Skip to content
Mengenal Teknologi Intel Thermal Velocity Boost

Mengenal Teknologi Intel Thermal Velocity Boost

Mengenal Teknologi Intel Thermal Velocity Boost yang Bikin Performa Makin Kencang

Intel dengan jajaran prosesor Core i series menawarkan performa komputasi yang mumpuni, baik di segmen desktop maupun laptop. Tak hanya mengandalkan arsitektur Core yang andal, Intel juga menjejali prosesornya dengan fitur canggih untuk meningkatkan performa prosesornya, salah satunya adalah Thermal Velocity Boost.

Sebelum kehadiran fitur Thermal Velocity Boost, Intel lebih dulu memperkenalkan fitur TurboBoost yang memugkinkan prosesor berlari dengan kecepatan di atas base clock-nya. Misalnya, Intel Core i5-8265U generasi Whiskey Lake menggunakan base clock 1,6GHz dan dilengkapi Turbo Boost hingga 4,1GHz. Ini berarti prosesor tersebut dapat berlari dengan kecepatan hingga 4,1GHz dalam syarat dan kondisi tertentu.

Sedangkan Thermal Velocity Boost ini adalah versi lebih kencang dari Turbo Boost. Fitur ini memungkinkan prosesor berlari dengan kecepatan lebijh tinggi dari Turbo Boost, meliputi single-core Thermal Velocity Boost dan all-core Thermal Velocity Boost. Kedua fitur ini memiliki cara yang sedikit berbeda jika dibandingkan dengan Turbo Boost, meski sama-sama menaikkan kecepatan clock sebuah prosesor dalam kondisi tertentu.

Single-core Thermal Velocity Boost ini akan memilih sebuah core yang paling cepat untuk didorong hingga kecepatan yang lebih tinggi dari yang pernah dicapai oleh Turbo Boost. Sedangkan all-core Thermal Velocity Boost akan mendorong semua core berlari dengan kecepatan tinggi secara bersamaan.

Dukungan fitur Thermal Velocity Boost akan sangat bermanfaat ketika pengguna membutuhkan kinerja yang cepat dalam waktu singkat untuk bekerja. Namun, Thermal Velocity Boost ini dapat berjalan dengan syarat suhu prosesor di bawah 70 derajat celcius (Intel Gen 10 desktop) atau di bawah 65 derajat celcius (Intel Gen 10 laptop).

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari Toms Hardware (30/06/2020), tidak semua prosesor Intel memiliki fitur Thermal Velocity Boost ini. Fitur ini diperkenalkan saat rilis prosesor Intel Coffee Lake H dan kemudian tersedia di Intel Core i9 Gen 10 desktop, Intel Core Gen 10 laptop (Core i9, i7, dan i5), dan lini Intel Xeon W-1200.

Previous article Minisforum DeskMini DMAF5, Komputer Powerful Sebesar Genggaman Tangan
Next article Dell Monitor P2418HT Hadir di Indonesia