Skip to content
Alienware Cryo Tech

Mengenal Cryo-Tech, Teknologi Pendingin Rahasia di Laptop Alienware

Dell Technologies secara resmi telah memperkenalkan lini laptop gaming Alienware yang membidik gamer hard core dan profesional. Dua lini Alienware yang sangat menarik adalah Alienware x15 dan Alienware x17 karena tampil dengan desain yang sangat tipis, tetapi tetap dibekali dengan spesifikasi laptop gaming kelas atas.

Salah satu tantangan menghadirkan laptop gaming tipis seperti Alienware x15 dan Alienware x17 adalah solusi pendinginannya. Laptop gaming dilengkapi dengan komponen prosesor dan GPU berkinerja tinggi yang memroduksi panas yang lebih tinggi dari laptop non gaming. Dell telah berhasil mengatasi masalah panas ini dengan mengembangkan solusi pendinginanb Cryo-Tech.

Element 31

Cara kerja pendinginan sebuah laptop atau PC desktop sebenarnya hampir sama, yakni panas yang dihasilkan oleh komponen seperti prosesor dan GPU dipindahkan ke heatsink dan heatpipe melalui perantara Thermal Interface Material (TIM) atau yang selama ini dikenal dengan thermal grease. Panas yang terserap oleh heatsink dan heatpipe ini kemudian dibuang keluar dengan memanfaatkan kipas yang didukung oleh airflow yang baik.

TIM atau thermal grease ini akan mengalami penurunan performa dan efektifitas dalam memindahkan panas seiring berjalannya waktu. Tak heran, banyak laptop gaming yang kemudian memiliki masalah overheat setelah 2 – 3 tahun pemakaian yang cukup intensif. Alienware kemudian melakukan riset untuk mendapatkan formula yang tepat untuk TIM ini.

Insinyur Dell mengetahui bahwa TIM berkinerja tinggi akan dapat menarik panas yang dihasilkan komponen dengan lebih cepat. Mereka kemudian mengembangkan TIM berbasis logam galium yang dipadukan dengan silicon dengan formula khusus. TIM berkinerja tinggi ini kemudian dinamai Element 31.

TIM yang terbuat dari Element 31 ini tampak tebal, tetapi ketika diaplikasikan dengan heatsink, ia akan menyebar. Lapisan silicon pada Element 31 mencegah TIM mengalami penurunan performa setelah digunakan dalam waktu lama. Ini berarti umur penggunaan TIM lebih lama dan menjaga agar laptop tidak mengalami overheat setelah penggunaan dalam jangka waktu lama.

Memadukan Empat Buah Kipas

Tantangan insinyur Dell selanjutnya saat mengembangkan Cryo-Tech adalah bagaimana cara membuang panas secepatnya keluar? Mereka kemudian mengaplikasikan empat buah kipas sekaligus dalam sebuah laptop. Ini adalah langkah yang sangat berani karena kebanyakan laptop gaming hanya dibekali dengan dua buah kipas saja. Selain itu, penggunaan empat buah kipas juga menjadi tantangan tersendiri untuk membuatnya tetap tenang dan konsumsi daya yang tetap efisien.

Dell kemudian merancang kipas berperforma tinggi yang membutuhkan daya 12v untuk bekerja. Bilah kipas yang digunakan terbuat dari bahan kristal cair yang mirip kevlar yang memiliki kekuatan jauh lebih tinggi dari bilah kipas plastik biasa. Kipas ini juga dirancang sedemikian rupa agar dapat mengalirkan lebih banyak udara.

Dua buah kipas besar di belakang pada Cryo-Tech ini fokus untuk mendinginkan CPU dan GPU. Sedangkan dua buah kipas berukuran lebih kecil di depannya berputar dengan arah yang berlawanan untuk menghembuskan udara panas keluar dengan lebih cepat.

Teknologi pendinginan Cryo-Tech yang dikembangkan oleh insinyur Dell ini membuat panas tidak lagi menjadi masalah besar bagi laptop gaming berdesain tipis seperti Alienware x15 dan Alienware x17.
Previous article Mengenal Konsep Laptop Ramah Lingkungan di Acer Aspire Vero
Next article Ini 6 Fitur Terbaik di Windows 11 yang Bikin Pengen Upgrade!