Skip to content
Lenovo ThinkCentre M75n

Lenovo ThinkCentre M75n

Lenovo ThinkCentre M75n, Komputer Mini Fanless untuk IoT

Komputer berukuran mini memang terus berkembang karena menawarkan ukuran yang ringkas dan fungsi yang beragam dengan harga yang cukup terjangkau. Belum lama ini Lenovo memperkenalkan sebuah komputer mini yang simpel tetapi menawarkan kinerja memadai melalui seri ThinkCentre M75n.

Lenovo ThinkCentre M75n ini dikembangkan khusus untuk IoT (Internet of Things) yang saat ini semakin populer. Tujuan ThinkCentre M75n besutan Lenovo ini bertindak sebagai hub pusat yang efisien untuk berbagai perangkat yang dimiliki pengguna dan tidak bertindak sebagai perangkat IoT secara native.

Meski fungsi utamanya untuk mengakomodasi IoT, Lenovo ThinkCentre M75n ini tetap bisa digunakan untuk komputasi sehari-hari. Komputer mini Lenovo ThinkCentre M75n inui tampil dengan desain persegi panjang dengan sirip-sirip heatsink yang berjejer cukup rapi sebagai solusi penginginan utamanya karena komputer ini tidak dilengkapi kipas atau fanless. Solusi pendingin sirip tersebut diklaim mampu mengendalikan suhu hingga 50 derajat.

Berbicara soal performa, Lenovo ThinkCentre M75n ini cukup mumpuni dengan dukungan prosesor AMD Athlon Silver 3050e dengan nama sandi Dali yang menggunakan arsitektur Zen dan menggunakan teknologi fabrikasi 14nm. Prosesor ini mengusung dual-core dengan 4 thread yang berlari dengan kecepatan 1,4GHz dan Turbo 2,8GHz.

Prosesor AMD Athlon Silver 3050e ini sangat hemat energi karena TDP-nya hanya 6 watt saja. Prosesor ini juga sudah dilengkapi dengan grafis terintegrasi dari AMD Radeon RX Vega 3 iGPU yang mengusung 3 CU atau 128 shader core dengan kecepatan hingga 1000MHz.

Lenovo ThinkCentre M75n dibekali dengan RAM onboard berkapasitas 4GB DDR4-2400MHz dan dibekali dengan dua buah slot M.2 untuk ekspansi media penyimpanan. Uniknya, Lenovo ThinkCentre M75n sudah terinstal sistem operasi Windows 10 dan mengantongi sertifikat dari RedHat dan Ubuntu Linux.

Seperti yang dilansir dari Toms Hardware (30/06/2020) konektivitas Lenovo ThinkCentre M75n cukup lengkap dengan dukungan port USB 3.0, dua port USB Type-C, dua port Serial, konektor DisplayPort, gigabit Ethernet, dan jack combo Mic / Headphone. Ada modul WiFi 802.11ac opsional dan Bluetooth 5.0. Harga komputer mini ini adalah $329 atau sekitar Rp 4,7 juta.

Previous article Dell Monitor P2418HT Hadir di Indonesia
Next article Lenovo IdeaPad Gaming 3i Hadir di Indonesia, Laptop Gaming Murah Berdesain Minimalis