dan kedalaman grafis luar biasa yang dibawa oleh prosesor Ryzen hingga kinerja luar biasa dari Prosesor Intel generasi ke-11 dan Evo, hingga kehebatan AI Qualcomm, dukungan 5G dan Arm, inovasi mitra silikon kami menyatukan yang terbaik dari Windows 11 dengan yang terbesar ekosistem perangkat keras di dunia.”
Previous article Nekat Instal Windows 11 di PC atau Laptop yang Tidak Didukung? Ini yang akan Terjadi
Next article Ini Daftar Prosesor AMD dan Intel yang Mendukung Windows 11