Skip to content
Lenovo ThinkStation P620, Workstation Pertama Bertenaga AMD Ryzen Threadripper Pro

Lenovo ThinkStation P620, Workstation Pertama Bertenaga AMD Ryzen Threadripper Pro

Bersamaan dengan peluncuran prosesor anyar AMD, Lenovo juga turut mendeklarasikan kehadiran workstation terbarunya melalui seri ThinkStation P620. Lenovo ThinkStation P620 ini adalah komputer workstation poertama yang ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen Threadripper Pro yang powerful dengan jumlah core hingga 64.

Lenovo mengatakan bahwa ThinkStation P620 menandai era baru dalam dunia workstation. Sebelumnya sistem dengan satu prosesor hanya mampu menawarkan 18 core saja dan sistem dengan dua CPU ganya mampu menawarkan 56 core saja. Kini dengan ThinkStation P620 bertenaga AMD Ryzen Threadripper Pro mampu menghadirkan 64 core dalam satu CPU saja.

Hal ini merupakan sebuah lompatan kinerja yang signifikan. Memanfaatkan performa tinggi dari Lenovo ThinkStation P620 bertenaga AMD Ryzen Threadripper Pro, pengguna dapat streaming video 8K tanpa batas secara real-time, mengurangi waktu render, penyelesaian simulasi ultra-cepat, perakitan ulang yang cepat dan interaktivitas yang lancar dengan aset 3D tanpa harus menggunakan workstation dengan soket ganda.

AMD Ryzen Threadripper Pro sendiri menawarkan sejumlah keunggulan dibanding rivalnya, yakni dukungan 128 lane PCIe gen 4 yang menawarkan bandwidth hingga 2,5x jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Prosesor ini juga mendukung penggunaan RAM hingga maksimal 2TB dan diperkuat 8 channel ECC RDIMM, LRDIMM dan UDIMM DDR4-3200.

"Pelanggan kami membutuhkan solusi-solusi yang inovatif dan terkemuka di kelasnya untuk menjalankan aplikasi yang paling banyak tuntutan. Dengan memanfaatkan Prosesor AMD Threadripper PRO untuk workstation terbaru kami, ThinkStation P620, kami dapat memberi solusi cerdas bagi pengguna untuk menciptakan model yang kompleks, render image foto realistis atau menganalisa interpretasi geofisika dan seismic.”

“Namun tetap memberikan fitur keamanan dan skalabilitas yang penting untuk memastikan keamanan dan pengoperasian yang efektif untuk pengguna profesional kami," kata Rob Herman, General Manager, Workstation and Client AI Business Unit, Lenovo.

Guna mendukung kinerjanya, Lenovo ThinkStation P620 ini ditandemkan dengan beberapa pilihan grafis seperti dua buah Nvidia Quadro RTX 8000 atau empat buah Quadro RTX 4000. Lenovo ThinkStation P620 juga mendukung penggunaan RAM hingga 1TB dan media penyimpanan berupa SSD hingga 20TB.

ThinkStation P620 dibangun untuk memanfaatkan komponen canggih dan berhati-hati untuk mendukung keandalan dan stabilitasnya. Sebagai contoh, desain prosesor yang canggih juga membawa peningkatan kebutuhan termal. Memanfaatkan solusi berpendingin udara yang unik, Lenovo dan AMD berkolaborasi untuk membuat heat sink yang dirancang khusus.
Artikel sebelumnya Dell Inspiron 5491, Laptop Hybrid Bertenaga Intel Core Generasi ke-10
Artikel berikutnya Dell Inspiron 5391, Laptop Ringkas Powerful dengan Bobot Hanya 1,24kg